Jalan Sambil Belajar, Ini 8 Tempat Wisata Edukasi di Bali yang Bisa Perluas Pengalamanmu

Puas menikmati panorama alam Bali, kita juga bisa main tipis-tipis namun tetap menambah wawasan dan pengalaman. Banyak banget wisata edukasi yang bisa kita kunjungi di Bali. Mulai dari konservasi alam, penangkaran satwa yang dilindungi, museum, monumen, dan taman dengan unsur pendidikan. Jika mengunjungi Bali dengan anak-anak dan remaja, menyisipkan beberapa tempat wisata edukasi di Bali dalam rencana perjalanan bisa menjadi ide yang bagus.

Belajar mempedulikan lingkungan sekitar dengan cara observasi dan terjun ke lapangan tentu lebih mengesankan dan mudah diingat dibandingkan dengan membaca di buku saja. Nah, biar perjalanan ke Bali lebih memorable, jangan lewatkan jalan-jalan ke tempat wisata edukasi di Bali ini;

1. House Of Alaia Studio

via canggujewelryclasses.com

Gelang, cincin, kalung, dan aksesories lainnya menjadi benda-benda cantik yang banyak memikat kaum hawa. Tidak hanya cantik saat dipakai, perhiasan dan aksesories juga memiliki nilai estetikanya tersendiri.

Jika kamu ingin belajar membuat perhiasan sendiri dengan cara tradisional, kamu bisa mengunjungi House Of Alaia Studio, yang berlokasi di Canggu, Kuta Utara, Bali. Pengunjung dibebaskan memilih sesi sesuai pilihan.

Menariknya, kamu akan mendapatkan inspirasi mengenai model-model perhiasan cantik yang nggak banyak beredar di pasaran. Tidak hanya sekedar membuat perhiasan aja, sesi kursus yang ditawarkan dapat mempererat hubungan satu sama lain, loh. Seperti misalnya kelas Couples Silversmithing dan Parent & Child Silversmithing. Jika jadwal perjalananmu ke Bali padat, bisa pilih kelas setengah hari yang nggak kalah mengesankan. Yuk, ungkapkan kreativitasmu.

Lokasi:

Jl. Pantai Batu Bolong No. 27 B, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung.

(Informasi, Canggu Jewelry Classes, The House of Alaia)

2. Bali Safari & Marine Park

via balisafarimarinepark.com

Bila ulah zebra, singa, dan kudanil yang lucu sering kita saksikan di film-film animasi dan film dokumenter, kini kita bisa menjumpai binatang-binatang liar dan dilindungi lebih dekat. Tidak hanya satwa khas Indonesia seperti Jalak Bali, Orangutan, dan Komodo, Bali Safari & Marine Park terdapat pula satwa-satwa dari berbagai negara.

Tidak hanya bisa dikunjungi pada siang hari saja, taman safari yang terletak di kabupaten Gianyar ini bisa dikunjungi pada malam hari. Paket safari dan petualangan yang ditawarkan pun dapat dipilih, seperti Jungle Hopper Package,4×4 Safari, Breakfast with the lions, Agung Show, dan paket menarik lainnya. Tempat wisata edukasi di Bali ini juga menyediakan tempat menginap dengan berbagai macam pilihan kamar, seperti Swala Deluxe Room, Kifaru Family Suite, Tembo Family Bungalow, dan Twiga Deluxe Room. Jangan lupa mampir kesini, rasakan lebih dekat sensasi alam liar yang mendebarkan.

Lokasi:

Jl. Prof Ida Bagus Mantra Km. 19,8, Gianyar, Bali

(Informasi, Bali Safari & Marine Park)

3. Charly’s Chocolate Factory

Siapa yang tak suka makan cokelat? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya pun menyukainya. Dari cokelat kacang almond batangan, susu cokelat, dan kue cokelat. Makanan dan minuman apapun dengan rasa cokelat pasti nikmat.

Tak hanya terkenal dengan sajian ayam betutu, Bali juga punya olahan cokelat khas Bali yang enak. Jika ingin menikmati cokelat dengan suasana yang kekinian banget, kunjungi aja Charly’s Chocolate Factory.

Selain desain bentuk bangunannya yang unik seperti rumah kurcaci dengan sentuhan kearifan lokal, membuat tempat wisata ini tak luput dari spot foto selfie.Pengunjung dapat menikmati minuman cokelat khas tempat ini. Chocolatte lovers wajib datang, nih.

Lokasi:

Jl. Pantai Jasri, Pertima, Subagan, Karangasem, Bali

4. Monumen Bajra Sandhi

Ingin tahu kehidupan, adat istiadat, dan perjuangan masyarakat Bali masa lampau? Yuk, cari tahu dengan mengunjungi Monumen Bajra Sandhi. Disambut dengan bangunan khas corak Bali, pengunjung akan disambut dengan kokohnya bangunan yang melambangkan perjuangan masyarakat Bali untuk mengusir penjajah.

Di monumen ini, pengunjung serasa diajak kembali ke masa lalu dengan cerita-cerita perjuangan para pahlawan yang tak kenal lelah. Deretan foto-foto dan diorama membuat pengunjung penasaran untuk mengetahui sejarah dan perjalanan panjang masyarakat Bali lebih dalam.

Meski monumen, kamu tidak akan merasakan kebosanan disini. Dikelilingi dengan rumput hijau yang luas dan dapat memandang Denpasar dari ketinggian di lantai atas. Gak akan menyesal, deh. 

Lokasi:

Jl. Raya Puputan No. 142, Panjer, Denpasar, Bali.

5. Kebun Raya Eka Karya

Mungkin tidak semua dari kita dapat merasakan sejuknya pepohonan yang hijau, udara yang segar, dan sinar matahari hangat yang menyentuh kulit. Polusi udara, kebisingan, dan kemacetan membuat pikiran suntuk dan penat? Mau jalan-jalan dengan tenang sambil menambah wawasan?

Kebun Raya Eka Karya yang terletak di kawasan Bedugul, Bali memiliki banyak spesies tumbuh-tumbuhan yang dapat kita pelajari. Tanaman dan pepohonan tertata apik dan cantik sehingga memanjakan mata dan hati.

Kebun Raya Eka Karya Bali ini dibawah pengawasan dan pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), seperti halnya kebun raya di tempat-tempat lain yang berlokasi di berbagai kota di Indonesia seperti Bogor, Purwodadi, dan Cibodas. Untuk mempermudah pembelajaran, disediakan pula fasilitas pencarian database koleksi yang tersedia pada website Kebun Raya Bali.

Tidak hanya kekayaan floranya saja, banyak burung yang hinggap dan berkicauan di area tempat wisata edukasi di Bali ini, loh. Bayangin gimana serunya jalan-jalan disini.

Lokasi:

Jl. Kebun Raya, Candikuning, Tabanan, Bali

(Informasi Kebun Raya Bali)

6. Taman Nusa

via taman-nusa.com

Saat mengunjungi tempat ini, kamu dapat merasakan suasana Indonesia mini. Berbagai replika peninggalan bangunan bersejarah di Indonesia seperti replika Candi Borobudur, rumah adat, dan bangunan khas kebudayaan Indonesia. Untuk menikmati uniknya Taman Nusa, ada banyak beragam atraksi atau pertunjukan yang siap menyambut pengunjung di auditorium theater Bima.

Tidak hanya melihat-lihat replika bangunan bersejarah saja, disini kita diajak untuk melihat kehidupan bangsa Indonesia masa lampau, mulai dari zaman pra sejarah, masa kerajaan, masa pra kemerdekaan, masa kemerdekaan, Indonesia saat ini, dan tak ketinggalan gambaran masa depan Indonesia.

Salah satu tempat wisata edukasi di Bali ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti tempat makan dengan cita rasa lokal dan internasional (Restaurant Dapur Nusa & Restaurant Royal Sidan), kafetaria, sanggar, ruang pameran, sanggar, hingga toko souvenir untuk membeli oleh-oleh.

Lokasi:

Jl. Taman Bali, Banjar Blahpane, Kelod, Gianyar, Bali

(Informasi, Taman Nusa)

7. Taman Nasional Bali Barat

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya, keindahan dan keanekaragaman tumbuhan tropisnya. Taman Nasional Bali Barat, pada Maret 2018 mendapat penghargaan sebagai “Best Top 100 Destination” di kota Berlin, Jerman. Tidak main-main, tempat wisata edukasi di Bali ini menyabet penghargaan 100 tempat wisata terbaik se-Asia Pasifik.

Lantas, apa sih yang membuat TNBB menjadi salah satu tempat wisata top yang diakui dunia? Hal ini dikarenakan adanya pengelolaan proyek ekowisata yang baik dengan tujuan melestarikan alam. Di TNBB, kamu bisa bermain-main air dan berenang di Pulau Menjangan. Kamu juga bisa melihat menjangan yang mungkin jarang ditemukan di tempat lain. Ayo, penasaran kan, kapan nih main ke sini?

Lokasi:

Pulau Menjangan, Kabupaten Jembrana, Bali

8. Dream Museum Zone

Sudah berwisata sambil jalan-jalan menikmati alam, kini kita main-main ke tempat asyik yang mengkolaborasikan antara seni dan teknologi, yuk. Hasil karya seninya yang ajaib bisa menipu pandangan kita. Tampak tiga dimensi dan seolah-olah nyata, kamu bisa berfoto selfie hingga puas disini.

Ada banyak spot yang instagramable, nih seperti seolah-olah berada di atas genangan air, menyeberangi tebing, di atas perahu, dan diserang nenek sihir. Habis berwisata di daerah Kuta, jangan lupa mampir ke tempat ini.

Lokasi:

Jl. Nakula No. 33 X, Legian, Kuta, Badung, Bali

Sembari menikmati alam Bali, tempat wisata edukasinya nggak kalah unik. Tempat wisata edukasi di Bali mana nih, yang akan kamu kunjungi selanjutnya?

Tinggalkan Balasan

Open chat
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?