Berlibur ke Tebing Keraton Bandung seperti di Atas Awan

Liburan ke Bandung merupakan keputusan terbaik karena di Bandung kamu dapat menemukan banyak sekali destinasi wisata dengan jenis yang berbeda-beda. Dengan banyaknya pilihan tujuan wisata membuat kamu lebih banyak mengunjungi tempat wisata yang lebih variatif ketika di Bandung. Jadi kamu tidak akan merasa bosan. Salah satu tujuan yang dapat menjadi pilihanmu untuk berwisata ke Tebing Keraton Bandung.

Tebing KeratonĀ  adalah salah satu tujuan wisata alam di Bandung yang wajib kamu kunjungi. Terdapat banyak sekali kejutan yang dapat kamu temukan ketika kamu berkunjung ke tempat ini. Selain pemandangannya yang sangat indah, tebing keraton juga terkenal dengan cerita-cerita mistisnya. Konon di kawasan ini terdapat keraton gaib sehingga tebing ini disebut tebing keraton.

Tebing Keraton Bandung
foto via Dekatour

Lokasi Tebing Keraton Bandung

Jika kamu berkunjung waktu pagi hari kamu akan melihat kabut di Tebing Keraton karena kawasan ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi yaitu 1200 mdpl. Dengan begitu kamu bisa menyaksikan lautan awan yang sangat eksotis diantara pohon-pohon di hutan pinus.

Lokasi tebing keraton tidak terlalu jauh dari kota Bandung akan tetapi medannya cukup sulit jadi disarankan untuk mempersiapkan semua hal untuk memperlancar perjalanan kamu. Lokasi tepatnya terletak di Kompleks Taman Hutan Raya tepatnya di Jalan Ir. H. Djuanda No. 99, Bandung.

tebing keraton di Bandung
Via blog.reddoorz.com

Transportasi ke Tebing Keraton Bandung

Tempat Wisata ini memiliki lokasi yang dapat dijangkau dengan mudah. Namun kawasan wisata ini memiliki jalur yang medannya cukup mengkhawatirkan. Selain itu karena jalannya yang lumayan sempit, kamu tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat ketika menuju Tebing Keraton. Cukup dengan menggunakan roda dua saja meskipun kamu ke tempat ini rombongan.

Untuk menuju Tebing Keraton alurnya sangat mudah. Kamu cukup menuju jalan ke kawasan Dago Pakar yang kemudian dilanjutkan ke jalur taman hutan raya Djuanda. Letak taman hutan raya itu sendiri berada di Desa Ciburial tepatnya di bagian utara Dago. Perjalanan masih berlanjut hingga kamu menemukan gapura bertuliskan Taman Hutan Raya Djuanda. Selanjutnya kamu dapat memulai liburanmu di Tebing Keraton dengan menyenangkan.

Harga Tiket di Tebing Keraton Bandung

Setiap berkunjung ke tempat wisata tentu saja kamu akan membutuhkan budget untuk beberapa hal salah satunya adalah untuk membayar tiket masuk. Nah untuk berlibur ke Tebing Keraton, kamu tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam karena untuk dapat menikmati pemandangan indah di Tebing keraton harganya sangat terjangkau. Berikut daftar harga tiket di Tebing Keraton Bandung.

  • Parkir motor : Rp 5.000,00
  • Parkir mobil : Rp 10.000,00
  • Tiket masuk kawasan : Rp 11.000,00 per orang (sudah termasuk asuransi).

Nah apabila dilihat dari daftar harganya, Berkunjung ke Tebing keraton menjadi salah satu cara berwisata hemat, sehat dan menyenangkan ya? Jjadi kamu tidak terlalu pusing menganggarkan budget untuk masuk ke kawasan Tebing Keraton.

Harga Tiket Tebing Keraton
Foto via Klook

Fasilitas Wisata di Kawasan Tebing Keraton Bandung

Tebing  Keraton merupakan tempat wisata yang terletak di kawasan Taman Hutan Raya. Namun meskipun demikian, demi membuat para pengunjung nyaman berwisata, di Tebing Keraton telah disediakan banyak sekali fasilitas. Fasilitas-fasilitas tersebut membuat kamu dapat menikmati keindahan Tebing Keraton lebih lama lagi. Nah berikut ini fasilitas yang terdapat di Tebing Keraton yang tentunya membuat liburanmu semakin menyenangkan.

1.   Toilet

Toilet merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi setiap orang dimanapun berada. Oleh sebab itu adanya toilet di Tebing Keraton akan sangat memudahkan kamu yang sedang berwisata untuk dapat menghabiskan waktu lebih lama sehingga lebih puas.

2.   Saung

Berada di dataran tinggi tentu frekuensi pohon tidak sebanyak di dataran rendah. Jadi ketika di tebing Keraton kamu tidak mudah menemukan tempat teduh di siang hari. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam tapi tetap ingin sambil duduk dan berteduh, fasilitas saung dapat kamu manfaatkan.

3.   Menara pemantau burung

Berwisata alam seringkali hanya dinikmati dengan berfoto dengan background pemandangan indah yang ada di sekitarnya. Namun berbeda dengan di tempat lain, di Tebing Keraton ini terdapat menara pemantau burung yang dapat kamu gunakan untuk melakukan birdwatching. Kamu dapat melihat berbagai jenis burung yang hidup di kawasan ini dengan sangat leluasa.

4.   Mushola

Bagi umat muslim, ibadah dilaksanakan 5 waktu dalam sehari. Nah bagi akmu yang muslim tentu saja tidak akan meninggalkan ibadah kan selama liburan. Oleh karena itu Tebing Keraton juga menyediakan fasilitas mushola untuk mempermudah ibadahmu selama liburan.

5.   Camping Ground

Pernah membayangkan berkemah di dataran tinggi dengan pemandangan yang menakjubkan di setiap sudutnya? Nah hal inilah yang patut kamu dan teman-temanmu coba di Tebing Keraton. Namun tetap hati-hati ya selama berkemah di Tebing Keraton.

Tebing Keraton wisata Bandung
Pinterest Peekholidays

Tips Menikmati Liburan di Tebing Keraton Bandung

Cara setiap orang dalam menikmati liburan memang berbeda-beda namun tidak sedikit wisatawan yang bingung bagaimana sebaiknya menghabiskan waktu selama berlibur di tempat wisata. Nah Berikut beberapa tips buat kamu yang mengunjungi Tebing Keraton namun bingung bagaimana cara menikmati liburan supaya lebih menyenangkan.

1.   Menikmati Sunrise

Dataran tinggi memang paling cocok untuk menjemput dan mengantarkan matahari untuk pulang. Nah begitu juga dengan tebing Keraton. Di Tebing Keraton salah satu aktivitas liburan yang dapat kamu lakukan adalah menikmati sunrise. Kamu dapat menyaksikan peralihan antara malam dan pagi dan menyaksikan suasana pemandangan yang indah luar biasa.

Karena sunrise terjadi di waktu yang sangat pagi, kamu harus bersiap-siap sejak subuh. Jika lokasi tempat menginap atau rumah kamu lumayan jauh dari Tebing Keraton, disarankan kamu berangkat dini hari. Namun tentunya tetap dengan mengutamakan keselamatan ya.

2.   Menikmati Sunset

Tidak hanya menjemput matahari untuk menemani kita sepanjang hari. Di Tebing Keraton kamu juga dapat mengantarkan matahari untuk berpindah ke belahan bumi lain dan berbagi sinar dengan saudara-saudara kita di Negara lain. Nah melihat sunset di kala senja tentu sudah menjadi kegemaran banyak orang, katakana saja mereka yang puitis dan membutuhkan ketenangan.

Untuk dapat menikmati sunset, kamu dapat berkunjung ke Tebing Keraton sejak pukul 15.00 WIB. Dengan datang pada jam tersebut kamu akan lebih leluasa menikmati pemandangan sambil menunggu sunset. Jangan lupa nanti ketika sunset tiba untuk mengambil gambar bergaya siluet kekinian untuk menambah koleksi instagram kamu.

3.   Menikmati Suasana Berkabut

Ketika suasana berkabut mungkin biasanya kamu akan lebih memilih untuk menarik selimut dan kembali tidur pulas. Ya tidak ada salahnya ketika berkabut udara memang dingin sekali. Namun berkabut di kawasan Tebing Keraton akan menjadi suasana yang indah dan menyenangkan. Jadi akan sangat sayang untuk dilewatkan. Nah mungkin bagi kamu yang sedang menunggu sunrise, kamu bisa mendapat bonus suasana kabut. Tapi tidak jarang juga siang hari berkabut namun biasanya disertai awan sebagai pertanda akan turunnya hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *