Nikmati Nuansa Legenda dan Kesejukan Situ Petanggang

Mendengar istilah Situ Patenggang tentu akan memunculkan gambaran visual yang berbeda-beda bagi setiap orang. Namun saat ini sudah banyak sekali masyarakat yang mengenal kawasan wisata yang terkenal memiliki suasana asri dan sejuk.

Tidak hanya itu, Situ Patenggang juga konon memiliki cerita legenda tersendiri yang tersebar dari mulut ke mulut di masyarakat sekitar. Jadi apakah kamu sudah penasaran untuk berkunjung langsung ? Sebelum berkunjung, alangkah baiknya jika kamu mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan Situ Patenggang. Hal ini akan membuatmu lebih mudah menentukan tujuan sekaligus mempersiapkan berbagai hal untuk liburan.

Situ Patenggang
Foto : https://www.instagram.com/pryaji/

Lokasi Wisata Situ Patenggang

Jika kamu sedang berkunjung ke Bandung dan ke arah Ciwidey, jangan lupa untuk berkunjung ke Situ Patenggang. Karena Situ Patenggang terletak di kawasan Ciwidey dekat dengan Kawah Putih (White Crater) yang mungkin sudah lebih dulu dikenal para wisatawan termasuk kamu.

Situ Patenggang terletak di Jalan Ciwidey Rancabali, Desa Patengan, Rancabali, Bandung. Apabila kamu berangkat ke Situ Patenggang usai berlibur ke kawah putih, kamu hanya perlu menempuh jarak 5 km. Jadi tunggu apa lagi?

Arahkan google map ke lokasi situ patengan untuk lebih detailnya

Tansportasi Menuju Situ Patenggang

Rute transportasi menuju Situ Patenggang sangatlah mudah. Apalagi di era serba digital ini, kamu yang menggunakan kendaraan pribadi akan lebih mudah dengan bantuan google map. Namun untuk kamu yang menggunakan transportasi umum tidak perlu khawatir. Terdapat banyak sekali informasi untuk menuju Situ Patenggang menggunakan transportasi umum.

Jika kamu berangkat dari stasiun Bandung, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan kota nomer 34 jurusan Sadang Serang – Caringin. Katakan pada supirnya bahwa kamu akan turun di Jalan Kopo supaya ada yang mengarahkan jika kamu tidak mengetahui wilayah tersebut. Selanjutnya kamu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan tujuan Leuwipanjang – Ciwidey dan turun di terminal Ciwidey. Selanjutnya kamu dapat naik angkot jurusan Ciwidey – Patenggang dan turun di situ Patenggang. Maka sampailah kamu ke tempat tujuan dengan selamat.

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Memasuki kawasan wisata tentu saja tidak asal keluar masuk sebebasnya karena kamu harus membayar biaya retribusi yang akan digunakan untuk operasional kawasan wisata. Termasuk di kawasan wisata Situ Patenggang. Meskipun berupa wisata alam tentu saja Situ Patenggang tetap membutuhkan perawatan. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, berikut daftar harga tiket yang ada di Situ Patenggang.

  • Wisatawan Domestik : Rp20.000,00
  • Wisatawan Asing : Rp135.000,00

Dengan nominal tersebut tentu sangat terjangkau bagi para wisatawan untuk dapat menikmati indahnya pemandangan dan suasana di Situ Petenggang. Buat kamu yang mengunjungi tempat ini, tentu akan sangat takjub dengan pemandangan dan kesejukannya. Semua lelah yang sudah menumpuk selama kerja akan seketika lenyap ketika sudah menghirup udaha di Situ Patenggang. 

Fasilitas di Kawasan Situ Patenggang

Situ Patenggang buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB yang membuat kamu dapat leluasa memilih waktu terbaik kapan saja berkunjung. Kamu dapat memilih pagi hari untuk merasakan kabut yang sangat sejuk  setiap butir uapnya dapat menyentuh kulitmu. Atau siang hari yang membuat suasana langit menjadi cerah dan pemandangan akan semakin menawan. Atau justru kamu ingin menghabiskan waktu untuk menunggu matahari tenggelam yang tentunya akan sangat cantik. Malam hari yang syahdu pun akan sangat menyenangkan di Situ Patenggang.

Di Situ Patenggang, selain kamu dapat memilih waktu terbaik untuk berkunjung, kamu juga dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh kawasan wisata ini. Terdapat beberapa fasilitas yang terdapat di Situ Patenggang yang mendukung liburanmu.

1. Penyewaan Perahu & Sepeda Air

Berlibur ke situ atau danau, tentu saja akan terlintas hamparan air yang luas yang dapat dinikmati dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menikmati kawasan wisata Situ Patenggang adalah penyewaan perahu. Dengan menyewa selama 1 jam senilai Rp 150.000 kamu dan teman-temanmu sudah dapat menikmati indahnya Situ Patenggang menggunakan perahu di kawasan situ. Selain itu untuk menikmati sepeda air senilai Rp50.000 kamu dan teman-teman dapat berlibur sambil olahraga di situ.

2. Gazebo

Situ Patenggang merupakan salah satu kawasan wisata yang cocok untuk dikunjungi untuk libuaran keluarga. Liburan keluarga akan terasa lebih hangat jika menikmatinya di Situ Patenggang sembari duduk bersama di gazebo.

3. Toko Souvenir

Ketika berunjung ke kawasan wisata tertentu pastinya akan terasa kurang jika tidak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Nah ketika kamu berkungjung ke Situ Patenggang kamu tidak perlu khawatir. Kamu dapat berbelanja oleh-oleh di toko souvenir yang ada di kawasan situ.

Legenda di Situ Patenggang

Salah satu daya tarik yang membuat Situ Patenggang terkenal dan semakin mempesona adalah adanya legenda yang terbagun di tempat ini. Legenda tersebut menceritakan tentang kisah cinta yang sangat melegenda di kawasan Padjajaran.

Legenda tersebut menceritakan tentang sepasang kekasih bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka saling memadu kasih yang diketahui antara keponakan Prabu Siliwangi (Ki Santang) dan gadis desa (Dewi Rengganis). Konon kisah cinta mereka terpisah oleh jarak dan waktu karena adanya peristiwa peperangan. Karena rindu yang sangat dalam, keduanya saling mencari hingga suatu hari keduanya dipertemukan di sebuah batu yang berukuran besar yang disebut batu cinta.

Perasaan cinta keduanya yang semakin mendalam, Dewi Rengganis meminta kepada Ki Santang untuk dibuatkan sebuah danau yang disertai pulau kecil di bagian tengahnya. Ki Santang yang snagat mencintai Dewi Rengganis pun seketika megabulkan permintaan Rengganis dan sekarang pulau kecil ini bernama Pulau Asmara.

Cerita tersebut sudah banyak diketahui oleh masyarakat khususnya yang tinggal di kawasan Situ Patenggang. Jadi jika kamu ingin mengetahui kisahnya lebih lengkap, mungkin kamu dapat mencari informasi ke pokdarwis kawasan Situ Patenggang atau penduduk sekitar.

Glamping Lakeside

Tidak jauh dari Situ Patenggang, terdapat kawasan wisata yang tidak kalah menarik yaitu Glamping Lakeside. Glamping Lakeside Rancabali merupakan resort yang dikelilingi oleh alam terbuka terutama kebun teh yang terhampar luas.

Glamping Lakeside Ciwidey
Foto : https://www.instagram.com/bbalance/

Di Glamping Lakeside terdapat banyak sekali fasilitas-fasilitas dan wahana yang siap memanjakan liburan kamu. Salah satunya adalah Resto Pinisi yang disertai jembatan gantung. Ketika perjalanan menuju Resto Pinisi kamu akan merasakan sensasi berjalan di ketinggian yang lumayan membuat adrenalin menjadi aktif.

Sesampainya di Resto Pinisi kamu akan disuguhi pemandangan danau yang sangat luas sehingga kapal pinisi tersebut seolah benar-benar berlayar di perairan. Jadi bisa dibayangkan kan kamu menikmati makanan sembari menikmati sensasi berlayar degan kapal pinisi di atas perairan dipadukan dengan suasana sejuk dari perkebunan. Sungguh sajian yang komplit untuk liburan. Jadi dalam sekali duduk kamu sudah dapat menikmati banyak hal sekaligus. Tunggu apalagi? Rencanakan liburanmu sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?