Pantai Pasir Timbul, Keajaiban Alam Lainnya Dari Raja Ampat

0
Pantai Pasir Timbul, Keajaiban Alam Lainnya Dari Raja Ampat
Raja Ampat memang memiliki banyak sekali keajaiban alam yang indah, bahkan keindahannya pun telah membawanya hingga ke mata dunia. Surga dunia di tanah Papua ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit, tak hanya bagi wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Tak hanya mampu menyajikan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan, Raja Ampat juga memiliki pesona lain yang tak kalah menawan. Salah satu keajaiban alam yang ada di Raja Ampat adalah adanya hamparan pasir timbul yang muncul ketika waktu-waktu tertentu saja, tepatnya saat air laut sedang surut. Hamparan pasir timbul ini kini banyak sekali dikunjungi wisatawan. Destinasi wisata yang satu ini memang sedang naik daun, tak heran jika banyak guide yang merekomedasikan tempat ini ke banyak wisatawan yang sedang berkunjung ke Raja Ampat.
Hasil gambar untuk pantai pasir timbul waisai
sumber: Triptus
Pantai pasir timbul ini berada cukup dekat dengan kota Waisai, dan masih satu wilayah dengan Pulau Waigeo. Sesuai dengan namanya, pantai pasir timbul ini merupakan sebuah pulau kecil yang hanya terdiri dari pasir dan muncul saat kondisi air laut sedang surut. Sehingga jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, anda harus menemukan waktu yang tepat untuk bisa sampai ke pulau ini. Biasanya banyak pengunjung yang datang untuk bermain ataupun hanya duduk-duduk santai di permukaan pasir putih sambil menikmati pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

Tampakan Alam Pantai Pasir Timbul

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun pulau pasir ini menjadi salah satu wisata terbaik yang bisa anda kunjungi saat berada di Waisai. Pasir pantainya yang berwarna putih serta dihiasi dengan hamparan lautnya yang biru membuat tempat ini semakin eksotis. Air di sekitarnya cukup dangkal, sehingga pengunjung yang datang dapat berenang denya nyaman di sekitarnya. Bahkan kapal-kapal dapat mendekati pulau tanpa perlu kesusahan. Karena keunikannya, banyak sekali wisatawan yang menyempatkan diri datang ke pasir timbul ini. Namun saat pasang, otomatis pulau ini akan lenyap.

Daya Tarik Utama

Daya tarik utama yang ada di pulau pasir timbul ini terletak pada pantainya, dimana wisatawan yang dayang bisa bermain air, berenang, hingga snorkeling. Airnya yang tenang dan dangkal memang memungkinkan anak-anak sekalipun untuk bermain air di tempat ini. Itu artinya, pantai ini aman bagi segala jenis kegiatan apapun, baik dewasa maupun anak-anak. Ukuran pantai ini sekitar 100-150 m2 dan hanya memang memiliki hamparan pasir putih serta pantainya yang menakjubkan. Tak ada hewan maupun tumbuhan yang terlihat di sekitaran pulau. Satu-satunya hiasan yang ada di tempat ini adalah kerang-kerang kecil yang berserakan di sekitar pantai. Pemandangan dari ombak dan sinar matahari yang sangat cerah menjadi daya tarik tersendiri yang ada di pantai ini. Tak heran jika wisatawan yang menggemari fotografi sangat ramai mengunjungi wisata yang satu ini.

Di tempat ini, anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling yang menyenangkan. Ada banyak biota-biota laut seperti ikan-ikan cantik yang berenang kesana kemari menghiasi pemandangan bawah lautnya. Selain itu, karang-karang laut dengan berbagai bentuk dan warna melengkapi pemandangan yang ada di dasar laut. Sungguh menjadi pemandangan air dangkal yang sangat mempesona. Pantai ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk melihat pemandangan matahari terbit dan terbenamnya yang sangat menakjubkan. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen-momen terbaik saat berada di tempat ini. Namun saat air mulai pasang, akan lebih baik untuk segera kembali karena permukaan pasir mulai tertutupi dengan air.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Sebenarnya sanggat mudah untuk mencapai lokasi pantai pasir timbul ini, apalagi bagi mereka yang berada di Provinsi Papu Barat. Jika anda berasal dari provinsi luar, maka anda bisa menggunakan pesawat terbang yang menuju Kota Waisai. Sesampainya di Bandara Marinda, anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya yaitu Pelabuhan Waisai. Dari sini anda bisa menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk bisa sampai ke pasir timbul ini karena memang tempat wisata ini hanya akan terlihat saat kondisi air sedang surut. Alternatif lainnya, anda dapat menggunakan kapal dari Sorong menuju Waisai dan kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan speedboat menuju Pantai pasir timbul.

Hasil gambar untuk pantai pasir timbul waisai
sumber: Tajuk Timur
 
Meskipun tempat wisata ini berukuran kecil dan hanya dapat dinikmati sesaat, namun anda bisa melihat keindahan alam yang berbeda dari Raja Ampat. Anda bisa mencoba berkunjung ke tempat ini saat berada di Waisai. Jika anda berencana untuk berkunjung ke Pantai pasir timbul ini, anda bisa mencoba merencanakan dari dini sehingga momen liburan yang anda inginkan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Anda juga dapat mencoba paket wisata ke Raja Ampat yang akan membantu anda untuk mengeksplor lebih dalam lagi tentang keindahan alam yang ada di Raja Ampat.

LEAVE A REPLY