Paket Tour Wisata Turki | Panduan Wisata Ke Turki 2023

Turki merupakan salah satu negara yang terkenal sebagai pusat sejarah. Di negara ini kamu bisa menemukan berbagai sejarah peradaban Islam. Banyak wisatawan yang datang ke Turki karena ingin melihat seperti apa sejarah dan perkembangan Islam di jaman dulu.

Bahkan Turki juga menjadi lokasi untuk mengenang Baginda Nabi Muhammad. Kamu bisa menemukan beberapa peninggalan nabi seperti yang ada di museum Topkapi. Setiap tahun negara tersebut selalu menerima ratusan ribu atau bahkan jutaan wisatawan dari berbagai negara di dunia.

Mereka yang datang ke Turki kebanyakan ingin mengunjungi tempat wisata bernuansa religi di sana. Itulah mengapa banyak yang mengambil paket tour ke Turki.

paket wisata turki

Daftar Isi Artikel

Paket Tour Wisata Ke Turki 2023

Menikmati wisata ke Turki bersama Doyan Jalan di tahun 2022 dan 2023 menjadi pilihan terbaik untuk mu. Yuk simak detailnya berikut ini

Itinerary Tour ke Turki 2023

HARI 1 : JAKARTA – ISTANBUL ( Meals on Board)

Meeting point di T3 Bandara Soekarno-Hatta. Melakukan check-in pesawat, proses bagasi dan imigrasi Take off menuju Istanbul Airport

HARI 2 : ISTANBUL – BURSA

Setibanya di ISTANBUL kita akan langsung menuju Kota Bursa. Setelah makan siang kita akan melewati OSMANGAZI BRIDGE. Kemudian peserta akan mengunjungi GRAND MOSQUE, GREEN MOSQUE, GREEN TOMB. Setelah makan malam di Local Restaurant kita beristirahat di Hotel BURSA.

HARI 3 : BURSA – KUSADASI

Setelah sarapan di Hotel kita akan mengunjungi Toko Local Produk TURKISH DELIGHT (Munira) dan melanjutkan perjalanan menuju KUSADASI kita akan mampir Isabey Camii. Kemudian makan malam dan beristirahat di Hotel KUSADASI

turkish Delight

HARI 4 : KUSADASI – PAMUKKALE

Setelah sarapan di Hotel kita akan mengunjungi dan menyaksikan FASHION SHOW di TURKISH LEATHER FACTORY. Kemudian kita akan mengunjungi KOTA KUNO EPHESUS. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju PAMUKKALE untuk mengunjungi TURKISH TEXTILE FACTORY OUTLET, yang terkenal murah dengan qualitas export . Kemudian mengunjungi HIERAPOLIS dan COTTON CASTLE dimana kita bisa merendam kaki dengan Air Thermal yang baik untuk kesehatan. Kemudian menginap dan makan malam Buffet di Hotel PAMUKKALE.

HARI 5 : PAMUKKALE – KONYA – CAPPADOCIA

Setelah sarapan di Hotel perjalanan dilanjutkan menuju kota tempat lahirnya ajaran SUFI, KONYA untuk mengunjungi Makam serta Museum MEVLANA JALALUDIN RUMI. Kemudian kita akan photo stop di SULTANHANI CARAVAN SARAI yaitu traditional hotel pada zaman jalur sutra. Makan malam Buffet dan Beristirahat di Hotel CAPPADOCIA.

HARI 6 : CAPPADOCIA

Hari ini kita berkesempatan untuk berpetualang seru dengan naik HOT AIR BALLOON ( Optional ) . Kemudian kembali ke Hotel dan setelah sarapan kita akan City Tour Cappadocia mengunjungi CAMEL VALLEY, PIGEON VALLEY, UCHISAR CASTLE, UNDERGROUND CITY serta Mengunjungi tempat pembuatan KERAMIK, PERHIASAN dan KARPET TRADISIONAL TURKI. Sore hari anda akan dapat JEEP SAFARI ( Optional ) Kemudian Makan malam Buffet dan beristirahat di Hotel

HARI 7 : CAPPADOCIA – ANKARA – ISTANBUL

Setelah sarapan di Hotel kita akan melanjutkan perjalanan untuk photo stop di Danau Garam TUZGOLU kemudian melanjutkan perjalanan ke Ibu Kota TURKI yaitu ANKARA untuk makan siang dan Mengunjungi MUSEUM dan MAKAM MUSTAFA KEMAL ATTATURK kemudian kembali ke ISTANBUL untuk makan malam dan beristirahat di Hotel ISTANBUL

HARI 8 : ISTANBUL

Setelah sarapan di Hotel kita menuju ORTAQOY VILLAGE, SULEYMENIE MOSQUE AYYUB AL ANSHARI, Kemudian kita akan menikmati keindahan GOLDEN HORN yang terbentang diantara benua ASIA & EROPA dengan BOSPHORUS CRUISE (Private Boat dan juga berkesempatan untuk berbelanja di GRAND BAZAAR dan kembali ke Hotel Setelah Makan Malam

HARI 9 : ISTANBUL – TRANSFER AIRPORT

Pagi hari ini setelah sarapan kita akan Check-out Hotel. Ke museum sejarah kesultanan Ottoman yang termasyur TOPKAPI PALACE dan SHALAT di HAGIA SOFIA CAMII kemudian berphoto di SULTAN AHMED SQUARE. Kemudian Kita akan mengunjungi BLUE MOSQUE, dan HIPPODROME SQUARE. Setelah makan siang kita akan mengunjungi TAKSIM SQUARE. Peserta akan diantar kembali ke Airport setelah makan malam.

HARI 10 : JAKARTA (Meals on Board)

Dijadwalkan Tiba di Jakarta

Jadwal Keberangkatan dan Harga Paket Tour Turki 2023

Nama PaketJadwal Trip TurkiHarga
11 September 2022Rp. 15.900.000/Pax
28 Oktober 2022Rp. 15.900.000/Pax
27 November 2022Rp. 16.900.000/Pax
25 Desember 2022Rp. 24.900.000/Pax

Fasilitas Tour Turki Spesial 2023

Dari harga yang kamu bayarkan di atas. Berikut fasilitas yang akan kamu dapatkan.

Include

  • Tiket pesawat Turkish Airlines (Jakarta –
  • Istanbul – Jakarta) – DIRECT FLIGHT TANPA
  • TRANSIT
  • Hotel bintang 5 atau setara
  • Makan sesuai itinerary
  • Tour & tiket wisata sesuai itinerary
  • Transportasi sesuai itinerary
  • Air mineral 1 botol per hari
  • Private Bosphorus Cruise

Exclude

  • Tipping USD 70
  • Asuransi (tidak wajib)
  • Optional Tour (Balon Udara, Jeep Safari)
  • Hal-hal yang tidak disebutan diatas

Catatan

  • Harga untuk keberangkatan dari Jakarta dengan pesawat
  • Paspor berlaku minimal 6 bulan

Terms and Conditions

  • Jika terjadi perubahan regulasi dikarenakan masa pandemi Covid-19, segala bentuk perubahan harga yang diakibatkan dari regulasi tersebut merupakan tanggung jawab dari customer
  • Segala macam bentuk kejadian force majeur (bencana alam, pandemi, kecelakaan, dll) sebelum dan selama tour berlangsung, bukan merupakan tanggung jawab penyelenggara.
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Silahkan hubungi kami untuk cek harga terbaik.

Panduan Wisata ke Turki

Sebelum berlibur ke suatu tempat, pastinya ada banyak hal yang harus kamu siapkan, termasuk ketika ingin datang ke Turki. Kamu perlu mempertimbangkan serta menyiapkan segala hal yang kamu butuhkan.

Jangan sampai liburanmu terganggu karena ada sesuatu yang lupa kamu bawa. Pembahasan tentang panduan wisata ke Turki bisa kamu dapatkan dengan mengikuti informasi berikut.

Tempat Wisata Menarik di Turki

Berikut ini beberapa lokasi terbaik yang bisa kamu kunjungi ketika memilih paket tour ke Turki. Pastikan kamu memilih tempat wisata yang akan membuat liburanmu berkesan. Bahkan mungkin kamu ingin mengunjunginya lagi.

1. Istanbul

Tentu saja tempat pertama yang harus kamu kunjungi adalah kota Istanbul. Sebuah kota yang sangat terkenal akan sejarahnya ini selalu menjadi tujuan utama wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Apa pun yang kamu inginkan di sini sudah tersedia.

Kamu bisa mengunjungi tempat bersejarah, kuliner khas, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Semuanya tersedia di kota tersebut. Kamu bisa memanfaatkan transportasi umum untuk mengunjungi lokasi yang kamu inginkan karena biayanya cukup terjangkau.

kota istanbul

2. Mesjid Hagia Shopia

Dulu tempat ini merupakan gereja Ortodoks yang selanjutnya berubah menjadi mesjid. Sekarang Hagia Sophia Mosque ini berubah menjadi museum. Di tempat ini kamu akan melihat betapa indahnya gabungan antara dua budaya, dua agama, serta dua benua.

Bahkan kamu juga akan menemukan gambar Yesus Kristus yang tempatnya bersebelahan dengan kaligrafi Allah. Amazing, bukan? Mesjid Hagia Sophia sering menjadi salah satu pilihan paket tour ke Turki. Banyak yang penasaran dengan tampilan bangunan yang mungkin sebelumnya hanya bisa disaksikan melalui film atau gambar.

3. Hippodrome

Tempat ini lokasinya ada di alun-alun Blue Mosque dan menjadi saksi kejadian di masa lalu. Hippodrome dulu merupakan arena perkelahian para gladiator terkenal. Selain itu, tempat ini juga menjadi saksi balap kuda sampai peristiwa berdarah.

Hippodrome merupakan lokasi tempat berkumpul pada zaman Bizantium. Bagi yang berminat mengunjungi tempat wisata bernuansa sejarah, tempat ini sangat cocok. Kamu juga sekaligus napak tilas tentang kejadian di masa lalu untuk semakin menambah wawasanmu.

4. Blue Mosque

Turki memang terkenal sebagai tempat terbaik untuk mengunjungi tempat wisata religi. Kamu bisa mengunjunginya bersama keluarga dan tidak jarang negara ini menjadi pilihan untuk berbulan madu karena keindahan tempat wisatanya. Negara tersebut juga masuk kategori destinasi wisata di Eropa yang low season.

Kamu akan menemukan banyak mesjid megah nan indah. Jangan sampai kamu melewatkan momen yang sulit datang dua kali ini. Salah satu mesjid yang terkenal di Turki yaitu Blue Mosque yang ada di Kota Istanbul.

Sesuai namanya, mesjid tersebut berhiaskan keramik berwarna biru yang menutupi kubah serta dindingnya. Blue Mosque juga mempunyai enam menara dan membuat tampilannya semakin indah. Bagi para wisatawan muslim, jangan sampai tidak mengunjungi mesjid tersebut.

Kamu juga bisa sekaligus istirahat dan shalat di sini. Pengalaman religi  yang kamu dapatkan tentu tidak akan kamu lupakan. Sebuah masjid yang sangat megah dan cantik dan kerap menjadi destinasi utama wisatawan muslim dari berbagai dunia.

5. Green Mosque

Turki memang terkenal sebagai tempatnya wisata religi. Di Green Mosque kamu juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata religi dan bersejarah. Di sini adalah mesjid dan sekaligus merupakan tempat pemakaman para sultan.

Sultan Mehmed I serta keluarga kerajaan dimakamkan di sini. Kemudian untuk bagian luar mesjid berlapis ubin berwarna hijau-biru. Inilah yang membuat mesjid tersebut mendapat julukan sebagai Green Mosque. Mengunjunginya akan membuatmu memahami sejarah tentang keindahan tempat-tempat bersejarah yang terkenal di dunia.

6. Turkish Delight

Berlibur ke suatu tempat atau negara memang kurang pas tanpa menikmati makanan khas dan unik dari negara tersebut. Salah satu lokasi yang kami rekomendasikan yaitu Turkish Deligh Factory. Di tempat ini kamu bisa menikmati seperti apa kelezatan dari permen hazelnut.

Sebuah permen yang terbuat dari berbagai bahan berkualitas. Selain dapat menyantap camilan lezat yang memanjakan lidah, di sini kamu juga akan memperoleh pelayanan terbaik. Setiap wisatawan yang datang ke Turkish Delight Factory akan memperoleh pelayanan sangat ramah.

Di sini kamu akan benar-benar merasa nyaman. Mungkin saja kamu tidak ingin cepat-cepat beranjak dari Turkish Delight Factory karena kelezatan camilan dan kualitas pelayanannya.

7. Leather Factory Outlet

Setelah puas menikmati makanan lezat di Turkish Delight Factory, kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju Leather Factory. ini adalah sebuah lokasi di mana kamu bisa memperoleh berbagai barang berkualitas.

Kamu bisa mengunjungi tempat tersebut untuk memperoleh kain Turki berkualitas. Banyak wisatawan yang ketika berlibur ke Turki tidak melewatkan kesempatan untuk datang ke Leather Factory Outlet.

Silakan membeli beberapa barang berkualitas untuk kamu jadikan koleksi pribadi atau kenang-kenangan bahwa kamu pernah berlibur ke Turki. Bisa juga dengan memberikannya sebagai oleh-oleh untuk orang-orang terdekatmu.

8. Ephesus Ancient Greek Roman City

Berikutnya ada Ephesus Ancient Greek Roman City. Jika kamu menginginkan tempat wisata bernuansa sejarah maka tempat ini pasti tidak akan mengecewakan. Ephesus dulu adalah kota Yunani Kono.

Namun kota tersebut direbut dan berada di masa kejayaannya di masa Kerajaan Romawi. Lalu apa yang bisa kamu nikmati ketika berlibur ke Ephesus? Tentu saja bangunan bersejarah yang sangat indah. Kamu bisa melihat Odeon Theatre serta Celsus Library.

Celcus Library adalah reruntuhan bangunan di mana dulunya merupakan perpustakaan terbesar ketiga di masanya. Meskipun sudah tidak utuh lagi, namun bentuk pilar di depannya masih tetap berdiri secara kokoh serta megah.

Sementara Odeon Theatre merupakan teater terbuka yang merupakan tempat pertemukan wakil rakyat. Tempat tersebut juga menjadi aula yang kerap digunakan sebagai tempat pertunjukan konser musik di zaman dulu. Menikmati wisata di Ephesus akan membuat merasa puas. Jangan lupa untuk berfoto karena di Ephesus banyak spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan.

9. Pamukkale

Setelah mengunjungi Ephesus mungkin kamu butuh istirahat untuk merefresh pikiran dan tenagamu. Kamu bisa mengunjungi tempat berikutnya yang bernama Pamukkale. Ini adalah pemandian air panas terkenal di Turki.

Kamu bisa mandi sepuasnya sambil menikmati pemandangan kolam yang mengagumkan. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan pemandangan kota tua bernama Hierapolis Ancient City. Ini merupakan sebuah kota peninggalan Romawi yang masih terjaga hingga sekarang.

Kemudian untuk warisan alam di Pamukkale adalah Cotton Caste. Tempat ini dulu merupakan tempat air panas. Hal lain yang menarik dari Pamukkale adalah kolamnya yang terlihat hampir sama seperti salju.

Namun warna putihnya berasal dari logam kalsium yang telah mengeras. Tempat ini juga merupakan salah satu lokasi yang instagramable. Jadi jangan sampai melewatkan Pamukkale, apalagi kabarnya mata air di tempat ini mampu menyembuhkan kulit serta membuat tubuhmu kembali segar dan siap untuk mengunjungi tempat wisata yang lain.

10. Hierapolis Ancient City

Seperti yang telah kami jelaskan Hierapolish Ancient City adalah kota tua yang dulu peninggalan Romawi. Jika kamu perhatikan sekelilingnya kota ini benar-benar sangat unik. Kamu bisa mengamati dari atas dan melihat keindahan dari kota tersebut.

Banyak yang memanfaatkannya sebagai spot foto karena Hierapolish Ancient City adalah tempat yang instagramable. Waktu terbaik mengunjunginya adalah sore hari. Mengapa? Karena kamu juga akan disuguhkan pemandangan matahari terbenam yang membelakangi kota tersebut. Pasti pemandangannya akan sangat indah.

11. Cotton Castle

Cotton Castle merupakan salah satu tempat bersejarah yang juga kerap menjadi pilihan ketika mengambil paket tour ke Turki. Dulunya tempat tersebut adalah pemandian air panas yang memiliki keunikan tersendiri dari tempat yang lainnya.

Warna kolam yang seperti salju memberikan kesan tersendiri bagi siapa pun yang datang ke Cotton Caste. Setiap hari tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, baik yang hanya sekadar berfoto maupun mandi di pemandian air hangat.

12. Cleopatra Ancient Pool

Menurut sejarah, Cleopatra Ancient Pool ini merupakan hadiah yang diberikan Marc Anthony pada Cleopatra. Keindahan kolamnya tetap bisa kamu rasakan hingga sekarang. Airnya yang sangat jernih dan segar akan membuatmu semangat lagi untuk melanjutkan liburan ke tempat wisata berikutnya.

Nikmati berenang di sumber mata air panas Hierapolis. Orang-orang yang berlibur ke Pamukkale tidak akan melewatkan kesempatan mereka untuk datang ke kolam bersejarah ini. Selain itu, fasilitas yang ada di sekitar kolam juga cukup lengkap.

13. Textile Factory Outlet

Negara ini juga terkenal di dunia fashion. Bahkan terdapat banyak produk asal Turki yang terkenal di Indonesia. Ketika liburan ke Turki, jangan lupa mengunjungi Textile Factory Outlet. Sebuah pusat tekstil yang terkenal di mana kamu bisa menemukan bermacam-macam bahan pakaian.

Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Mungkin kamu bisa membeli bahan tersebut di Indonesia. Namun harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan membelinya secara langsung. Apalagi di Textile Factory Outlet ini kamu akan mendapatkan lebih banyak pilihan motif.

Usahakan jangan membeli satu motif atau bahan saja. Kenapa? Karena disayangkan melewatkan kesempatan untuk membeli bahan pakaian berkualitas langsung dari tempatnya.

14. Konya

Jika kamu mengunjungi Turki, jangan lupa mengunjungi Konya. Salah satu kota terkenal selain Istanbul yang harus kamu kunjungi. Suasana kota yang nyaman memberikan kesan tersendiri bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Di Konya kamu juga bisa berburu kuliner khas Turki. Banyak tempat yang menjual kuliner yang lezat dan khas. Harganya pun juga cukup terjangkau sehingga jangan sampai kamu melewatkannya. Bukan hanya itu, di kota tersebut kamu juga bisa berburu oleh-oleh khas.

Beberapa toko yang merupakan pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Turki tersedia. Kamu bisa membeli aksesori untuk kamu bawa pulang sebagai koleksi pribadi maupun hadiah bagi teman atau saudaramu.

15. Mevlana Museum

Tempat berikutnya ada di Kota Konya. Bagi yang belum tahu, kota ini terkenal dengan toko sufi yang namanya masyhur di seluruh dunia. Setiap hari banyak wisatawan yang mengunjungi Mevlana Museum.

Museum tersebut merupakan makam dari seorang toko muslim yang sangat berpengaruh di Turki. Dia bernama Jalal Ad Din Muhammad Rumi. Mereka yang datang ke museum tersebut biasanya untuk berziarah.  Namun di sana juga ada beberapa lokasi yang tepat untuk mengabadikan momen liburanmu.

16. Cappadocia

Tempat wisata berikutnya yang juga harus kamu kunjungi yaitu Cappadocia. Salah satu destinasi wisata para wisatawan dari berbagai dunia. Mereka terkesima dengan seperti apa pemandangan yang disajikan di sini.

Cappadocia berlokasi di provinsi Devsheri. Di sini kamu akan disuguhkan oleh bangunan kuno khas Turki. Banyak yang memanfaatkannya untuk berfoto karena suasana di sini memang cukup berbeda. Apalagi banyak lokasi yang instagramable sehingga tidak boleh kamu lewatkan.

Ketika berkunjung ke Cappadocia kamu juga akan menemukan situs bebatuan sangat unik. Di sana juga terdapat beberapa bangunan seperti menara dan rumah yang terbuat dari batu.

17. Caravanserai Sulhanhani

Turki merupakan negara yang terkenal karena menawarkan banyak tempat menarik. Salah satu lokasi yang harus kamu kunjungi adalah Caravanserai Sulhanhani. Di sini kamu akan mendapatkan sebuah tempat untuk para musafir.

Lokasi yang nyaman dengan pemandangan yang tenang membuatmu bisa beristirahat sejenak di sini. Pada masanya, Caravanserai Sulhanhani menawarkan makanan serta minuman bagi para pengunjungnya, termasuk hewan yang menjadi tunggakan mereka pada jaman dulu.

Biasanya para musafir tersebut memanfaatkan Caravanserai Sulhanhani untuk beristirahat serta shalat. Sekarang lokasinya tetap terjaga sehingga kamu tetap bisa merasakan seperti apa suasana ketenangan yang ada di tempat tersebut.

paket wisata ke turki

18. Air Balon di Cappadocia

Selain menikmati pemandangan yang indah dan bangunan yang khas, Cappadocia juga menawarkan aktivitas lain yang tidak kalah seru. Biasanya para turis yang datang ke sini akan disuguhkan atraksi balon udara. Keseruan pun semakin kamu rasakan karena di sini cukup ramai. Pasti kamu ingin berlama-lama di Cappadocia dan menikmati berbagai aktivitas menarik di kota tersebut.

Paket tour ke turki

19. Carpet Factory

Peket tour ke Turki berikutnya yaitu mengunjungi Carpet Factory. Negara Turki memang terkenal karena memproduksi karpet berkualitas. Bahkan karpetnya pun menyebar di berbagai negara, khususnya negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam, seperti Indonesia.

Karpet buatan Turki terkenal akan kualitas bahannya. Selain itu, motifnya pun juga beragam dan terlihat sangat menawan. Kamu bisa membandingkan kualitas karpet Turki dengan yang lain. Karpet buatan Turki memiliki nilai keindahan tersendiri dan memberikan mewah jika kamu memasangnya di ruangan tertentu seperti ruang tamu.

Memang dari segi harga, karpet tersebut lebih mahal. Namun harganya sesuai dengan kualitas yang kamu dapatkan. Jika kamu membelinya di Carpet Factory, kemungkinan kamu akan memperoleh penawaran yang lebih menarik. Bisa jadi kamu bisa membeli karpet berkualitas dengan harga yang terjangkau.

20. Underground City Cappadocia

Setelah mengunjungi Konya, tempat berikutnya adalah Underground City Cappadocia dalam paket tour ke Turki. Ini merupakan sebuah kota bawah tanah yang mempunyai serangkaian lorong yang cukup misterius.

Jika kamu penasaran, kamu bisa mengunjungi lorong-lorong tersebut. Nanti kamu akan menemukan tempat kerja, tempat tinggal, sistem transit, tempat belanja, gudang anggur, sampai saluran drainase. Sangat unik, bukan?

wisata ke turki

21. Derbent Valley

Masih tentang tempat wisata di Cappadocia, kali ini ada Derbent Valley atau Lembah Unta. Berbeda dengan lembah pada umumnya, lembah di sini tidak pernah dihuni oleh manusia. Kamu juga tidak akan menemukan gereja atau kastil kuno.

Namun ada yang menarik dari lembah tersebut. Sebuah bebatuan yang berwarna pink uar biasa serta anomali geografis yang membentuk sebuah erosi selama ratusan tahun. Tidak sedikit yang menyebut tempat ini sebagai Moonscape atau Landsekap Lunar. Kamu bisa menikmati pemandangan dari atas sekaligus mengabadikan momen liburanmu.

22. Avanos Pottery Atelier

Setelah puas dengan Derbent Valley, destinasi paket tour ke Turki berikutnya adalah Avanos Pottery Atelier. Tempat ini terkenal akan kerajinan tangan yang sangat indah. Bahannya pun langsung diambil dari Red River atau sungai Kizilirmak.  Kamu juga akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah di mana banyak tembikar yang dipajang sebagai koleksi.

23. Gorome Town

Negara Turki memang selalu memiliki kejutan untuk siapa pun yang mengunjunginya. Termasuk sebuah kota bersejarah bernama Gorome Town ini. Kamu akan langsung kagum ketika pertama kali menginjakkan kaki di kota yang berlokasi di Kapadokia ini.

Sebuah bangunan unik yang merupakan formasi bebatuan. Kota ini dulu adalah peninggalan bangsa Romawi yang berbentuk rumah serta gereja. Di gua tersebut juga terdapat lukisan maupun gambar langit-langit yang melengkung.

Mengunjungi Gorome Town memberikan kesan tersendiri. Sekali lagi, sebelum mengunjungi tempat wisata lainnya jangan lupa foto. Meskipun tidak sepopuler tempat wisata yang lainnya, Gorome Town memberikan keindahan yang pastinya membuatmu tidak bisa melupakannya.

24. Gorome View Point

Tempat yang juga harus kamu kunjungi yaitu Gerome View Point. Sebuah desa yang sangat indah dengan berbagai pemandangan alam yang pasti membuatmu kagum. Pemandangan alam berupa bebatuan yang unik membuatmu ingin melihatnya lebih dekat.

Selain itu, ada juga gereja-gereja dari batu serta lukisan dinding. Tempat bersejarah ini masih terjaga hingga sekarang sehingga jangan sampai melewatkan keindahannya.

25. Uchisar Citadel

Membahas tempat wisata Turki memang tidak lepas dari lokasi yang bukan hanya bersejarah melainkan memiliki nilai keunikan tersendiri. Termasuk dengan istana batu Uchisar Citadel yang berlokasi di Kapadokia.

Tempat ini sangat megah serta artistik. Sebuah lokasi yang menawarkan banyak hal menarik bagi para wisatawan. Suasana yang menyejukkan hati menjadi tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran. Jika beruntung, kamu juga bisa melihat pelangi yang sangat indah membentang di sini.

26. Pigeon Valley

Pengalaman berikutnya ketika memilih paket tour ke Turki adalah Pingeon Valley. Kamu akan disuguhkan keindahan rumah burung merpati. Pemandangannya pun sangat indah.

Selain itu, kamu juga akan melihat banyak merpati yang beterbangan. Salah satu destinasi wisata unik yang juga sering menjadi tujuan dalam paket wisata turis dari berbagai penjuru dunia.

27. Turquoise Factory

Destinasi paket tour ke Turki berikutnya adalah Turqoise Factory. Tempat ini juga kerap masuk ke dalam paket liburan ke Turki, terutama wisatawan yang ingin menelusuri keindahan di Cappadocia. Lalu apa yang bisa kamu dapatkan di Turqoise Factory?

Kamu bisa membeli berbagai aksesori cantik dan khas. Aksesori tersebut terbuat dari batuan langka sehingga hanya kamu dapatkan di Turki. Maka dari itu jangan sampai melewatkan momen liburanmu ke Turqoise Factory dan pastikan membeli beberapa aksesori untuk kamu bawa pulang.

28. Ankara

Bagi yang belum tahu, Ankara adalah ibu kota Turki setelah Konstatinopel atau yang disebut juga Istanbul di tahun 1923. Sama dengan kota-kota lainnya, Ankara juga mempunyai banyak tujuan wisata menarik dan jangan sampai kamu melewatkannya.

Di Ankara juga menjadi lokasi menarik bukan hanya sekadar mengunjungi tempat wisata bersejarah. Kamu juga bisa mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan atau tempat makan untuk mencicipi kelezatan makanan di negara Turki.

29. Mausoleum of Ataturk and Museum

Bagi yang hobi berwisata religi, selain mengunjungi Topkapi, salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Mausoleum of Ataturk and Museum. Sebuah lokasi tempat pemakaman dari tokoh kemerdekaan Turki dan termasuk mantan presiden di negara tersebut yang bernama Mustafa Kemal Ataturk.

Ada rumor terkait makam Mustafa Kemal Ataturk. Kabarnya ketika proses pemakaman, beliau tidak dimakamkan di dalam tanah. Untuk mengetahui secara langsung seperti apa keunikan dan sejarahnya, kamu bisa langsung datang ke makam tersebut sekaligus museumnya. Kamu bisa langsung bertanya kepada orang-orang Turki di sana atau penjaga makam tersebut.

paket tour turki murah

30. Topkapi Palace

Topkapi Palace Tempat wisata yang sangat terkenal di Turki. Sebuah istana yang menjadi tempat peninggalan dari Turki Ustmani. Banyak yang mengambil paket tour ke Turki dengan memilih Istana Topkapi ini sebagai salah satu destinasinya.

Ini merupakan bangunan yang menjadi pusat pemerintahan Turki. Keindahannya sudah terpancar jelas bahkan ketika kamu baru akan sampai. Keramik dengan berbagai motif serta adanya kaligrafi yang sangat indah di dinding membuat istana ini benar-benar megah.

Semua orang yang mengunjungi Topkapi Palace tidak akan melewatkan kesempatannya tersebut untuk berfoto. Sebuah lokasi yang benar-benar akan membuatmu ingin mengunjunginya lagi.

31. Grand Bazaar

Berlibur memang kurang lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh, termasuk ketika kamu berlibur ke negara Turki. Kamu harus membeli oleh-oleh untuk kamu bawa pulang baik sebagai koleksi pribadi maupun kamu berikan pada teman atau saudaramu.

Maka dari itu kamu bisa mampir ke Grand Bazaar. Di sini kamu akan mendapatkan banyak pilihan oleh-oleh khas Turki. Sebuah kompleks perbelanjaan paling tua dan terbesar di dunia ini akan membuatmu bingung memilih barang apa yang akan kamu bawa pulang karena saking banyak pilihannya. Informasi yang tidak kalah penting, Grand Bazaar tutup di hari Minggu.

paket trip turki

32. Ayyub Mosque and Maqam

Sekarang lanjutkan perjalanan menuju Ayyub Mosque and Maqam. Ini merupakan masjid pertama yang berdiri di kota Istanbul. Setiap hari selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara, terutama ketika hari Jumat.

Di mesjid tersebut juga terdapat makam dari Sultan Ayyub. Jadi mengunjungi keduanya akan memberikan kesan yang tidak terlupakan untuk paket tour ke Turki yang kamu ambil. Jangan lupa untuk berziarah ke makam Sultan Ayyub dan shalat di masjid yang sangat terkenal tersebut.

33. Bosphorus Cruise

Bosphorus atau Bosporus adalah selat yang memisahkan antara Turki bagian Eropa serta bagian Asia. Hanya beberapa langkah saja dan kamu sudah ada di dua benua yang berbeda. Tentu sangat menarik, kan?

Salah satu aktivitas para turis di Bosphorus yaitu mengarungi selat tersebut dengan menaiki kapal alias cruise. Melalui kapal, kamu akan langsung disuguhkan pemandangan yang sangat indah berbagai bangunan bersejarah serta kota Istanbul.

Apalagi jika kamu naik kapal di sore hari. Pemandangan matahari terbenam akan sulit kamu lupakan. Sebuah liburan yang akan romantis jika kamu datang bersama pasanganmu. Kamu juga bisa mengabadikan momenmu di sini dengan berfoto di tengah keindahan efek sunset.

Paket tour ke Turki

Pesawat ke Turki

Ketika mengambil paket tour ke Turki sudah pasti kamu memerlukan tiket pesawat. Berikut ini beberapa pilihan maskapai penerbangan yang bisa kamu pilih.

1. Turkish Airline

Tiket pesawat yang pertama yaitu Turkish Airline yang akan langsung melayani penerbangan mulai dari Jakarta hingga Istanbul. Adapun untuk harga tiketnya sekitar Rp 3.500.000 dengan lama penerbangan mencapai kurang lebih 12 jam 15 menit.

  • Pukul 21.40: berangkat melalui Banda Soekarno-Hatta
  • Pukul 05.55: sudah sampai di Bandara Internasional Istanbul Turki

2. Garuda Indonesia

Maskapai yang satu ini sudah sangat terkenal dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Untuk biaya tiketnya sekitar Rp 9.800.000. Harga tersebut bagi yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dengan kelas ekonomi.

3. Singapore Airline

Kemudian ada Singapore Airline. Kamu juga bisa memanfaatkan maskapai tersebut untuk berlibur ke Turki. Biaya yang kamu keluarkan menyesuaikan lokasi bandara tempat kamu berangkat.

  • Dari Jakarta, untuk kelas ekonomi sekitar Rp 6.140.000
  • Dari Surabaya, untuk kelas ekonomi sekitar Rp 8.340.000
  • Sementara dari Denpasar Bali, untuk kelas ekonomi biayanya Rp 9.420.000

 4. Emirates

Selain itu ada juga Emirates yang juga bisa kamu pilih. Biaya tiket pesawat tersebut juga menyesuaikan lokasi bandara tempat kamu berangkat. Misalnya kamu berangkat dari Jakarta atau Bandara Soekarno-Hatta maka biaya yang kamu keluarkan untuk kelas ekonomi yaitu Rp 9.241.000. Sementara jika berangkat dari lokasi lain kemungkinan bisa lebih mahal.

Ingat, untuk memastikan harga yang sebenarnya kamu bisa menggunakan aplikasi tertentu. Ada banyak aplikasi yang membantumu memastikan harga tike pesawat seperti Tiket.com, Traveloka, dan lain sebagainya.

Cuaca dan Kondisi Alam di Turki

Turki merupakan negara beriklim sedang. Namun terkadang mengalami perubahan dalam kondisi tertentu. Selain itu, ketika musim panas juga terkadang cuaca lebih panas. Bagi yang berkeinginan berlibur ke sana, pastikan kamu mengetahui musim apa yang sekarang ada di Turki.

Ini akan berpengaruh terhadap pakaian atau hal-hal lain yang kamu siapkan. Tentu persiapan ketika musim panas di Turki berbeda ketika kamu berlibur ke sana ketika musim dingin. Negara tersebut termasuk yang memiliki empat musim yaitu semi, panas, gugur, dan dingin.

Waktu terbaik sudah tentu ketika musim semi atau panas. Namun ini kembali lagi dengan selera masing-masing wisatawan yang ingin datang ke negara tersebut.

Mata Uang Turki

Untuk memudahkan liburanmu ke Turki maka kamu perlu tahu apa mata uang yang digunakan di negara tersebut. Perlu kamu tahu bahwa Turki memiliki mata uang bernama Lira.

Sebaiknya kamu menukarkan rupiah dengan mata uang Lira agar liburanmu ke sini tidak terkendala. Tentunya kamu tidak bisa membayar berbagai biaya liburanmu dengan mata uang rupiah. Kamu perlu menukarkan uangmu terlebih dahulu. Adapun hitungan 1 Lira adalah Rp 858,65 rupiah. Jadi 1 lira tidak sampai 900 perak.

Hotel di Turki

Rekomendasi hotel terbaik yang ada di Istanbul, Turki antara lain:

1. ISG Sabiha Gokcen Airport Hotel

Salah satu hotel terbaik di Turki adalah ISG Sabiha Gokcen Airport Hotel. Sebuah hotel yang menawarkan berbagai kamar dengan desain modern. Lokasinya ada di Istanbul dan bisa menjadi pilihan selama kamu berlibur ke Turki.

Selain itu, hotel ini juga menawarkan layanan antar-jemput bagasi. Kamu akan mendapatkan kenyamanan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Kamu bisa memesan hotel ISG Sabiha dengan biaya sekitar Rp 890.000 per malam.

2. TRYP by Wyndham Istanbul Basın Ekspres

TRYP by Wyndham Istanbul Basın Ekspres lokasinya juga masih di Istanbul. Semua fasilitas yang kamu butuhkan sudah tersedia di hotel yang mewah ini. Ketika pertama kali sampai pun kamu bisa langsung melihat seperti apa kualitas dari hotel tersebut.

TRYP by Wyndham Istanbul Basın Ekspres juga menawarkan layanan antar-jemput. Ini sangat membantu wisatawan karena mereka tidak perlu repot naik transportasi. Kamarnya yang luas serta para staf yang ramah sudah pasti membuatmu sangat nyaman dan mungkin tidak ingin beranjak dari sini.

Untuk harganya lebih mahal dari hotel sebelumnya. Kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp 1.600.000 per malam.

3. Golden Tulip Istanbul Bayrampasa

Hotel terbaik  berikutnya yang bisa kamu masukkan dalam paket tour ke Turki adalah Golden Tulip Istanbul Bayrampasa.  Sama seperti sebelumnya, berbagai fasilitas yang kamu butuhkan sudah tersedia. Sebuah hotel yang bukan hanya bagus dari segi pelayanan dan kenyamanan melainkan juga harganya.

Untuk biaya satu malamnya kamu perlu mengeluarkan biaya Rp 1.200.000. Harga yang masih terjangkau mengingat fasilitas yang bisa kamu dapatkan.

4. Windsor Hotel & Convention Center Istanbul

Windsor Hotel & Convention Center Istanbul juga masuk ke dalam salah satu tempat terbaik untuk beristirahat selama di Turki. Berlokasi di Istanbul, hotel ini menjadi salah satu pilihan para wisatawan dari berbagai dunia.

Selain harganya yang terjangkau, fasilitas yang ditawarkan juga lengkap. Bahkan kamu bisa memanfaatkan tempat parkir pribadi sehingga privasimu akan semakin terjaga. Menu makanan di sini juga sangat lezat. Untuk menginap di Windsor Hotel & Convention Center Istanbul kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 1.200.000.

5. Legacy Ottoman Hotel

Berikutnya ada Legacy Ottoman Hotel yang juga menjadi salah satu hotel terbaik dan terkenal di Turki. Dapatkan ketenangan dengan pemandangan yang sangat indah. Ketika pagi hari dan membuka jendela, kamu akan disuguhkan pemandangan kota Istanbul.

Suasana di hotel tersebut juga sangat nyaman, ditambah para staf yang ramah dan profesional. Bagaimana dengan biayanya? Untuk menyewa kamar di sini, kamu harus mempersiapkan dana sekitar Rp 2.500.000.

Itulah beberapa pilihan hotel selama kamu berada di Turki. Pastinya masih banyak hotel lainnya yang belum kamu sebutkan. Kamu bisa mencari hotel yang menurutmu terbaik melalui aplikasi.

Banyak aplikasi seperti Agoda, Booking, dan beberapa aplikasi lainnya. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang fasilitas yang kamu dapatkan lengkap dengan harga sewa per malam.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Tour Ke Turki

Berikut ini beberapa tips penting bagi yang berencana berlibur ke Turki.

1. Menyusun Rencana Itinerary

Hal pertama yang mesti kamu lakukan yaitu menyusun rencana itinerary wisata ke Turki. Ini perlu kamu lakukan jauh-jauh hari agar membuatmu lebih tenang karena tidak perlu tergesa-gesa dalam menyiapkan segala hal.

Khawatir ketika kamu mempersiapkannya hanya selang beberapa hari, liburanmu ke Turki menjadi kurang maksimal. Apalagi kita tahu Turki mempunyai banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan pastinya akan menjadi liburan yang berkesan.

Sebaiknya tentukan terlebih dahulu sebelum berangkat. Kamu bisa berdiskusi dengan partner traveling jika kamu liburan bersama teman atau keluarga. Setelah berdiskusi, sekarang kamu sudah memiliki keputusan tempat mana saja yang akan kamu kunjungi.

2. Membuat VoA (Visa on Arrival) atau e-Visa

Kamu perlu mengetahui segala hal terkait pengurusan VoA alias e-Visa jika berminat untuk datang ke Turki. Visa on Arrival merupakan jenis visa yang bisa kamu peroleh ketika tiba di Turki. Kamu bisa membuat visa tersebut melalui loket VoA.

Sebenarnya ketika kamu ingin  membuat visa ini, kamu harus tahu bahwa waktunya cukup lama. Jadi kamu harus memiliki waktu yang cukup karena kamu harus antre dengan turis lainnya. Mereka juga sama-sama mengurus visa tersebut sehingga perlu adanya kesabaran.

Namun sekarang pengurusan visa tersebut bisa kamu lakukan dengan cepat. Kamu cukup menyiapkan laptop serta koneksi internet. Setelah itu masuk ke website https://www.evisa.gov.tr/en/.

Kamu tinggal mengikuti instruksi yang muncul di layar laptop. Setelah semua langkah telah kamu lalui, kamu akan memperoleh visa dalam bentuk PDF. Tinggal kamu cetak dan simpan sebagai persiapan berlibur ke Turki.

3. Gunakan Kartu e-Pass serta WiFi Gratis

Bagi yang berminat mengunjungi tempat wisata bertemakan sejarah, Turki telah menyediakan e-Pass. Layanan ini diberikan pada para wisatawan yang ingin mengunjungi seluruh museum yang ada di Turki dalam waktu 15 hari berturut-turut.

Ketika lebih dari 15 hari maka kamu harus mengeluarkan uang untuk biaya masuk museum. Kamu dapat membuat e-Pass melalui museum-museum besar misalnya Tokapi Palace dan Hagia Sophia. Tidak kalah penting kamu juga dapat memanfaatkan WiFi gratis yang tesedia di kafe, hostel, restoran, serta tempat wisata lainnya.

Bagi yang ingin menegupload foto maupun video ke media sosial sebaiknya simpan kontenmu terlebih dahulu. Setelah tersambung ke WiFi maka kamu bisa mulai mengunggahnya.

4. Pilih Penginapan Sesuai Budget

Perlu kamu tahu bahwa tidak semua tempat penginapan di Turki harganya mahal. Ada banyak penginapan yang menawarkan harga sewa yang terjangkau. Guesthouse atau hostel bisa menjadi pilihan.

Apalagi jika kamu memiliki teman atau saudara yang tinggal di Turki. Ini akan menjadi keuntungan tersendiri karena mungkin kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi benama Couchsurfing yang masih terjangkau. Kamu juga akan memperoleh bonus serta bisa menginap di rumah warga lokal.

5. Gunakan Transportasi Umum

Jika kamu mengambil  paket tour ke Turki kamu tidak perlu khawatir terkait transportasi di sana. Turki merupakan negara yang memiliki alat transportasi yang cukup baik. Jika kamu mencari transportasi dengan biaya terjangkau maka silakan menggunakan bus.

Sementara itu, jika lokasimu sekarang cukup jauh dari lokasi wisata maka kamu perlu memilih tramway atau metro. Kedua transportasi ini akan menghubungkan Istanbul dengan 10 jalur dan akan membawamu menuju jalur Eropa atau Asia.

Untuk membuatmu lebih hemat, maka kamu juga harus membuat kartu Metro atau Istanbul Card. Ini merupakan kartu yang praktis karena bisa juga digunakan oleh banyak orang sekaligus.

6. Menyiapkan Perlengkapan Kesehatan

Tips yang tidak kalah penting yaitu menyiapkan obat-obatan. Ini yang sering dilupakan kebanyakan orang karena mungkin mereka terlalu sibuk menyiapkan pakaian apa saja yang harus dikenakan selama berlibur ke Turki. Padahal obat-obatan merupakan bagian yang tidak kalah penting.

Kita tidak tahu kondisi apa pun yang bisa terjadi. Misalnya ketika sampai di Turki merasa batuk atau pilek. Dengan adanya obat-obatan maka masalahmu tersebut reda. Jadi kamu bisa melanjutkan liburanmu tanpa terganggu oleh batuk dan pilek tersebut.

Orang lain yang ada di dekatmu juga merasa nyaman. Apalagi sekarang masih berada dalam masa pandemi Covid-19. Orang masih berhati-hati untuk berinteraksi dengan orang lain, apalagi yang tidak dikenal. Maka dari itu siapkan obat-obatan yang diperlukan, termasuk minyak kayu putih.

Bagi yang berlibur ke Turki dengan si buah hati yang masih memerlukan ASI, kamu perlu membawa breast pump. Ini tentu menjadi kebutuhan yang tidak kalah penting sehingga ketika memerlukannya nanti kamu tidak perlu repot-repot mencarinya di Turki yang mana liburanmu malah terganggu.

7. Tentukan Tempat Makan

Ketika berlibur ke Turki sudah pasti kamu harus mengunjungi tempat makan di sana. Ada banyak tempat makan mulai dari yang harganya mahal sampai terjangkau. Sekarang kamu perlu menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki budget yang berlebih, tentu makan di restoran Turki akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Ada banyak restoran terkenal di sana yang siap memanjakan lidahmu dengan hidangan terbaiknya.

Akan tetapi, jika membawa budget yang tidak berlebih maka cari tempat makan dengan harga terjangkau. Apalagi jika tempat tersebut menawarkan makanan khas Turki.

8. Siapkan Mata Uang Turki

Tentunya kamu tidak bisa menggunakan mata uang Rupiah untuk membeli atau membayar kebutuhanmu selama di Turki. Kamu harus membayarnya menggunakan mata uang negara tersebut yang bernama Lira.

Lalu bagaimana dengan tip di Turki? Beberapa orang berpendapat tidak perlu memberikan tip. Namun sekali-kali mungkin tidak  apa untuk memberikan kesan positif. Berikan tip cukup 10 persen saja.

9. Bawa Oleh-Oleh Khas

Selain semua tips yang sudah kami bahas, masih ada hal lain yang tidak kalah penting. Ketika berlibur ke Turki jangan lupa membawa oleh-oleh. Ini akan memberikan kesan tersendiri dan mengingatkanmu nanti jika kamu pernah berlibur ke negara tersebut.

Kamu bisa membeli oleh-oleh Turki baik dalam bentuk makanan maupun benda tertentu. Akan lebih baik jika kamu membawa pulang keduanya. Kamu bisa membelikan saudara, teman, atau keluargamu. Bisa juga membeli untuk koleksi pribadi.

Sekian pembahasan tentang segala hal yang perlu kamu ketahui tentang wisata ke Turki. Sebuah informasi yang sangat berguna untuk membuat liburanmu nyaman tanpa mengalami sesuatu yang mengganggu waktu liburanmu di negara tersebut. Semoga bermanfaat.


Tag : Paket tour ke turki, paket wisata ke turki, wisata ke turki 2022, trip ke turki murah, biaya tour ke turki, harga tour ke turki, travel ke turki 2022, open trip ke turki, paket liburan ke turki, wisata ke turki murah, promo tour ke turki, paket tour ke turki doyan jalan

Url : https://www.doyanjalan.com/paket-tour-wisata-turki/

Referensi : Image – Canva

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?