Nuansa Sunda yang Syahdu di Saung Angklung Udjo

Bagi para pecinta musik, Saung Angklung Udjo merupakan destinasi yang sangat menyenangkan. Seperti namanya, Saung Angklung Udjo adalah destinasi yang mengutamakan angklung sebagai ikon. Saung Angklung Udjo menjadi salah satu destinasi yang mengutamakan kelestarian seni budaya Sunda.

Saung Angklung Udjo didirikan oleh Udjo Ngalagena atau yang dikenal dengan mang Udjo yang memiliki kecintaan terhadap kesenian alat musik yang terbuat dari bambu tersebut. Mang Udjo adalah seniman angklung yang sudah akrab dengan angklung sejak usia 4 tahun. Oleh karena itu tidak heran yang kalau beliau sampai mendirikan Saung Angklung ini sebagai bentuk cintanya dan keinginan kuatnya untuk memperkenalkan, mengedukasi dan melestarikan salah satu kesenian Sunda ini.

Ketika berlibur ke Saung Angklung Udjo, kamu akan disajikan dengan suasana sejuk disertai dengan berbagai kerajinan bambu yang dipamerkan, balai pertunjukan, serta workshop tentang berbagai kesenian yang terbuat dari bambu.   

Saung Udjo
via @angklungudjo

Lokasi Saung Angklung Udjo

Bagi kamu yang mencintai music, sudah pasti Saung angklung Udjo masuk ke dalam daftar rencana perjalanan kamu kan? Nah oleh sebab itu, perencanaan perjalanan pun harus dibuat dengan matang supaya perjalanan liburan kamu jadi lebih efektif. Nah untuk mengukur efektivitasnya kamu harus mengetahui lokasi Saung Angklung Udjo terlebih dahulu.

Lokasi Saung angklung Udjo masih berada di kawasan wisata Kota Bandung. Alamatnya yaitu di Jalan Padasuka No. 118 Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Karena masih berada di kawasan Kota Bandung, kamu tidak perlu khawatir untuk berkunjung kesana.  Sudah pasti banyak transportasi yang dapat menjangkau lokasi Saung angklung Udjo.

Nah untuk memudahkan perjalananmu menuju Saung Angklung Udjo, kamu dapat menggunakan alat transportasi umum baik alat transportasi massal maupun alat transportasi seperti taksi online. Jadi tunggu apa lagi? Segera berangkat.

Saung Angklung Udjo Bandung
via @angklungudjo

Harga Tiket & Jam Operasional di Saung Angklung Udjo

Sebagai tempat wisata yang eksklusif dan tentunya tidak dapat kamu temukan di tempat lain, Saung Angklung Udjo juga memberlakukan tiket untuk memasuki saung. Terdapat beberapa harga yang dibedakan berdasarkan hari biasa atau hari libur. Berikut daftar harga tiket untuk memasuki Saung Angklung Udjo.

  • Pengunjung anak hari biasa (domestik) : Rp50.000,00
  • Pengunjung anak hari biasa (mencanegara) : Rp70.000,00
  • Pengunjung anak akhir pekan & hari libur (domestik) : Rp55.000,00
  • Pengunjung anak akhir pekan & hari libur (mancanegara) : Rp80.000,00
  • Pengunjung dewasa hari biasa (domestik) : Rp70.000,00
  • Pengunjung dewasa hari biasa (mancanegara) : Rp110.000,00
  • Pengunjung dewasa akhir pekan & hari libur (domestik) : Rp75.000,00
  • Pengunjung dewasa akhir pekan & hari libur (mancanegara) : Rp120.000,00

Harga tiket untuk sebuah liburan yang eksklusif, harga tersbut tentu sangat terjangkau. Kamu tidak hanya bisa mengenal tapi juga bisa langsung belajar tentang kesenian yang serba bambu di saung angklung Udjo. Tidak ketinggalan, salah satu hal yang wajib kamu perhatikan sebalum berangkat menuju Saung Angklung Udjo adalah mengetahui jam operasionalnya.

Saung Angklung Udjo buka setiap hari mulai pukul 15.30 – 17.00 WIB. Namun untuk jadwal pertunjukan yaitu terbagi antara waktu siang dan sore dan hanya di akhir pekan. Untuk sabtu siang pertunjukan dimulai sejak pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan jam sore yaitu pukul 15.30 WIB. Sedangkan untuk hari minggu jadwal pertunjukan siang dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan jadwal pertunjukan sore mulai pukul 15.30 WIB.

Saung Angklung Udjo
via @angklungudjo

Fasilitas di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo tidak hanya lengkap dalam hal sajian keseniannya, namun fasilitas pendukung yang membuat para pengunjung nyaman pun lengkap. Kamu pun tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke Saung Angklung. Jadi tunggu apa lagi?

1.   Lahan parkir luas

Menyadari bahwa Saung Angklung menjadi destinasi wisata yang banyak digemari masyarakat, pihak Saung angklung pun telah menyediakan lahan parkir yang luas. Jadi meskipun dalam kondisi saung ramai, kamu tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat parker kendaraan.

2.   Toilet

Toilet adalah fasilitas untuk kebutuhan dasar setiap manusia. Menghabiskan waktu di Saung Angklung akan membuat kamu sesekali sudah waktunya buang air. Karenanya toilet yang kamu butuhkan telah disediakan oleh pihak Saung Angklung.

3.   Mushola

Bagi muslim, mengerjakan sholat 5 waktu adalah kewajiban. Oleh karena itu  bagi kamu yang beragama Iislam dan sedang berkunjung ke Saung angklung tidak perlu khawatir. Kamu akan tetap dapat melaksanakan sholat semabri leluasa menikmati liburan di Saung angklung.

4.   Penginapan

Mmenghabiskan waktu di Saung Angklung bagi sebagian orang mungkin akan sangat menyenangkan. Belajar lebih mendalam tentang kesenian berbahan dasar bambu ini tentu akan sangat efektif jika mendalami langsung pada ahlinya. Nah bagi kamu yang tertarik dengan untuk berkegiatan baik sendiri atau berkelompok, kamu juga bisa menginap. Dan tentunya berkoordinasi terlebih dahulu ya dengan pihak Saung Angklung.

5.   Toko souvenir

Berlibur tanpa membawa oleh-oleh tentu akan terasa kurang. Oleh sebab itu jangan lupa untuk berbelanja di toko souvenir di Saung Angklung. Dijamin kamu tidak akan menyesal karena souvenir yang dijual disini unik-unik.

6.   Dapur Udjo

Usai menikmati berbagai pertunjukan dan mengikuti workshop di Saung Angklung Udjo, jangan lupa untuk mampir di Dapur Udjo. Kamu akan disajikan dengan berbagai menu khas tanah Pasundan dengan suasana yang sesungguhnya.

Menikmati Liburan di Saung Angklung Udjo

Menikmati liburan di Saung angklung Udjo dapat kamu lakukan dengan berbagai kegiatan. Selain dapat melihat berbagai jenis karya seni yang dipamerkan, kamu juga dapat mengikuti workshop dan melihat pertunjukan. Tidak lupa kulineran juga tidak ketinggalan di Saung angklung Udjo.

Nah bagi kamu yang ingin menikmati kesenian di Saung Angklung Udjo ini, kamu dapat melihat beberapa pertunjukan yang disajikan. Kamu dapat melihat pertunjukan wayang golek, helaran, angklung orkestra, tari topeng, hingga bermain angklung bersama. Nah bermain angklung bersama inilah yang mungkin sangat seru karena kamu dapat merasakan bermain musik angklung di tempat yang sangat bersejarah bagi alat musik berbahan bambu ini. Apalagi jika memainkannya bersama-sama tentu akan sangat menyenangkan bukan?

Jadi sekarang kamu dapat memulai perencanaan untuk berlibur ke Bandung dan jangan lupa untuk mengunjungi Saung Angklung Udjo. Persiapkan berbagai bekal perjalanan kamu supaya tidak ada kendala selama liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *