Bergabunglah dengan RIBUAN orang yang sudah melakukan perjalanan bersama DOYAN JALAN INDONESIA
Bergabunglah dengan RIBUAN orang yang sudah melakukan perjalanan bersama DOYAN JALAN INDONESIA
Paket tour Sumba 5 hari 4 malam
10 Jan 2024 destinasi Open Trip

Paket Tour & Open Trip Sumba 2024 – Doyan Jalan

Sumba merupakan pulau yang ada di Indonesia timur dan jadi bagian dari Nusa Tenggara Timur. Salah satu daerah yang paling indah di Indonesia dengan kekayaan alam dan budaya yang luar biasa.

Tapi yang paling menarik dari Sumba adalah budaya dan tradisinya yang masih kuat. Orang-orang Sumba masih percaya sama Marapu, yaitu roh-roh leluhur yang hidup di sekitar mereka. Mereka punya rumah-rumah unik yang berbentuk kerucut, dan kain ikat yang dibuat dengan cara tradisional. Kamu bisa belajar banyak tentang kehidupan dan sejarah mereka dari megalit-megalit yang ada di desa-desa.

Tidak seperti Bali atau Lombok, Sumba juga belum terlalu ramai sama turis, jadi kamu bisa menikmati suasana tenang dan asli. Ada beberapa hotel mewah yang bisa kamu pilih, tapi juga ada penginapan-penginapan sederhana yang lebih murah. Pokoknya, Sumba itu destinasi wisata yang menarik buat kamu yang suka petualangan dan pengalaman baru serta surga bagi para pecinta alam dan budaya. Kamu harus berkunjung ke sini setidaknya sekali seumur hidup!

Destinasi Menarik di Sumba

Hi travelers, Sumba adalah tempat yang wajib masuk bucket list kamu. Di sana, kamu bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pantai berpasir putih, air terjun yang segar, hingga bukit-bukit hijau yang mempesona. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang budaya dan tradisi masyarakat Sumba yang kaya dan unik. Kamu bisa mengunjungi desa-desa adat, melihat rumah-rumah khas Sumba, dan menyaksikan upacara-upacara ritual yang menarik. Pokoknya, Sumba itu destinasi wisata yang nggak bakal ngecewain deh!

Tempat Wisata di Sumba Barat

Di kawasan Sumba barat, ada banyak tempat asyik yang bisa kamu kunjungi. Misalnya, kamu bisa ke Pantai Mandorak yang punya pasir putih dan air biru jernih. Atau, kamu bisa ke Kampung Adat Ratenggaro yang terkenal dengan rumah-rumah adatnya yang unik. Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah di Danau Weekuri atau Air Terjun Lapopu. Dijamin, Sumba barat itu surga buat para wisatawan ! Dahhh… ini lah list tempat wisata di Sumba Barat.

1. Kampung Adat Ratenggaro

kp adat ratenggaro sumba

Kampung Adat Ratenggaro itu keren banget, deh! Tempatnya ada di Sumba Barat, dekat sama pantai yang indah. Kamu bisa lihat rumah-rumah adat yang unik, tinggi-tinggi kayak menara. Rumahnya terbuat dari jerami, lho! Makin tinggi rumahnya, makin tinggi statusnya. Di sini juga ada kuburan batu tua yang jadi saksi sejarah perang antar suku. Warganya masih memeluk tradisi Marapu, percaya sama roh leluhur. Kamu harus datang ke sini kalau mau merasakan suasana kayak di zaman megalithikum.

2. Pantai Pero

pantai pero, sumba

Mau main air di  pantai yang sepi dan bersih ? Kamu harus coba ke Pantai Pero di Sumba barat. Pantai ini punya pasir putih yang halus dan air laut yang biru jernih. Mau berenang, berselancar, atau sekadar berjemur, bisa banget. Pantai Pero juga punya pemandangan indah saat matahari terbenam. Kamu bisa melihat langit berubah warna dari oranye ke ungu. Pantai ini cocok buat kamu yang mau liburan santai dan menikmati alam.

3. Pantai Mandorak

Kalau kamu mencari pantai yang sepi tapi cantik banget, coba deh ke Pantai Mandorak di Sumba Barat. Pantai ini tersembunyi di balik tebing-tebing curam yang bikin suasana jadi eksotis. Pasirnya putih bersih dan airnya biru jernih. Kamu bisa berenang atau berselancar di sini, tapi hati-hati ya karena ombaknya lumayan besar. Pantai Mandorak juga dekat sama Danau Weekuri yang juga keren abis. Pantai ini wajib masuk bucket list kamu kalau mau ke Sumba!

4. Danau Weekuri

Danau Weekuri di Sumba Barat Daya bisa jadi tempat favorit penyuka wisata alam yang unik dan cantik. Danau ini bukan danau biasa, tapi danau air asin yang terbentuk dari air laut yang masuk lewat celah karang. Airnya jernih dan biru, bikin mata nggak mau berkedip. Kamu bisa berenang di sini atau cuma duduk-duduk di pinggirnya sambil nikmati pemandangan. Danau Weekuri juga dekat dengan Pantai Mandorak yang oke banget buat lihat sunset.

5. Kampung Adat Praiijing

kampung adat praijing sumba

Suka suasana pedesaan yang tenang dan asri? Cobalah wisata ke Kampung Adat Praiijing. Di sana kamu bisa melihat rumah-rumah tradisional yang berbentuk kerucut, dengan atap dari jerami dan dinding dari kayu. Kamu juga bisa belajar tentang budaya dan adat istiadat masyarakat Sumba, yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah, dengan bukit-bukit hijau dan sawah-sawah luas. Wisata ke Kampung Adat Praiijing pasti akan memberikan pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

6. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu Sumba

Bagi pecinta petualangan alam, jalan-jalan ke Air Terjun Lapopu wajib masuk ke dalam itinerary. Air terjun ini tingginya 90 meter dan dikelilingi oleh hutan yang indah. Kamu bisa menikmati pemandangan yang luar biasa sambil mendengar suara gemuruh air yang jatuh. Kamu juga bisa berenang di kolam air terjun yang sejuk dan segar. Kamu pasti akan terpesona oleh keindahan alamnya yang masih alami dan belum banyak tersentuh oleh manusia.

Tempat Wisata di Sumba Timur

Liburan ke Sumba Timur, jangan cuma ngejar pantai aja ya. Di sini ada banyak potensi wisata lain yang bisa bikin kamu terkagum-kagum. Misalnya aja Bukit Wairinding yang hijau dan luas, atau Bukit Tanarara yang punya pemandangan sunrise yang keren banget. Sumba Timur itu tempat yang cocok buat kamu yang suka petualangan dan pengen lihat keindahan alam yang beda dari yang lain. Cek list rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi di Sumba Timur berikut ini ya!

1. Savana Puru Kambera

savana puru kambera sumba

Di Savana Puru Kambera kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah dan eksotis. Savana Puru Kambera memiliki luas sekitar 70 hektar dan ditumbuhi oleh rumput ilalang yang hijau dan kuning. Kamu juga bisa melihat kawanan kuda liar yang berkeliaran di savana ini. Savana Puru Kambera juga dekat dengan pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang biru. Kamu bisa bermain air, berjemur, atau bersantai di pantai ini. Savana Puru Kambera adalah destinasi yang cocok untuk kamu yang suka petualangan dan menikmati keindahan alam.

2. Air Terjun Tenggedu

air terjun tanggedu sumba

Air Terjun Tanggedu tempatnya keren abis, kayak Grand Canyon versi Indonesia gitu. Airnya biru jernih, tebingnya tinggi-tinggi, pemandangannya bikin mata nggak berkedip. Tapi buat sampai ke sana, kamu harus siap-siap trekking dulu sekitar 2,5 km melewati hutan, sungai, dan bukit. Seru kan? Kamu bisa nikmati suasana alam yang masih asri dan sejuk. Kamu juga bisa berenang di sungai batu hitam atau panjat tebing kalau mau tantangan lebih. Pokoknya Air Terjun Tanggedu ini nggak bakal ngecewain deh. Yuk, buruan ajak teman-teman kamu ke sini!

3. Bukit Warinding

bukit warinding sumba

Tempat yang wajib dikunjungi pecinta motor trail dan fotografi. Di Bukit Warinding kamu bisa lihat pemandangan alam yang indah dan hijau dari atas bukit. Kamu juga bisa merasakan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan hati. Kalau kamu suka petualangan, kamu bisa naik motor trail atau sepeda gunung untuk menikmati sensasi berkeliling bukit. Bukit Warinding itu juga cocok buat kamu yang suka fotografi, karena banyak spot-spot cantik yang bisa kamu abadikan.

4. Bukit Hiliwuku, Tanarara

Pemandangan alam yang hijau dan indah di Bukit Hiliwuku bisa jadi objek jepretan kamera ponsel kamu. Di sana kamu bisa melihat bukit-bukit yang berbaris rapi seperti gelombang laut. Rumput-rumputnya lembut dan berwarna-warni dengan bunga-bunga liar. Kamu juga bisa lihat hewan-hewan ternak yang bebas berkeliaran di padang savana. Bukit Hiliwuku ini mirip banget sama tempat tinggal Teletubies, lucu deh pokoknya. Kamu bisa foto-foto sepuasnya di sana, atau sekedar duduk santai menikmati angin sepoi-sepoi. Bukit Hiliwuku ini gampang dijangkau kok, cuma 40 menit dari kota Waingapu.

5. Air Terjun Waimarang

air terjun waimarang sumba

Air Terjun Waimarang ini bukan air terjun biasa, lho. Kamu harus turun dari tebing setinggi 20 meter untuk sampai ke kolam air terjun yang jernih dan sejuk. Seru banget! Kamu bisa berenang, loncat dari tebing, atau sekadar menikmati pemandangan yang indah. Tapi ingat, jangan lupa bawa peralatan yang lengkap dan hati-hati ya. Air Terjun Waimarang ini cocok buat kamu yang berani tantangan dan pengen lihat keindahan alam Sumba Timur.

6. Pantai Walakiri

Pantai walakiri sumba

Pantai Walakiri adalah pantai yang unik dan indah. Pantai ini punya pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Tapi yang bikin pantai ini beda dari yang lain adalah pohon-pohon bakau yang tumbuh di pinggir pantai. Pohon-pohon ini bisa jadi latar belakang foto yang keren banget, apalagi pas matahari terbenam. Kamu bisa lihat warna-warna langit yang cantik sambil dikelilingi pohon-pohon bakau. Serasa di dunia dongeng deh!

8. Bukit Tenau

bukit tenau sumba

Bukit Tenau ada di Desa Tenau, sekitar 15 km dari Waingapu, ibu kota Sumba Timur. Dari atas bukit, kamu bisa lihat pemandangan alam yang keren banget. Ada perbukitan hijau ala Teletubbies, sawah, sungai, dan laut biru. Kamu juga bisa lihat pesawat terbang lewat dekat-dekat. Asyik kan? Bukit Tenau ini sering jadi tempat foto-foto prewedding atau selfie buat wisatawan. Banyak artis juga yang pernah kesini loh. Kalau mau ke sini, siapin fisik kamu ya, soalnya jalannya agak menanjak dan berbatu. Tapi tenang aja, capeknya bakal terbayar sama keindahan Bukit Tenau yang bikin mata seger.

Tiket Pesawat ke Sumba

Kalau kamu pengen liburan ke Sumba, salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah biaya tiket pesawat. Sumba punya dua bandara, yaitu Tambolaka dan Waingapu. Dari Jakarta, kamu bisa pilih maskapai seperti Super Air Jet, Batik Air, Lion Air, atau Wings Air untuk terbang ke sana. Tapi harga tiketnya pasti beda-beda, tergantung bandara tujuan dan waktu penerbangan.

Nah, kalau kamu dari kota besar lain di Indonesia, seperti Surabaya, Medan, atau Makassar, harga tiket pesawat ke Sumba juga bervariasi. Biasanya, kamu harus transit dulu di Jakarta atau Bali sebelum sampai ke Sumba. Jadi, kamu harus siapkan waktu dan biaya yang cukup untuk perjalananmu. Jangan sampai kehabisan duit sebelum sampai ke sana.

Bandara Tambolaka untuk Sumba Barat

Dari Jakarta : Kamu bisa dapat tiket pesawat ke Tambolaka mulai dari sekitar Rp. 1.700.000 per orang. Semua penerbangan ke Tambolaka dari Jakarta akan transit dulu di Denpasar selama beberapa jam.

Dari Surabaya: Kamu bisa menikmati penerbangan ke Tambolaka dengan harga mulai dari sekitar Rp. 1.500.000 per orang. Lumayan kan hemat dibanding Jakarta? Tapi tetap aja, kamu harus transit di Denpasar.

Dari Denpasar: Karena jaraknya lebih dekat dan nggak pakai transit lagi, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat ke Tambolaka dengan harga mulai dari Rp. 1.100.000 per orang. Wah, ini sih paling murah nih! Tapi jangan senang dulu, karena tiket pesawat dari Denpasar ke Tambolaka ini jarang banget ada. Kamu harus rajin-rajin cek online atau tanya agen travel untuk dapetin tiketnya.

Dari Makassar: Kamu bisa terbang ke Tambolaka dengan harga mulai dari Rp1.900.000 per orang, dan transit di Denpasar. Tapi ingat ya, tiket pesawat dari Makassar ke Tambolaka ini juga jarang. Jadi, jangan sampai ketinggalan pesawat ya!

Bandara Waingapu untuk Sumba Timur

Dari Jakarta: Kamu bisa terbang ke Waingapu dengan harga tiketnya mulai dari Rp. 2.600.000 per orang dengan rute transit di Denpasar atau Kupang.

Dari Surabaya: Harga tiketnya mulai dari Rp. 2.000.000 per orang yang semuanya bakal transit dulu di Kupang.

Dari Medan: Kamu harus transit dulu di Jakarta atau Denpasar sebelum terbang ke Waingapu. Harga tiketnya mulai dari Rp. 4.100.000 per orang. Dan tiketnya sangat jarang. Jadi lebih baik liburan dulu di Jakarta, atau Bali sebelum lanjut ke Sumba.

Dari Makassar: Serupa dengan dari Medan, tiketnya juga sangat jarang dan juga harus transit dulu di Denpasar atau Kupang sebelum ke Waingapu. Harga tiketnya mulai dari Rp. 2.700.000 per orang untuk sekali jalan. 

DISCLAIMER: Perkiraan harga tiket ini diperoleh dari Tokopedia saat tulisan ini dibuat.

Alasan Kenapa Harus Ke Sumba

  • Sumba adalah tempat yang cocok untuk melihat sunset yang spektakuler. Kamu bisa memilih berbagai spot, mulai dari pantai, bukit, hingga padang rumput untuk menyaksikan matahari terbenam dengan warna-warna mempesona.
  • Sumba punya resort Nihiwatu yang dinobatkan sebagai salah satu terbaik di dunia. Kamu bisa menikmati fasilitas mewah dan pemandangan laut yang indah di sini.
  • Budayanya unik dan kaya. Kamu bisa belajar tentang adat istiadat, sejarah, dan kepercayaan masyarakat Sumba yang masih melestarikan tradisi leluhurnya.
  • Festival-festivalnya seru dan spektakuler. Salah satu festival yang paling terkenal adalah Pasola yangi biasanya diadakan pada bulan Februari atau Maret setiap tahunnya. Selain Pasola, ada juga festival Nyale, yaitu upacara penangkapan cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan dewi laut.
  • Harganya terjangkau. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berlibur ke Sumba. Tiket pesawatnya murah, penginapannya banyak pilihan, transportasinya mudah, dan makanannya tidak mahal. Kamu bisa menikmati semua keindahan dan keunikan Sumba dengan budget yang pas.

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum ke Sumba

  • Tentuin waktu yang pas. Sumba punya dua pemandangan berbeda tergantung musimnya. Kalau mau lihat Sumba yang hijau, datang aja pas musim hujan (Oktober-Maret). Kalau mau lihat Sumba yang coklat, datang pas musim kemarau (April-Oktober). Jangan lupa cek juga jadwal festival-festival adat yang keren saat musim kemarau.
  • Siapkan transportasi yang nyaman. Sumba tidak memiliki transportasi umum yang memadai, jadi kamu harus menyewa kendaraan pribadi untuk menjelajahi pulau ini. Kamu bisa memilih antara mobil atau motor, tergantung dengan preferensi dan budget kamu. Pastikan menyewa kendaraan dari penyedia yang terpercaya dan memiliki surat-surat yang lengkap. Jangan lupa juga untuk membawa SIM dan perlengkapan berkendara yang aman.
  • Pilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan. Sumba memiliki berbagai macam penginapan, mulai dari hotel bintang lima hingga homestay sederhana. Namun, perlu diingat bahwa fasilitas di Sumba mungkin tidak sebaik di kota besar, jadi jangan berharap terlalu banyak. Pastikan juga untuk memesan penginapan jauh-jauh hari, terutama saat musim ramai.
  • Sumba adalah pulau yang masih alami dan belum banyak tersentuh modernisasi. Oleh karena itu, kamu harus membawa perlengkapan yang cukup untuk menunjang aktivitas kamu di sana. Beberapa perlengkapan yang wajib kamu bawa adalah:
    1. Pakaian nyaman berbahan katun atau linen yang menyerap keringat dan tidak panas. Jangan lupa juga untuk membawa jaket atau sweater untuk menghangatkan tubuh saat malam hari.
    2. Sepatu atau sandal yang kuat dan nyaman. Kamu akan banyak berjalan kaki atau naik turun kendaraan saat di Sumba, jadi pastikan kamu memakai alas kaki yang kuat dan nyaman. Hindari memakai sepatu hak tinggi atau sandal jepit yang mudah lepas.
    3. Obat-obatan dan alat kesehatan pribadi. Kamu mungkin akan mengalami masalah kesehatan seperti mabuk perjalanan, diare, demam, atau luka-luka saat di Sumba. Untuk itu, bawalah obat-obatan dan alat kesehatan pribadi seperti antasida, parasetamol, antiseptik, plester, dll.
    4. Sunblock dan perlindungan dari matahari. Sumba memiliki iklim tropis yang panas dan terik, jadi kamu harus melindungi kulit dan mata kamu dari paparan sinar matahari. Bawalah sunblock dengan SPF tinggi, topi, kacamata hitam, dan payung atau sarung tangan untuk menutupi tubuh kamu.
    5. Kamera dan peralatan fotografi lainnya. Sumba memiliki banyak spot fotogenik yang sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa mengabadikan momen-momen indah kamu di sana dengan kamera dan peralatan fotografi lainnya seperti tripod, lensa tambahan, baterai cadangan, dll.

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?