Taman-Bunga-Nusantara-cianjur
Foto : instagram.com/fifialvianto/

19 Tempat Wisata di Cianjur Terupdate 2019

Doyan Jalan – Cianjur merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, sebuah kota yang terkenal dengan Kota Tauco ini ternyata menyimpan banyak pesona yang keceh loh.. Mulai dari pantai, gunung, danau hingga tempat-tempat keren yang instagramable lainnya.

Berencana menjelajah ke Cianjur, yuk simak Daftar Tempat Wisata Cianjur yang Hits dan terupdate.

Kawasan Puncak dan Cipanas Cianjur Utara

Siapa sih yang gak tau dengan lokasi Puncak dan Cipanas di Cianjur, sebuah dataran tinggi dengan hawa sejuk dan pemandangan yang indah menjadi tujuan wisata terpopuler yang ada di Cianjur, diantaranya

1. Kebun Raya Cibodas

Menikmati santai dan piknik bersama keluarga, maupun temen kantor enak juga loh kesini. Kamu bisa bersantai sembari menikmati hijaunya Kebun Raya Cibodas sambil gelar tiker dan makan bersama di taman. Kawasan ini banyak didatangi rombongan wisatawan baik pelajar maupun rombongan kantor. Di kawasan ini kamu bisa menikmati air terjun, danau, taman lumut dan ada bunga bangkai yang bisa kamu lihat.

kebun raya cibodas cianjur
https://www.instagram.com/p/BzWbJaxnu3T/

Lokasi : Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

2. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum masuk pada kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tidak jauh dari Kebun Raya, kamu bisa sekalian menikmati Curug Cibeureum, namun untuk menikmati Curug ini kamu harus trekking dahulu setidaknya 2,8 km.

Curug Cibeureum
Credit : @rendyocta2

Lokasi : Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur

3. Taman Bunga Nusantara

Yang suka dengan taman dan keindahan bunga yang bermekaran, kamu bisa berkunjung kesini. Ada banyak varian bunga yang ditata taman yang luas, pokoknya cocok buat kamu, kamu bisa foto disini untuk feed instagram kamu lebih berwarna.

Foto : instagram.com/fifialvianto/

Lokasi : Jl. Mariwati No.KM, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254

4. Little Venice Cianjur

Untuk kamu yang ingin menikmati suasana Venice ala Cianjur, kamu bisa kesini. Berada di kawasan Kota Bunga Cianjur, kamu bisa menaiki perahu dan berfoto keren layaknya di Eropa.

little venice cianjur
https://www.instagram.com/deejase/

Lokasi : Batulawang, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

5. Desa Wisata Sarongge

Desa Wisata Sarongge, bisa jadi alternatif wisata keluarga di Cianjur, aktifitas di luar ruang. Dan bisa mengedukasi untuk anak-anak untuk menjadi generasi hijau yang mencintai lingkungan. Desa ini juga menjadi penyangga di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Lokasi : Jl. Sarongge, RT.03 RW.06, Ciputri, Pacet, Ciputri, Kec. Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Tempat Wisata Cianjur Kota dan Sekitarnya

Masuk ke kawasan Cianjur kota atau sekitarnya ada juga yang bisa kamu kunjungi loh.

6. Taman Alun-alun Cianjur

Alun-alun Cianjur saat ini sedang hits banget loh, baru diresmikan tahun 2018 lalu oleh Presiden Joko Widodo Cianjur semakin dikenal. Trending di instagram dan banyak acara yang diselenggarakan rupanya Taman Alun-alun Cianjur berhasil mendapat perhatian banyak orang. Bahkan banyak pengunjung dari Sukabumi yang cuma sekedar main kesini karena didukung dengan adanya Kereta Api Siliwangi Cianjur – Sukabumi yang harga tiketnya murah di kantong.

Lokasi : Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211
Penunjuk Arah : Klik Disini
Tiket masuk : Gratis

7. Wisata Kuliner Sinar

Jika kamu menginap di Cianjur, jangan lewatkan untuk berwisata kuliner di Kawasan Sinar, Lokasinya persis berada di depan Stasiun Cianjur. Disini semacam food street yang banyak makanan yang kamu pilih. Kawasan ini baru buka sore hari sampai malam.

8. Bumi Ageung Cikidang

Belajar sejarah boleh berkunjung ke Bumi Ageung Cikidang. Sebuah rumah milik Bupati Cianjur ke 9 Raden Adipati Aria Prawiradiredja II yang menjabat pada tahun 1868 – 1910 dan rumah ini dibangun tahun 1886 untuk tempat peristirahatannya.

Lokasi : Jl. Moch. Ali No.64, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43214

Contact : 08156005764

9. Waduk Cirata Jangari

Sekitar 30 menit perjalanan dari Cianjur kota kamu bisa mengunjungi Waduk Cirata, Jangari. Di tempat ini kamu bisa melihat keseharian peternak ikan bahkan jika hobi mancing kamu juga bisa mancing di lokasi ini. Hamparan danu yang teduh bisa jadi pilihan menikmati Cianjur dengan cara lain. Kamu juga bisa kuliner ikan bakar yang fresh dari hasil tangkap ikan saat itu juga.

Lokasi : Bobojong, Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43292
Petunjuk Arah : Disini
Htm : Gratis

10. Sensasi Jump Rope di Jembatan Raja Mandala

Jembatan Raja Mandala adalah perbatasan Cianjur dengan Bandung, sebuah jembatan yang membentang dengan sungai citarum di bawahnya. Untuk yang suka kegiatan yang memacu andrenalin, kamu bisa coba ikut jump rope yang diadakan oleh CORA Cianjur.

Lokasi : Disini
Jump Rope : https://www.instagram.com/cora_ropejump/

Tempat Wisata Cianjur Selatan

Cianjur Selatan adalah kawasan yang lebih luas dari Cianjur Utara, suasana alam yang masih asri, adat dan kebiasaan yang masih kental dengan khasnya. Belum lagi sungai, sawah dan kearifan lokal yang bener-bener masih terjaga bisa kamu dapatkan jika berwisata ke Cianjur Selatan. Eits.. tapi kemana aja ya enaknya? Simak yuk beberapa rekomendasi wisata Cianjur Selatan berikut ini !

11. Gunung Padang Cianjur

Situs punden berundak yang konon terbesar di Asia Tenggara ini berada di Cianjur yaitu Gunung Padang, berada sekitar 45km dari Cianjur kota dengan bebatuan berundak yang unik, disini ada 3 batu unik. pertama batu Bonang, Batu Macan, Batu Kijang.

Lokasi : Desa Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43215

12. Curug Cikondang

Curug Cikondang bisa kamu kunjungi searah dengan Gunung Padang, akses ke lokasi dengan pemandangan perkampungan dan bentangan sawah juga perkebunan teh akan kamu nikmati. Di sini juga kamu bisa lakukan kegiatan ekstrim yang menguji andrenalin yaitu canyonering.

Lokasi : Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43263
Tiket Masuk : Rp. 3.000

13. Curug Citambur

Teruskan perjalanan ke Selatan, sekitar 2,5 jam dari Cianjur kota kamu bisa berkunjung ke Curug Citambur. Curug yang jernih dan sangat deras di semua musim. Kamu bisa mandi disini. Terdapat danau di pintu masuk dan tersedia penginapan untuk beristirahat.

Lokasi : Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

14. Curug Ngebul

Lanjut ke Curug Ngebul, sebuah lokasi yang berada di Cianjur Selatan yang belum terlalu terjamah. Pasalnya lokasinya lumayan memakan waktu perjalanan dari Cianjur Kota, mungkin malah lebih dekat melalui Ciwidey Bandung. Keasriannya sudah pasti tak terkalahkan

Lokasi : Bunijaya, Pagelaran, Bunijaya, Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43266

15. Curug Cibuluh

Wisata baru di Cianjur Selatan, ya.. Curug Cibuluh sedang masa pertumbuhan dan belum dikenal banyak orang. Berada di Kec. Leles curug ini bisa kamu kunjungi saat menjelajahi Cianjur Selatan.

Lokasi : Kampung Cibuluh, Kec. Leles, Cianjur Selatan

16. Curug Luhur dan Curug Walanda

Curug Luhur dan Curug Walanda bisa kamu jajal sekali jalan. Karena lokasiya berdekatan, di Curug Luhur kamu bisa mandi dengan air yang sangat deras, dan curugnya bertingkat. Sementara untuk Curug Walanda terdapat batu di depan Curug yang bisa menambah epic.

Lokasi : Pamoyanan, Cibinong, Batulawang, Cibinong, Batulawang, Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43271

17. Pantai Apra

Tepat tidak jauh dari Kecamatan Sindang Barang, kamu bisa mampir ke Pantai Apra, hamparan pasir dan panorama ombak laut selatan ada disini. Mau berenang boleh, mau sekedar foto-foto juga boleh.Tetap hati-hati ya, karena ombaknya lumayan besar.

Lokasi : Saganten, Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43272

18. Pantai Sereg

Di Pantai Sereg, kamu bisa berfoto dariatas bukit dengan latar belakang ombak yang ada di Pantai Sereg. Lokasi ini akan sangat ramai di libur lebaran dan menjadi destinasi liburan utama warga lokal Cianjur selatan. Masih satu gugusan dengan Pantai Apra dan Pantai Jayanti

Lokasi : Saganten, Sindangbarang, Saganten, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43272

19. Pantai Jayanti

Jayanti mungkin lokasi paling jauh dari Cianjur Kota, kamu perlu waktu lebih untuk mengeksplore Cianjur selatan. Di Sini kamu bisa melihat pelabuhan Nelayan dan cagar alam Bojonglarang, jika diteruskan menuju selatan jayanti lebih dekat perbatasan dengan Pameungpeuk, Garut.

Lokasi : Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *