Bergabunglah dengan RIBUAN orang yang sudah melakukan perjalanan bersama DOYAN JALAN INDONESIA
Bergabunglah dengan RIBUAN orang yang sudah melakukan perjalanan bersama DOYAN JALAN INDONESIA
Tips Liburan ke Labuan Bajo
26 Jan 2024 destinasi

Tips Liburan Ke Labuan Bajo Untuk Pemula

Keindahan laut dan pantai Labuan Bajo kerap menjadi alasan mengapa tempat ini menjadi destinasi wisata favorit. Untuk solo trip baiknya kamu bisa menggunakan jasa open trip Labuan Bajo bersama Doyan Jalan.

Untuk kamu, berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum liburan ke Labuan Bajo.

1. Catat ! Ini Waktu Terbaik Berkunjung ke Labuan Bajo

Tips Liburan ke Labuan Bajo
Google Maps: EKO FLORES TOUR

Sudah tahu mau kemana saja saat liburan ke Labuan Bajo ? Misalnya, ingin lebih banyak diving atau trekking di pulau melihat komodo.

Memilih tujuan sangat memengaruhi waktu terbaik untuk mengunjungi Labuan Bajo, jadi sebaiknya pilihlah waktu yang tepat.

Kalau kamu ingin diving atau snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut Labuan Bajo, sebaiknya datang pada bulan April-Juni. Atau mau menikmati keeksotisan pulau-pulaunya dengan trekking? Musim kemarau antara April-Oktober adalah waktu terbaik.

Nah, kalau kamu ingin bertemu komodo, datanglah sekitar bulan April-Mei atau Agustus-Oktober. Tapi kalau liburan biasa, sepanjang tahun bisa kok ke Labuan Bajo. 

Namun sebaiknya hindari puncak musim angin di Januari – Februari

2. Siapkan Budget Liburan

Tips Liburan ke Labuan Bajo
pexels.com/@karolina-grabowska

Liburan ke Labuan Bajo tidak bisa disamakan dengan berwisata ke destinasi terjangkau, seperti Jogja. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan dan mengatur biaya liburan dengan cermat.

Agar lebih hemat, kamu bisa menginap di hostel, menyewa motor untuk bepergian, atau mengikuti open trip Labuan Bajo bersama Doyan Jalan.

Kalau punya biaya lebih, kamu bisa pilih paket Live on Board bisa menjadi pilihan yang nyaman. Pilih kapal yang menyediakan berbagai fasilitas, seperti karaoke, kabin mewah, hingga jacuzzi.

3. Pilih Transportasi yang Tepat, Day Trip atau Live on Board?

Tips Liburan ke Labuan Bajo
Google Maps: EKO FLORES TOUR

Mayoritas destinasi di Labuan Bajo berada di pulau-pulau kecil di sekitarnya. Jadi, kamu harus menentukan transportasi yang tepat supaya bisa island-hopping.

Island-hopping bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu day trip dengan speedboat atau Sailing Live on Board.

Kalau kamu memiliki banyak waktu dan ingin lebih santai, Live on Board bisa menjadi solusi karena perjalanan antar pulau membutuhkan cukup banyak waktu. Sedangkan jika memilih perjalanan day trip, kemungkinan hanya bisa berada di tiap destinasi sekitar 1 jam karena waktu yang terbatas.

Namun, day trip dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin liburan hemat ke Labuan Bajo, dengan waktu yang singkat.

Baca Juga : Suka Petualangan? Ini 6 Aktivitas Liburan Di Labuan Bajo Paling Seru

4. Susun Itinerary Selama Liburan ke Labuan Bajo

Tips Liburan ke Labuan Bajo
unsplash.com/@thoughtcatalog

Sudah menentukan waktu yang tepat, dan budget aman. Sekarang yuk susun itinerary wisata!

Kamu bisa memulainya dengan menuliskan daftar destinasi yang sudah terkenal lebih dahulu, seperti Pink Beach, Pulau Padar, Manta Point, hingga Pulau Kalong.

Selain itu, pemilihan waktu cuti kerja dan berapa lama waktu liburanmu juga berpengaruh pada tiket dan itinerary. Jika waktu liburan terbatas, cukup luangkan waktu 4H3M untuk menjelajahi pulau-pulau di Labuan Bajo dengan Living on Board. Jika punya waktu lebih, kamu bisa mengeksplorasi lebih banyak tempat di Pulau Komodo.

Oh ya, jangan lupa selalu cek informasi terbaru terkait peraturan wisata di Labuan Bajo. Ada beberapa peraturan mengenai konservasi yang perlu kamu ketahui agar kelestarian alam di Labuan tetap terjaga.

****

Itulah beberapa tips liburan ke Labuan Bajo bagi pemula yang wajib dipahami. Masih bingung dengan rencana liburanmu? Kamu bisa mengintip paket tour Labuan Bajo yang sudah disiapkan oleh Doyan Jalan. Kalau semuanya sudah siap, sekarang saatnya berangkat!

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?