Paket Tour Labuan Bajo | Wisata Komodo Tahun 2020

Paket Tour Labuan Bajo murah

Labuan Bajo sebagai ibukota Manggarai Barat – NTT, saat ini semakin dilirik sebagai salah satu tujuan pariwisata, baik bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Perekonomian Labuan Bajo yang sejak dahulu memang banyak berputar di area pantai, sekarang digarap secara khusus dengan mengandalkan aset-aset yang telah ada sejak dahulu : pelabuhan yang indah, pondok-pondok yang membaur dengan alam, kondisi alam yang belum banyak tersentuh modernisasi, bahkan kano, perlengkapan berlayar, serta kapal-kapal bermotor yang sudah ada sebelumnya.

Labuan Bajo juga merupakan salah satu titik pemberangkatan menuju Pulau Komodo yang sangat terkenal. Selain itu, beberapa pulau yang ada di sekitarnya juga menjanjikan surga bagi para pecinta diving dan snorkeling. Sebut saja beberapa di antaranya : Pulau Bidadari, Pulau Selaya, dan Pulau Sabolo.

Customer Support : Whatsapp 0812-9822-9252
Email : turiz.id@gmail.com
Instagram : @turiz.id

Tapi sebelumnya siapkan waktu untuk membaca artikel ini, karena lumayan cukup panjang. Namun kami buatkan navigasi di bawah ini untuk kamu. Jadi kamu bisa loncat ke bagian yang mau kamu ketahui.

Berikut bahasan yang akan dibahas di postingan ini.

Sailing Komodo Labuan Bajo

Sailing Komodo Labuan Bajo adalah suatu perjalanan yang dimulai dari Labuan Bajo, berlanjut mengelilingi pulau-pulau terdekat dengan pesonanya masing-masing, dan diakhiri dengan kembali ke Labuan Bajo sebagai titik akhir.

Pulau-pulau yang akan disinggahi antara lain Pulau Padar, Gili Lawa, Pulau Rinca, Pulau Kelor, Pulau Kalong yang terkenal dengan koloni kelelawar besarnya, dan tentu saja Pulau Komodo yang sangat terkenal dengan hewan khasnya, komodo.

Obyek Wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo tidak hanya populer dengan Taman Nasionalnya saja. Banyak obyek wisata menarik yang bisa disebut sebagai paket komplit liburan, mulai dari wisata bahari dengan berbagai kegiatan air yang menyenangkan hingga pemandangan menakjubkan dari atas bukit dengan berbagai kegiatan yang memicu adrenalin.

Di bawah ini Destinasi yang akan dikunjungi dalam paket tour Labuan Bajo

  • Labuan Bajo
  • Rinca Island
  • Komodo National Park
  • Pink Beach
  • Kalong Island
  • Padar Island
  • Manta Point
  • Taka Makassar
  • Kanawa Island
  • Kelor Island
  • Gili Lawa

Waktu Terbaik Wisata Ke Labuan bajo

Kalau kamu mulai tertarik, atau bahkan menjadi sangat tertarik untuk berwisata ke Labuan Bajo, berikut rekomendasi bulan dan waktu terbaik yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu:

Januari – Maret

Pada bulan-bulan ini biasanya diselenggarakan Festival Reba, sebuah pesta adat masyarakat Langa yang digelar di Kabupaten Ngada. Festival ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Pencipta, sekaligus untuk memohon restu para leluhur agar panen dapat berjalan dengan baik.

Dimulai dengan mengumpulkan segala hasil panen — tanaman pangan maupun ternak — , acara ini dilanjutkan dengan penyambutan tamu, tarian, pembacaan mitos dan cerita rakyat yang ada, serta pemujaan sesuai dengan adat masyarakat daerah tersebut

April – Juni

Bulan April merupakan bulan terbaik untuk menikmati keindahan Labuan Bajo. Langit terlihat sangat cerah, bukit-bukit meghijau, dan pemandangan lautnya tampak sempurna. Kondisi alam di bulan ini juga sangat bersahabat sehingga banyak wisatawan yang memilih untuk datang di bulan ini agar bisa menjelajahi keindahan laut dengan melakukan diving, snorkeling, maupun sekedar menjelajah dengan perahu.

Di bulan Mei, vegetasi yang mulai menguning serta cuaca yang semakin cerah juga tak kalah menarik. kamu bahkan bisa melihat hamparan pasir di bawah laut dari atas permukaannya saja.

Kalau kamu tertarik dengan adat khas suatu daerah, kamu wajib berkunjung di bulan Juni. Pada bulan ini, sebuah pertunjukan tinju tradisional yang disebut sebagai Tinju Sagi atau Etu diadakan. Memang tidak ada hadiah yang diperebutkan, namun kegiatan ini secara konsisten diadakan sebagai bentuk ungkapan syukur atas berkat yang telah diberikan oleh para leluhur sepanjang tahun.

Juli – September

Nah kalau kamu tertarik berkunjung ke Labuan Bajo terutama karena Pulau Komodo, maka kamu wajib berkunjung di bulan Juli – September. Bulan-bulan ini merupakan musim kawin bagi komodo, sehingga hewan langka ini akan sangat mudah ditemukan di Taman Nasional Loh Liang.

Oktober – Desember

Cuaca cerah di bulan Oktober – November didukung dengan udaranya yang sudah semakin sejuk serta gelombang lautnya yang tenang juga merupakan waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan bawah laut. Kalau kamu pecinta diving, pilihlah waktu ini agar bisa bebas mengamati ikan-ikan dan terumbu karang yang luar biasa menakjubkan.

Perubahan cuaca di bulan Desember tidak mengurangi jumlah wisatawan yang datang di bulan tersebut. Memang hujan mulai sering turun di malam hari. Namun kamu bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan waktu siang harinya. Lalu bagaimana dengan malam hari? Banyak wisatawan yang justru berpendapat bahwa di bulan ini, kombinasi lingkungan dan cuaca justru menjadikan Labuan Bajo sebagai salah satu tempat liburan paling romantis.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum ke Pulau Komodo

Mengunjungi Pulau Komodo berarti akan membawa kita bertemu dengan hewan langka yang disebut-sebut sebagai salah satu hewan purba yang masih bertahan sampai saat ini. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat kamu mengunjungi tempat tersebut:

Menstruasi atau mengalami luka luar

Komodo adalah binatang dengan penciuman yang sangat tajam. Mereka bisa mencium bau darah dari jarak yang cukup jauh. Kalau kamu sedang menstruasi atau mengalami luka luar, sebaiknya sampaikan kepada pemandu sebelum menuju kesana.

Tidak menggunakan parfum

Parfum juga merupakan salah satu bau-bauan yang bisa mengganggu penciuman komodo yang sensitif. Lupakan parfum saat kamu memutuskan untuk berkunjung kesan.

Tidak memisahkan diri dari rombongan

Percayalah bahwa tidak ada komodo yang jinak, bahkan ketika mereka sedang berdiam diri dan tampak tidak berbahaya. Pastikan kamu selalu berada dalam rombongan dan dekat dengan ranger yang ada.

Antisipasi terhadap serangan

Lalu bagaimana kalau tiba-tiba terjadi serangan? Berlarilah dengan pola zig-zag. Komodo memiliki kesulitan dalam melakukan gerakan membelok, sehingga ini akan memberikan kesempatan kamu untuk memperbesar jarak yang ada. Satu lagi, naiklah ke rumah panggung terdekat karena komodo juga memiliki kesulitan untuk menaiki tangga.

Waspada terhadap lingkungan dan pepohonan

Anak-anak komodo yang bertubuh kecil biasanya suka memanjat dan tinggal di atas pohon. Jadi hati-hati melangkah, akan selalu ada kemungkinan komodo-komodo kecil ini jatuh tiba-tiba di depan kamu.

Menjaga jarak dengan komodo yang sedang bertelur

Komodo betina yang sedang bertelur atau mengerami biasanya lebih agresif. Mereka akan menyerang siapa saja yang dianggap membahayakan.

Menjaga kebersihan area

Taman Nasional merupakan area yang dilindungi oleh negara. Semua pengunjung wajib ikut menjaga kebersihannya sehingga tidak menggangu keindahan tempat, menjaga kenyamanan, bahkan meminimalisir bahaya sampah bagi komodo yang ada. Sangat disarankan untuk membawa tempat minum yang bisa diisi ulang dan tidak meninggalkan sampah plastik dalam bentuk apapun.

Persiapan sebelum ke Labuan Bajo

Mengunjungi Labuan Bajo tanpa persiapan sama artinya dengan maju perang tanpa perlengkapan. Supaya kamu bisa semakin menikmati kunjungan dan perjalanan kamu, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Tiket Pesawat PP

Harga tiket pesawat ke area Indonesia Timur memang cukup mahal. Pastikan kamu menyiapkan tiket PP jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga terbaik. Apabila harus transit, pilih yang tidak terlalu lama.

Stamina

Kalau biasanya kamu berlibur hanya untuk melepas penat setelah sekian lama beraktivitas, lupakan Labuan Bajo. Sailing Trip ini didominasi oleh kegiatan snorkeling dan trekking dengan medan yang cukup berat. Jadi sempatkan waktu untuk berolah raga setidaknya 30 menit sehari sebelum kamu menuju kesana.

Sunscreen / Sunblock

Selain topi dan kacamata hitam, sunscreen/ sunblock menjadi barang yang wajib dibawa. Cuaca disana sangat terik, kamu akan memerlukan perlindungan khusus. Karena harga sunblock / sunscreen sendiri cukup mahal, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli secara patungan untuk digunakan bersama teman-temanmu.

Sandal / Sepatu Gunung

Meskipun bukan gunung, medan yang akan kamu lalui cukup terjal. Ada baiknya menggunakan sandal/ sepatu gunung agar lebih aman. Jangan lupa juga untuk siapkan sarung tangan, karena ada kemungkinan kamu harus merangkak akibat trek yang terjal.

Akomodasi

Kalau ada jeda waktu antara jadwal flight dengan jadwal sailing, pilihlah lokasi hostel / Hotel yang dekat dengan pelabuhan. Biasanya mereka juga menawarkan rate khusus untuk backpacker, dengan beberapa bunk bed di masing-masing kamarnya. Tentu untuk kamu memiliki budget lebih kamu bisa memilih hotel yang sesuai dengan yang kamu mau.

Gembok Kombinasi

Ada waktu-waktu tertentu dimana kamu harus meninggalkan tas di hotel ataupun kapal. Pastikan barang berhargamu tetap aman dengan gembok kombinasi yang kamu bawa.

Kamera

Kamera canggih ataupun sekedar kamera HP wajib kamu bawa karena nantinya kamu akan menemukan terlalu banyak keindahan yang harus diabadikan. Apalagi kalau jika kamu ingin membagikan keindahan ini melalui whatsapp, FB, IG, ataupun sosial media lainnya.

Perlengkapan Elektronik

Jangan lupakan charger, powerbank, serta colokan listrik sendiri. Tidak ada salahnya membawa powerbank tenaga surya, karena kamu tidak perlu repot-repot mengisi daya powerbank tersebut.

Membawa earphone juga akan berguna untuk mengisi kebosanan sepanjang perjalanan.

Peralatan Mandi

Beberapa paket tour mengharuskan kamu bermalam di atas boat atau kapal, dan tentu saja perlengkapan mandi tidak menjadi fasilitas yang wajib disediakan. Bawalah peralatan sederhana seperti sabun, shampoo, pasta dan sikat gigi, serta handuk kecil.

P3K dan perlengkapan pribadi

Sama seperti saat kamu bepergian ke tempat lain, bawalah selalu obat-obatan yang biasa kamu gunakan. Selain itu beberapa perlengkapan pribadi kecil yang kira-kira kamu butuhkan juga bisa disertakan dalam list wajib dibawa seperti tissue basah, pembalut / pantyliners, multivitamin, serta apapun yang biasanya selalu kamu gunakan sehari-hari.

Uang Cash

Bawalah uang cash secukupnya. Jangan sampai kamu kehabisan uang cash ketika ingin membeli oleh-oleh atau melakuka transaksi lainnya.

Travelmates

Jangan lupa hal terpenting untuk liburan yang lebih menyenangkan, teman perjalanan. Teman yang menyenangkan tentu membuat kamu akan jauh lebih menikmati perjalananmu. Namun kalau ternyata orang-orang di sekitar kita tidak bisa menemani karena kendala kesibukan atau yang lainnya, kamu selalu bisa mengikuti Open Trip ke Labuan Bajo.

Kondisi Alam Labuan Bajo

Keindahan Labuan Bajo sudah cukup lama dikenal, terutama justru oleh wisatawan mancanegara. Namun belakangan nama Labuan Bajo semakin meroket, apalagi sejak masuk ke dalam proyek Bali Baru yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata.

Seiring dengan hal tersebut, transportasi menuju Labuan Bajo menjadi semakin mudah didapat. Yang paling mudan dan cepat tentu saja dengan menggunakan pesawat menuju Bandara Komodo. Atau bisa juga dengan berlayar menggunakan kapal laut dari Benoa, Bali.

Berbagai pilihan hotel kelas backpacker sampai premium bisa kamu dapatkan dengan mudah. Apalagi sejak adanya pembangunan area komersil Pelabuhan Marina dan rencana pemindahan terminal peti kemas, semakin banyak pilihan sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

Beragam wisata yang ada bisa dikelompokkan menjadi 4 ragam wisata :

  • Wisata Pantai : Pantai Pink, Pantai Gorontalo, Pantai Pede
  • Wisata Alam : Gua Batu Cermin, Air Terjun Cunca Wulang, Bukit Cinta
  • Wisata Budaya : Liang Dara, Desa Todo, Kampung Melo
  • Wisata Pulau : Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Pinca

Semakin banyak pilihan, semakin sulit menentukan prioritas ya? Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke Labuan Bajo, kami sarankan kamu untuk menggunakan jasa Doyan Jalan agar dapat mengeksplorasi segala keindahan dan keunikan yang ada.

Namun jangan lupa untuk memastikan kembali jadwal liburan dengan budget kamu, karena berlaku sama seperti di tempat wisata lainnya, ada bulan ramai wisatawan yang tentunya berpengaruh terhadap harga yang harus kamu bayarkan.

Paket Wisata Labuan Bajo

Paket tour Labuan Bajo menjadi solusi bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Labuan Bajo tanpa perlu repot mengatur segala detail perjalanan, atau bahkan tidak tahu harus memulai dari mana.

Open Trip

Open Trip Labuan Bajo adalah paket tour yang akan membawa kamu mengunjungi berbagai destinasi terbaik di Labuan Bajo. Paket ini merupakan trip gabungan yang bersifat rombongan.

Harga Open Trip

a. Open Trip Standar AC

IDR 2.500.000 / Person (Cabin Share 4 people)
IDR 3.250.000/ Person (Private Cabin 2 people)
for foreigner ( + 500,000, / person )

b. Open Trip Kapal Phinisi

IDR 3.750.000/person (Private Cabin 2 people with private bathroom)
for foreigner ( + 500,000 / person )

Jadwal Open Trip Komodo

a. Kapal Standar AC

BulanTanggal
November 1-3 | 8-10 | 15-17 | 22-24 | 29-1
Desember 6-8 | 13-15 | 20-22 | 27-29 | 30-1 Januari 2020

b. Kapal Phinisi

BulanTanggal
November 29 Nov – 1 Des
Desember 6-8 | 13-15 | 27-29

Private Trip

Private trip, dikhususkan untuk kamu yang ingin berlibur secara ekslusif yaitu rombongan kamu sendiri tanpa digabung dengan siapapun. Harga dan fasilitas fleksibel

Harga Private Trip

10 PaxRp. 2.500.000
9 PaxRp. 2.750.000
8 PaxRp. 2.850.000
7 PaxRp. 2.950.000
6 PaxRp. 3.400.000
5 PaxRp. 3.950.000
4 PaxRp. 4.750.000
3 PaxRp. 5.850.000
2 PaxRp. 8.000.000
For foreigner+ Rp. 500.000

Itinerary Trip Labuan Bajo

Meeting Point Labuan Bajo 10.00 WITA

  • Day 1 : Kelor Island – Rinca Island – Kalong Island
  • Day 2 : Padar Island – Long Beach – Taka Makasar – Manta Point
  • Day 3 : Siaba / Sebayur – Kanawa Island – Labuan Bajo

Trip selesai pukul 13.00 / 14.00 WITA

Fasilitas Trip

Include

  • Pick up service from Hotel / Airport
  • Comfort Cabin with AC
  • Living on board 3D2N
  • Daily Breakfast , Lunch and Dinner
  • Sailing to more than 10 islands around East Nusa Tenggara
  • Entrance fee (Domestic only)
  • Chef & Boat Crew
  • Lazy Bean Bed & Sun Deck
  • Speed Boat
  • Snorkeling Set
  • Mineral Water during trip
  • Tour Leader & Local Guide
  • Snack , Coffee & Tea during trip
  • Life Jacket
  • Documentation

Exclude

  • Flight ticket
  • Personal expenses
  • Hotel in Labuan Bajo

Kapal di Labuan Bajo

Menikmati keindahan Labuan Bajo dengan berlayar merupakan pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin melihat dari dekat apa saja yang ada di pulau-pulau tersebut. Kapal yang tersediapun bervariasi, mulai dari phinisi, yacht, kapal medium, bahkan kapal open deck. Mahal atau tidaknya tentu tergantung pada kapal yang kamu pilih.

Standar Cabin AC

Kapal Phinisi

Kapal Phinisi Labuan Bajo

Tag : paket tour labuan bajo | paket wisata labuan bajo | open trip labuan bajo | paket wisata labuan bajo 2020 | paket labuan bajo | open trip labuan bajo 2020 | paket tour labuan bajo 2020 | paket wisata labuan bajo 2020 | paket honeymoon labuan bajo | paket liburan labuan bajo | private tour labuan bajo | biaya liburan ke labuan bajo | paket wisata labuan bajo 3 hari 2 malam | tour labuan bajo murah | open trip labuan bajo 2020 | city tour labuan bajo | paket trip labuan bajo | paket wisata ke labuan bajo | paket liburan ke labuan bajo | trip labuan bajo murah | open trip labuan bajo murah | paket tour labuan bajo murah 2020

Rujukan :

Labuan Bajo : Wikipedia

Url : https://www.doyanjalan.com/paket-tour-labuan-bajo/


Informasi & Reservasi :
Whatsapp / Phone : 081298229252
Email : turiz.id@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *