Mandi Air Panas di Sari Ater yang Menyegarkan

Berhari-hari menghabiskan waktu untuk bekerja membuat tubuh mudah sekali merasa lelah. Berbagai hal yang dipercaya dapat menghilangkan stres sudah dilakukan namun ternyata hal-hal tersebut lama-kalamaan membosankan. Jadi kadang-kadang terasa lelah juga ya.

Sekali waktu mungkin kamu perlu bepergian jauh untuk mencari suasana baru. Salah satu destinasi yang mungkin cocok untuk kamu kunjungi adalah Sari Ater yang terletak di kawasan Gunung Tangkuban Perahu. Buat kamu yang tinggal di Jawa Barat destinasi ini bisa menjadi pilihan menarik untuk membuat tubuh menjadi segar dan pikiran kembali fresh.

Pemandian Air Panas Sari Ater
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/sukhamoto/

Lokasi Sari Ater

Lokasi Sari Ater berada di kawasan Gunung Tangkuban Perahu tepatnya di kaki gunung. Tepatnya, alamat gunung Tangkuban perahu yaitu di jalan raya Subang Bandung, Desa Ciater, Kecamatan Jalan Cagak di Kabupaten Subang. Jadi lokasinya bukan di Bandung ya tetapi di kabupaten Subang. Apabila alamat tersebut menurut kamu belum bisa kamu jadikan acuan, kamu dapat mencari rute di google map. Atau hal yang paling mudah adalah menghubungi agen wisata kepercayaan kamu untuk dapat mengantarmu secara langsung ke pemandian air panas Sari Ater.

Alamat Sari Ater Subang : Jl. Sari Ater Palasari, Ciater, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281

Transportasi Menuju Sari Ater

Menuju kawasan pemandian air panas Sari Ater sangatlah mudah. Kamu dapat menjangkau kawasan wisata favorit ini dengan berbagai cara. Jika kamu ingin bepergian sendiri tanpa menggunakan agen wisata, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Sari Ater dengan bantuan Google Map. Namun apabila kamu mulai kebingungan jangan lupa bertanya pada orang sekitar ya supaya tidak tersesat.

Selain menggunakan pribadi, kamu yang datang dari luar Kabupaten Subang dengan menggunakan alat transportasi umum juga dapat melanjutkan perjalanan menggunakan alat transportasi umum. Terdapat banyak sekali alat transportasi umum. Namun berikut rute yang dapat kamu tempuh ketika menggunakan transportasi umum menuju Sari Ater di Kabupaten Subang.

Jika kamu menuju ke Ciater setelah berlibur di Bandung, kamu dapat menuju Ciater menggunakan alat transportasi umum dari Bandung. Dari stasiun Bandung kamu turun di bagian pintu utara. Kemudian akmu naik angkot L300 warna krem –hitam yang jurusan Stasiun Hall – Lembang dan turun di Terminal Ledeng. Sesampainya di Terminal Ledeng, kamu naik bis jurusan Bandung – Subang – Indramayu menuju Ciater. Sesampainya di Ciater, kamu dapat menjangau kawasan wisata dengan menggunakan ojek.

Harga Tiket Masuk Kawasan Sari Ater

Sebelum berangkat berlibur, kebutuhan finansial memang harus dipersiapkan sedemikian rupa. Terlebih jika kamu sudah menentukan rencana perjalanan kamu, maka kamu akan lebih mudah menentukan budget liburan. Nah buat kamu yang ingin berlibur ke Ciater, berikut daftar harga tiket masuk kawasan wisata pemandian air panas Sari Ater.

Untuk masuk ke kawasan pemandian air panas Sari Ater, kamu dapat memilih tiket sesuai kebutuhan kamu memasuki kawasan wisata ini. Terdapat beberapa pilihan berikut.

Pengunjung hari biasaRp. 32.000
Pengunjung Akhir PekanRp. 37.000
Parkir motorRp. 20.000
Parkir mobilRp. 30.000
Parkir BusRp. 42.000
Berendam di Kolam MayangsariRp. 45.000
Berendam di Kolam WangsadipaRp. 27.000
Berendam di Kolam PulosariRp. 28.000
Berendam di Kolam LeuwisariRp. 14.000

Nah itulah kisaran harga tiket di pemandian air panas Sari Ater yang dapat berubah sewaktu-waktu. 

Keunikan di Pemandian Air Panas Sari Ater

Sari Ater terkenal dengan pemandian air panas yang memiliki sejarah atau legenda tersendiri. Hal ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Keunikan dari pemandian air panas sari ater adalah terletak di bawah Gunung Tangkuban Perahu? Tahukah kamu tentang Gunung Tangkuban Perahu?

Legenda Gunung Tangkuban Perahu adalah cerita antara Seorang ibu Dayang Sumbi yang dicintai oleh anaknya sendiri yaitu Sangkuriang. Konon Dayang Sumbi adalah anak yang dilahirkan dari kencing ayahnya keturunan kerajaan yang kencing di hutan dan diminum oleh seekor babi hutan betina yang kemudian hamil dayang sumbi. Dayang sumbi menjadi perempuan yang sangat cantik dan diperebutkan oleh semua kerajaan hingga terjadi peperangan. Melihat kondisi tersebut Dayang Sumbi memohon kepada ayahnya untuk tinggal menyendiri di hutan. Ayahnya pun mengizinkan dan mengirim Dayang Sumbi ke hutan bersama anjing jelmaan dewa yang bernama Tumang.

Suatu ketika dayang sumbi menenun dan sangat mengantuk. Akibatnya alat tenun dayang sumbi jatuh dan karena sangat mengantuk Dayang Sumbi bersumpah bahwa siapapun yang mengambilkan alat tenunnya, dayang sumbi akan menikahinya. Tanpa disangka, Tumang seekor anjing jelamaan dewa lah yang mengambilkan alat tenunnya. Demi memenuhi sumpahnya akhirnya dayang sumbi menikah dengan Tumang dan kemudian melahirkan seorang anak yang diberi nama Sangkuriang.

Singkat cerita, Tumang terbunuh oleh Sangkuriang tanpa sengaja ketika berburu hati rusa. Dayang sumbi yang murka membuat Sangkuriang marah dan pergi. Dayang Sumbi melanjutkan kehidupan dengan bertapa yang membuatnya tidak akan pernah terlihat tua. Hingga suatu ketika Sangkuriang dewasa bertemu Dayang sumbi dan saling jatuh cinta. Dayang Sumbi dan Sangkuriang berniat menikah namun dayang sumbi tiba-tiba menemukan luka yang membuatnya menyadari bahwa calon suaminya itu adalah putranya Sangkuriang.

Sangkuriang yang terlanjur jatuh cinta pun memaksa untuk tetap menikahi Dayang Sumbi. Melihat hal tersebut Dayang Sumbi meminta syarat kepada Sangkuriang untuk dibuatkan Danau dengan perahu dalam waktu semalam. Sangkuriang hampir menyelesaikan pekerjaannya namun Dayang Sumbi memohon kepada dewa supaya menggagalkan pekerjaan Sangkuriang. Permohonan Dayang Sumbi dikabulkan dan Sangkuriang marah. Perahu yang telah dibuatnya dilempar hingga terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Villa di Sari Ater

Untuk berlibur ke Sari Ater tentunya kamu membutuhkan akomodasi untuk menginap atau sekedar beristirahat di malam hari. Nah berikut ini kami ulas beberapa Villa yang bisa kamu sewa saat travelling ke Sari Ater Subang.

1.   Villa Sari Ater

Villa Sari Ater merupakan salah satu villa favorit bagi para wisatawan. Villa ini menyajikan pemandangan yang luar biasa dengan desain yang elegan dan modern. Nah, buat kamu yang menyukai kesan villa yang elegan, villa ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Selain dekat dengan Pemandian air panas, villa ini juga dekat dengan kawasan wisata lain di sekitarnya.

2.   Villa Marbella Twin Waterfall

Villa ini merupakan villa yang memiliki desain klasik namun tetap asik. Karenanya villa ini banyak disukai oleh para wisatawan. Selain itu harganya yang cukup terjangkau dengan fasilitas yang lengkap menjadikan villa ini rujukan para wisatawan.

Marbella Twin Waterfal
Sumber gambar : Traveloka

3.   Villa Pondok Neglasari

Villa Pondok Neglasari menjadi salah satu villa yang banyak disukai pengunjung. Pasalnya letak villa ini sangat dekat dengan kawasan wisata pemandian air panas Ciater. Tidak hanya itu, harga sewa villa yang sangat miring disbanding villa yang lain membuatnya menjadi tujuan favorit wisatawan yang ingin menginap.

Pondok Negla Sari, Ciater
Sumber gambar : Traveloka

4.   Villa Sasky

Bagi kamu yang berkunjung ke Sari Ater beserta rombongan, villa Sasky ini dapat menajdi pilihan. Villa Sasky dilangkapi dnegan 2 kamar tidur dan failitas lainnya membuat liburanmu dan rombongan semakin nyaman. Desainnya yang mirip skandinavian membuat kamu dan rombongan semakin senang berlibur.

Villa Sasky Ciater
Foto : Traveloka

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?