Langsung Sekali Jalan, Ini 10 Tempat Wisata di Bali Bagian Selatan

Tempat wisata ikonik dan populer di Bali, sebut saja Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Benoa, terletak di Bali bagian selatan. Bali bagian selatan memang terkenal dengan tempat wisatanya yang indah. Tersebar di berbagai daerah seperti Seminyak, Kuta, Jimbaran, Nusa Dua, Nusa Lembongan, di kabupaten Gianyar, Badung, dan Klungkung.

Saat mengunjungi Bali bagian selatan, langsung saja mengunjungi banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi dengan sekali jalan. Maksimalkan waktu liburan kamu dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya.

1. Pantai Batu Bolong

Dari namanya saja sudah menarik dan menyita perhatianmu. Apakah pantai Batu Bolong, Canggu memiliki banyak bebatuan yang keras di sekitarnya? Seperti terowongan di tepi permukaan laut, pantai Batu Bolong memiliki batu karang yang menjulang dengan lubang di bagian tengahnya seperti terowongan.

Terlihat mirip dengan Tanah Lot, ya. Meski demikian, nggak kalah molek dengan Tanah Lot, nih. Apalagi di saat matahari terbenam. Pancaran sinarnya yang berwarna kuning dengan semburat orange kemerahan berpencar  dan terpantul dengan permukaan air laut. Eksotis!

Di atas batu karang yang menjulang, terdapat tempat sembahyang pura yang seringkali diadakan ritual keagamaan di sana. Naik ke atas batu karang sambil menikmati indahnya pantai, benar-benar menjadi pengalaman tak terlupakan.

2. Pantai Batu Belig, Kerobokan

Pantai yang terletak di Kerobokan, Kabupaten Badung ini menjadi salah satu pantai yang asyik untuk bersurfing ria. Memiliki pasir yang lembut di kaki, tentu duduk-duduk sembari bersantai menikmati angin tepi laut membuat hati jadi sejuk.

Kamu bisa berjalan-jalan santai mengelilingi tepi pantai, atau jogging pada pagi hari jika kebetulan kamu menginap di sekitar sana. Anginnya juga oke, lho, bisa menerbangkan layang-layang, nih disini. Bersantai di sini sore hari bakalan cucok banget nih, sembari ngobrol dengan teman atau pasangan menunggu sunset datang.

3. Blue Point Beach

Jika saat mengunjungi pantai biasanya akan disambut dengan pemandangan hamparan pasir yang luas, pantai Suluban atau yang disebut juga dengan Blue Point Beach ini memiliki batuan karang yang menjulang sebelum kaki dimanjakan oleh aliran air pantai di sana.

Kalau biasanya memandang permukaan air pantai dengan setinggi pandangan manusia, nah kali ini kamu bisa menikmati pantai dari ketinggian,nih. Jika biasanya kamu melihat pantai dengan warna air kebiru-biruan, disini kamu bisa melihat warna air pantai yang jernih, sedikit kehijauan, baru kebiru-biruan.

Tebing atau batu karang yang harus kita lewati sebelum memasuki pantai ini sebagian dialiri oleh air yang membuatnya semakin memikat. Wah, gimana ya sensasinya berada di sekeliling batu karang dengan air yang menggenang?

Blue Point Beach
Via @ jrodcaptures

4. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Patung Garuda Wisnu Kencana menjadi salah satu wisata ikonik di Bali. Tempat wisata di Bali bagian selatan ini menggabungkan konsep kebudayaan, seni, alam, dan sejarah. Sudahkah mengunjungi Garuda Wisnu Kencana sebelumnya? Jika mengunjungi tempat ini sebelum tahun 2018, tentu bagian-bagian patung masih dalam proses penyelesaian dan di tempatkan secara terpisah.

Nah, saat ini, kita bisa melihat patung Garuda Wisnu Kencana secara keseluruhan. Untuk menuju lokasi, perlu dibutuhkan usaha ekstra untuk naik tangga dan berjalan kaki. Namun, jalan yang dilalui tidak seterjal proses pembuatan patung ini, loh. Untuk bisa berdiri kokoh seperti sekarang ini, dibutuhkan waktu 28 tahun untuk membangunnya.

5. Mata Air Guyangan

 Suka berendam ala onsen di Jepang? Terletak di Nusa Penida yang masih termasuk wilayah kabupaten Klungkung, Bali juga punya mata air yang nyaman untuk dibuat berendam. Namun, untuk bisa mencapai ke spot mata air ini, butuh perjuangan banget dengan jarak tempuh yang harus dilalui.

Jadi kalau kamu kesini dalam rangka backpackeran atau jalan-jalan santai yang nggak terikat itinerary yang nggak gimana-gimana, kamu bisa menghabiskan waktu disini. Kapan lagi, nih bisa merasakan berendam di atas ketinggian?

6. Candi Gunung Kawi

Candi dengan banyak pengunjung yang dikenal lokal oleh wisatawan lokal dan mancanegara antara lain Candi Prambanan di Klaten, Jawa Tengah dan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Di Tampaksiring, Gianyar Bali, terdapat candi yang termasuk dalam cagar budaya yang dilindungi oleh negara yaitu Candi Gunung Kawi.

Candi Gunung Kawi memiliki perbedaan di bandingkan dengan Candi Prambanan atau candi-candi agama Hindu lainnya. Uniknya, candi ini terletak di dua tempat yang berlainan dan terpisahkan oleh sungai. Candi ini terletak di dinding tinggi yang mengelilingi dengan arca dan relief. Selain itu, ada pancuran air yang membuat suasana candi menjadi semakin asri.

7. Mandala Wisata Wenara Wana

Jika sudah puas bermain-main dengan air dan pantai, wisata menjelajahi alam dan hutan juga tak kalah seru. Apalagi jika seluruh panca inderamu dimanjakan oleh pemandangan, udara yang sejuk, dan suara gesekan angin dan dedaunan yang membuat hati nyaman.

Mandala Wisata Wenara Wana, tempat wisata di Bali bagian selatan, tepatnya di Ubud, Gianyar, menjawab semua rasa penasaranmu tentang kesejukan suasana hutan.

Tidak hanya berjalan santai sembari menikmati dedaunan dan pepohonan yang hijau dan rindang, disini banyak pula satwa kera yang membuatmu geli dan gemas. Benar-benar masih terasa alami suasananya. Saat berjalan-jalan ke tempat ini, hati-hati saat membawa barang bawaan, ya. Soalnya kurang lebih ada tujuh ratusan bahkan lebih kawanan kera yang hidup di hutan ini, nih.

8. Bali Pulina Agro Tourism

Kamu suka ngopi? Kalau biasanya ngopi di kafe-kafe kekinian, kini saatnya ngopi dengan kearifan budaya lokal. Di Bali Pulina Agro Tourism, kamu nggak hanya beragro wisata saja, tapi juga bisa mencicipi produk kopi luwaknya yang nikmat. Disini, kamu bisa mengamati bagaimana cara membuat kopi luwak hingga siap saji dari hulu ke hilir. Asyik banget, kan.

Sebelum melihat cara membuat kopi, jalan-jalan dulu menikmati suasana cerah dan asri sambil berfoto ria. Banyak spot-spotnya yang instagramable juga, loh.

9. Pura Taman Saraswati Ubud

Dengan mayoritas penduduk menganut ajaran Hindu, Bali memiliki banyak pura yang kental dengan unsur religiusitas, seni, dan budayanya. Selain pura Besakih dengan setiap sudut bangunannya yang memesona, Pura Taman Saraswati Ubud memiliki kolam dengan hamparan teratai yang indah. Pura Taman Saraswati Ubud ini juga dikenal memiliki suguhan pertunjukan Tari Kecak yang membuat mata terbelalak.

10. Arung Jeram Sungai Ayung

Tunjukkan nyalimu. Kalau ke Bali rame-rame bareng temen, arung jeram bakalan jadi pilihan yang terbaik. Selain menikmati suasana alam, kita jadi bebas berekspresi sepuasnya saat berhadapan dengan derasnya aliran sungai. Tempat wisata di Bali bagian selatan yang terletak di Ubud,Bali ini membuat kamu dan teman-temanmu harus mengeluarkan energi super ekstra, nih. Tak ketinggalan, saat mendayungnya pun dibutuhkan kerja sama dan kekompakan. Kamu tinggal hubungi penyedia jasa rafting di sana.

Nah, seru-seru banget kan, tempat wisata di Bali bagian selatan ini. Nggak kalah dengan tempat-tempat wisata populer Bali lainnya, kok. Kesini, yuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *