Teluk Kabui, Keindahan Yang Berbeda Dari Raja Ampat

0
Teluk Kabui, Keindahan Yang Berbeda Dari Raja Ampat

Jika berbicara tentang ikon wisata Raja Ampat, mungkin Pulau Wayag menjadi pilihannya. Bagaimana tidak? Keindahan Pulau Wayag ini tidak perlu diragukan lagi, bahkan siapapun yang berkunjung ke tempat ini akan takjub memandang keindahannya yang luar biasa. Namun sebenarnya masih ada spot lainnya di Raja Ampat yang memiliki keindahan yang sama seperti yanng ada di Pulau Wayag, yaitu Teluk Kabui. Bahkan banyak orang yang menganggap Teluk Kabui ini sebagai kembaran dari Pulau Wayag. Sesampainya di Teluk Kabui, anda akan terpesona akan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan.

Hasil gambar untuk teluk kabui raja ampat
sumber: Phinemo

Lokasi Teluk Kabui berada di antara Pulau Gam dan Pulau Waigeo. Waigeo sendiri merupakan tempat Waisai yang mana menjadi ibu kota dari Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Jika dilihat, lokasi Teluk Kabui ini memang agak tersembunyi. Sehingga dari kejauhan hanya terlihat seperti pepohonan hijau yang mana memenuhi perbukita. Namun sesampainya di Teluk, anda bisa melihat pemandangan yang begitu khas yang ada di tempat ini. Teluk Kabui dihiasi dengan berbagai puluhan pulau karang yang menyebar dan membentuk pemandangan yang sangat cantik. Mulai dari kecil hingga besar, ada berbagai macam ukuran pulau karang yang menghiasi kawasan Teluk Kabui. Perairan Teluk Kabui dihiasi dengan perairan yang biru dengan banyaknya ikan-ikan laut cantik yang mungkin jarang anda temukan di perairan manapun. Saat cauca sedang cerah,  anda bisa langsung melihat terumbu-terumbu karang tanpa harus menyelam. Hal ini karena kondisi perairannya yang masih sangat bersih.

Menyusuri Perairan Teluk Kabui

Tak hanya bisa menikmati pemandangan Teluk Kabui saja, namun ada banyak spot-spot terbaik yang harus anda kunjungi saat berada di Teluk Kabui. Ada 3 batu unik yang berada di sekitaran wilayah Teluk Kabui, yaitu Batu Pensil, Batu Wajah, serta Batu Gua yang dapat anda kunjungi.
Hasil gambar untuk teluk kabui raja ampat
sumber: TripAdvisor
Untuk batu pensil, spot batu unik ini memiliki bentuk yang panjang dan melancip ke atas. Jika dilihat memang bentuknya seperti mata pensil sehingga batu ini memang cukup mencolok dibandingkan dengan batu batu lainnya. Di atas batu juga banyak ditumbuhi tanaman-tanaman hijau dan rimbun. Batu Pensil sendiri telah menjadi wisata ikonik yang ada di Teluk Kabui.
Tak begitu jauh dari Batu Pensil, anda bisa menemukan Batu Wajah. Batu wajah merupakan dua batu yang memiliki ukuran sedang dan besar yang seakan sedang berhadapan satu sama lainnya. Sekilas seperti tampakan wajah wanita dan pria. Sedangkan untuk Batu Gua, spot wisata ini merupakan batu yang memiliki celah lubang di bagian tengahnya. Sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai Batu Gua.

Surga Bawah Laut

Bagi anda yang menyukai fotografi bawah laut, maka Teluk Kabui menjadi salah satu tempat yang tidak akan pernah habis untuk dieksplor. Ada banyaj kekayaan biota lautnya yang sangat menarik untuk diabadikan. Sehingga snorkeling dan diving menjadi kegiatan menarik yang bisa dicoba. Disarankan untuk datang di saat kondisi sedang cerah, sehingga anda bisa melihat dengan jelas bagaimana keindahan ikan-ikan cantik yang sedang berenang kesana kemari serta dilengkapi terumbu karang yang indah.
Tak hanya itu saja, gua-gua yang ada di sekitar tebing juga menjadi salah satu spot foto yang difavoritkan wisatawn. Lanskap Teluk Kabui yang dihiasi dengan tebing-tebing karst yang menjulang dan dipenuhi dengan tanaman-tanaman hijau dan rimbun menjadi salah satu keindahan alam yang perlu diabadikan. Ratusan pulau-pulau kecil dengan ukuran sebesar rumah bertingkat seolah menyembul dari permukaan laut. Di sisi lain dari bukit Teluk Kabui, anda juga dapat melihat perkampungan nelayan Buton yang mana membangun rumah-rumah mereka di sisi bukit sehingga memiliki kemiringan mencapai 60 derajat.

Adanya Sisi Mistis Yang Misterius

Tak hanya karena keindahannya saja, Teluk Kabui juga populer dengan aura mistis yang terpancarkan dari tempat ini. Ada beberapa tulang-tulang tengkorak yang diletakkan begitu saja di gua-gua yang berada di pinggir pulau. Tidak diketahui tengkorak siapakah yang berada di tempat ini. Namun jika anda memiliki banyak waktu, tak ada salahnya untuk mengunjungi gua ini. Di dalam gua, anda bisa melihat tampakan dari stalagmit dan stalagtit yang mempesona. Biasanya beberapa gua terisi dengan air namun kosong saat perairan sedang surut.
Hasil gambar untuk teluk kabui raja ampat
sumber: Explore Raja Ampat
Di bagian ujung teluk, terdapat sebuah celah sempit yang berada di antara Pulau gam dan Pulau Waigeo yang disebut sebagai Passage. Celah ini adalah perairan dangkal yang memiliki arus seperti di sungai dan mengarah menuju Selat Dampier. Passage menjadi salah satu spot favorit penyelaman yang ada di kawasan Raja Ampat. Tempat ini memiliki banyak sekali terumbu karang yang indah yang bahkan bisa langsung dilihat tanpa harus melakukan penyelaman. Perairan Passage ini juga jernih dan dangkal sehingga membuat pemandangan bawah laut sangat terlihat jelas. Untuk menjaga kealamian dan kelestarian terumbu karang yang ada di tempat ini, biasanya para pengemudi speedboat akan mematikan mesin kapal saat berada di kawasan ini.
Bagaimana? Seru bukan? anda bisa menjadikan Teluk Kabui menjadi destinasi wisata tujuan berlibur saat berada di Raja Ampat. Anda juga bisa mencoba mengikuti paket wisata ke Raja Ampat yang akan membantu anda mengeksplor lebih banyak lagi keindahan-keindahan yang ada di kawasan Raja Ampat.

LEAVE A REPLY