Goa Rangko Labuan Bajo, Bak Oase Biru Di Tengah Gurun

0
Goa Rangko Labuan Bajo, Bak Oase Biru Di Tengah Gurun

Nusa Tenggara Timur memiliki banyak potensi alam yang menakjubkan yang dapat membuat siapapun yang melihat akan terpana dibuatnya. Bahkan tak hanya wisatawan domestik saja, saat ini banyak wisatawan asing yang mengunjungi Nusa Tenggara Timur dan mengagumi keindahan alam yang ada di sana. Salah satu spot wisata menarik yang ada di Nusa Tenggara Timur adalah Labuan Bajo. Ada banyak wisata-wisata yang begitu indah dan mempesona yang mungkin belum diketahui banyak orang. Salah satunya yaitu Goa Rangko yang merupakan wisata yang berupa daratan yang dapat menghubungkan dengan jalan menuju Pulau Komodo. Akhir-akhir ini Goa Rangko memang banyak diperbincangkan terutama di media-media sosial. Bentuknya yang seperti oase berwarna biru yang berada di tengah panasnya matahari menjadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan waktu berlibur.

Disini anda bisa merasakan sensasi bermain air serasa kolam renang pribadi yang begitu hening dan sunyi namun memberikan kesegaran bagi siapapun yang mencoba. Air yang ada di kolam renang Goa Rangko ini adalah air asin yang bersumber dari laut. Hal ini dikarenakan ada banyaknya celah-celah yang menghubungkan antara kolam yang ada di dalam goa dengan lautan.

http://komodo.indonesia-tourism.com

Daya Tarik Goa Rangko Labuan Bajo

Meskipun hanya Goa, namun jangan pernah menyepelekan tempat ini. Mengapa? Hal ini karena Goa Rangko bukahlah goa seperti yang anda biasa temukan pada umumnya. Saat anda mendatangi Goa Rangko, anda harus siap-siap terpukau akan keindahan alam yang begitu mempesona. Mata air yang ada di dalamnya begitu jernih, mebuat siapapun yang melihatkan akan tertarik untuk terjun dan bermain di dalamnya. Kondisi Goa rangko memang agak gelap, sehingga jika anda memang ingin menikmati bagaimana pemadangan yang ada di dasar kolam air, maka datanglah di waktu yang tepat. Biasanya disarankan untuk datang pada pukul 13.00-15.00 karena pada saat tersebut sinar matahari dapat masuk ke rongga atau celah-celah yang ada di dalam goa. Sehingga anda bisa langsung melihat biru dan jernihnya air pada kolam renang yang ada di dalam Goa Rangko Laboan bajo.

Di bagian atas dari Goa Rangko sendiri dihiasi dengan banyaknya ornamen-ornamen stalaktit yang sangat cantik dengan bentuknya yang tak beraturan dan beragam. Beruntungnya lagi, anda tidak akan menemukan kelelawar seperti pada goa-goa lainnya. Sehingga suasananya yang sunyi akan semakin terasa bagi siapapun yang datang.

Akses Menuju Goa Rangko

Untuk bisa sampai ke Goa Rangko, memang membutuhkan  kesabaran terutama pada kondisi jalannya yang masih kurang baik. Untuk mencapai Desa Rangko, anda dapat menggunakan motor atau mobil dari Labuan Bajo. Karena kondisi jalanan yang kurang begitu baik, sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan mobil yang agak tinggi. Sesampainya anda di Desa Rangko, anda dapat menyewa kapal warga setempat. Biasanya tariff sewa kapal ini sekitar Rp 300.000 atau bisa anda sesuaikan dengan negoisasi yang sudah dibuat sebelumnya. Kapal yang anda sewa tersebut nantinya bisa mengantar dan menjemput anda dari Goa Rangko. Sedangkan perjalanan menuju Goa Rangko bisa dimulai dengan menempuh jembatan panjang yang mana menghubungkan dengan sebuah dermaga. Dari atas jembatan, anda bisa langsung melihat pemandangan yang begitu cantik dari dasar laut yang jernih dengan dihiasi banyak koral-koral yang begitu cantik. Untuk bisa sampai ke Goa Rangko dari bibir pantai, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit berjalan kaki. Untuk memasuki kawasan Goa, disini anda perlu berhati hati karena memang kondisi hutan dan tebing yang agak licin. Sehingga anda harus ekstra waspada sehingga tidak menyebabkan resiko yang tidak diinginkan. Untuk dalam nya kolam air yang ada di dalam goa memang tidak dapat terukur, hal ini karena dipengaruhi oleh pasang surut dari air laut. Namun ketika jam sudah menujukkan pukul 15.00 WITA, maka biasanya anda akan diminat pemandu untuk segera kembali ke kapal. Hal ini karena air laut akan surut dan membuat kapal kesulitan untuk kembali. Namun sebelum kembali, pastikan jika anda membawa semua sampah-sampah dan jangan sampai membuangnya sembarangan.

Jika anda memang berencana untuk menginap, akan lebih baik untuk memesannya jauh-jauh hari. Anda bisa mencoba mencari penginapan yang ada di daerah Labuan Bajo. Namun pilihan lainnya, mungkin anda bisa mencoba menginap di pemukiman masyarakat setempat. Untuk hal ini lebih baik anda mencoba berkomunikasi langsung dengan warga yang ada di sekitar wisata. Namun untuk lebih baiknya, anda bisa mencoba memilih paket wisata Labuan Bajo. Nantinya segala akomodasi dan transportasi akan dipersiapkan sehingga anda bisa menikmati liburan anda dengan tenang dan nyaman. Nah itu tadi informasi seputar Goa Rangko Labuan Bajo yang bisa anda jadikan alternative berlibur. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY