Melihat Dari Dekat Keindahan Pulau Kotok, Tempat Konservasi Elang Bondol Yang Hampir Punah

0
Melihat Dari Dekat Keindahan Pulau Kotok, Tempat Konservasi Elang Bondol Yang Hampir Punah

Pulau Kotok menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini memiliki konsep resort dengan pemandangannya yang indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pulau Seribu. Pulau yang dikenal dengan nama lain sebagai Pulau kulkul ini masih memiliki pemandangan yang begitu alami. Air lautnya begitu jernih dan bersih serta dilengkapi formasi bebatuan karang yang indah dan berwarna-warni menjadi spot favorit bagi pecinta snorkeling.

Gambar terkait
sumber: tokopedia

Pulau Kotok ini juga menjadi tempat penangkaran dan konservasi bagi burung Elang Bondol, yang hingga kini menjadi maskot dari Provinsi Jakarta. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang ada di Pulau kotok saja, namun juga melihat langsung satwa yang hampir punah ini. Lingkungan pulau masih begitu alami dan tertata rapi yang pastinya membuat siapapun yang berkunjung ke tempat ini akan merasa nyaman.

Akses Menuju Pulau Kotok

Bagi anda yang berencana untuk mengunjungi Pulau Kotok ini, anda bisa menggunakan titik keberangkatan dari Pelabuhan Muara Angke. Darisana anda dapat menggunakan kapal penyebrangan menuju Pulau Pramuka yang memakan waktu 1,5-3 jam perjalanan. Sebagai informasi, jadwal keberangkatan kapal yang menuju pulau Pramuka ini hanya tersedia mulai pukul 06.00 hingga 07.30 saja. Sesampainya di Pulau Pramuka, nantinya anda bisa menggunakan kapal kecil yang tersedia yang dapat menampung hingga 25 orang. Nantinya dengan menggunakan kapal kecil ini, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk bisa menuju Pulau Kotok.

Daya Tarik Pulau Kotok

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi alam di sekitar Pulau Kotok benar-benar masih jernih dan bersih. Sehingga suasana alaminya masih sangat terjaga baik. Apalagi pulau ini hanya dihuni 3-5 orang yang bertugas untuk mengelola Pulau Kotok, sehingga anda bisa merasakan suasana yang begitu tenang dan damai sesampainya di Pulau Kotok. Selain itu, ada beberapa spot-spot snorkeling terbaik yang menawarkan pemandangan bawah lautnya yang sangat indah. Di pulau ini juga terdapat saung yang digunakan untuk bersantai serta menikmati keindahan pulau Kotok dan sekitarnya. Selain itu, bagi anda yang hobi memancing, ana bisa melakukan aktivitas memancing di skeitaran Pulau kotok. Aktivitas ini juga menjadi salah satu kegemaran bagi wisatawan yang datang ke Pulau Kotok.

Akomodasi Di Pulau Kotok

Pulau Kotok tak seperti kebanyakan pulau-pulau lainnya, seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, ataupun Pulau Pramuka karena disini terdapat cottage privat yang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin bermalam dengan pelayanan terbaik dan suasana yang sangat tenang. Terlebih cottage-cottage ini sudah difasilitasi dengan fasilitas resort yang nyaman dan terbaik. Sehingga bagi anda yang ingin menginap di tempat ini, maka anda bisa mencoba fasilitas dari cottage yang ditawarkan di Pulau Kotok. Bahkan dari dalam kamar, anda bisa melihat langsung keindahan pemandangan yang ada di Pulau Kotok.
Gambar terkait
sumber: teluklove
Tak hanya cottage saja, jika anda ingin menginap dengan harga yang lebih terjangkau, anda bisa memilih menginap di homestay-homestay yang sudah banyak dikelola di tempat ini. Homestay-homestay disini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup yang membuat nyaman saat bermalam.Atau anda juga bisa mencoba alternatif lainnya dengan mendirikan tenda untuk bermalam. Untuk pembangunan tenda ini, biasanya per orang dikenakan biaya Rp 25.000.  Tak perlu khawatir untuk menginap di pulau ini karena terdapat petugas yang berjaga selama 24 jam. Meskipun begitu, anda juga perlu berhati-hati dan tetap selalu menjaga keamanan diri sendiri.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berlibur Di Pulau Kotok

Jika anda berencana untuk berkunjung ke Pulau Kotok, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan antara lain adalah:
  • Bagi anda yang ingin menginap, ketersedian listrik di tempat ini sangat terbatas. Hanya dari jam 7-12 malam saja
  • Meskipun tersedia air bersih di Pulau Kotok, akan tetapi air disini memiliki rasa yang asin. Jika anda menginginkan air untuk minum, anda bisa membeli air galon di Pulau Pramuka denganharga Rp 25.000
  • Di kawasan Pulau Kotok tidak terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, sehingga anda harus mempersiapkan kebutuhan logistik yang cukup saat ingin camping di Pulau Kotok
  • Berhati hati saat sedang bermain air di kawasan Pulau Kotok, karena banyak sekali bulu babi yang bertebaran di sekitar pantai
  • Jangan lupa untuk membawa sampah-sampah anda pulang kembali untuk tetap menjaga agar kelestarian Pulau Kotok tetap terjaga dengan baik
  • Jangan lupa untuk membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga
Untuk mempermudah rencana anda berlibur di Pulau Kotok, anda bisa mencoba mengikuti paket wisata Kepulauan Seribu yang akan membantu anda untuk mengeksplor lebih dalam lagi keindahan serta spot-spot terbaik yang ada di Kepulauan Seribu. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY