Curug Cikondang
Foto : https://www.instagram.com/cora_ropejump/

18 + 1 Bonus Air Terjun (Curug) di Cianjur Yang Harus Kamu Kunjungi

Cianjur, sebagai kota yang penuh dengan kenangan layaknya lagu berjudul “Semalam di Cianjur” yang syarat makna. Sebagai kota yang terus berbenah tak luput menghadirkan pengalaman bagi siapapun yang mengunjunginya.

Terlebih jika kamu berkunjung ke Cianjur Selatan, akan menemukan suasana berbeda dengan keramahan penduduk lokal yang masih kental adatnya.

Pesona Cianjur selain untuk dataran tinggi di kawasan Cipanas dan Puncak, alam di Cianjur selatan, kali ini kami coba rangkum daftar Air Terjun atau Curug di Cianjur yang bisa kamu Kunjungi. Wahh.. info bagus nih buat “Ancur” (anak curug – red)

1. Curug Cibeureum, Taman Nasional Gede Pangrango, Cipanas.

Curug Cibeureum, berada di Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango memiliki debit air yang sangat deras, mengunjungi curug ini, kamu bisa ambil rute arah Kebun Raya Cibodas (KRC), karena pintu masuknya tidak jauh dari KRC. Namun siapin stamina ya, karena kamu harus trekking sejauh 2,8 km menuju curug ini.

2. Curug Luhur, Cibinong Cianjur Selatan

Debit yang deras, air terjun ini berada di Selatan kota Cianjur, Kecamatan Cibinong. Kamu bisa berfoto disini buat mewarnai feed sosial media kamu. Di kawasan ini, kamu bisa menginap backpacker di rumah warga sambil menikmati kearifan lokal penduuk setempat. Kesini, kamu bisa sekalian ke Curug Walanda lokasinya lumayan berdekatan.

Curug Luhur Cianjur Selatan
Foto : @daden.cokor/

3. Curug Walanda, Cibinong Cianjur Selatan

Setelah dari Curug Luhur, kamu bisa ke Curug Walanda. Ya, seru karena di Curug ini kamu bisa melewati sungai dan berenang. Ada lobang kecil yang sangat dalam, bahkan admin pernah meloncat-loncat ke lobang tersebut. Bisa juga bermain perosotan di sungai yang bercadasnya.

Curug Walanda Cianjur
Foto : @aldybaihaqi/

4. Curug Siuh, Cibeber Cianjur

Jaraknya masih terbilang terjangkau dari Cianjur Kota, tidak seperti curug yang ada di Cianjur Selatan. Curug ini bisa jadi alternatif kamu saat melakukan perjalanan ke Cianjur.

Curug Siuh Cianjur
Foto : https://www.instagram.com/solehykbn_12/

5. Curug Cikondang, Campaka Cianjur Selatan

Debit air yang deras, bisa kamu nikmati saat mengunjungi Curug Cikondang. Yah.. Curug ini berada di Kecamatan Campaka, dan sekitar 1,5 s.d 2 jam perjalanan melalui jalur selatan masuk dari Warung Bitung. Sepanjang perjalanan, kamu akan menikmati eloknya pemandangan baik sawah maupun kebun teh. Oh iya, kamu juga bisa ikut Canyonering kalo kamu suka dengan kegiatan yang memacu adrenalin.

Curug Cikondang Cianjur
Foto : @chrisnnugraha/

Sensasi Canyonering Curug Cikondang

Curug Cikondang
Foto : @cora_ropejump/

6. Curug Citambur, Pasir Kuda Cianjur Selatan

Uhuy, air terjun ini keren dan sejuk, air yang menjulang tinggi dan sangat deras membuat air terjun ini punya pesona sendiri. Berada 17 km dari Jalan utama Cianjur – Sindangbarang dengan akses tanjakan dan turunan yang terjal. Jadi siapin stamina kendaraan yang bener-bener stabil ya, Guys.

wana wisata curug citambur
Foto : @_kopites_man/

7. Curug Dadali, Kadupandak Cianjur Selatan

Kamu tau Air Terjun Niagara yang mendunia ? hehe ya ada miniaturnya juga loh di Cianjur. Namanya Curug Dadali, berada di Kec. Kadupandak Cianjur selatan bisa jadi alternatif untuk feed sosial media kamu.

curug dadali kadupandak cianjur
Foto @_kopites_man

Jangan Terlewat :

  1. Daftar Tempat Wisata di Cianjur Terupdate
  2. Jadwal Buka, Rute dan Aturan Alun-alun Cianjur

8. Curug Cibuluh, Leles Cianjur Selatan

Memang Cianjur Selatan tak ada matinya, sekarang giliran Kec. Leles yang mengeluarkan pesonanya dengan menghadirkan Curug Cibuluh. Yes.. dikutif dari lama instagram Curug Cibuluh.

curug cibuluh cianjur selatan
Foto @hendimulyana_s

9. Curug Cisampay, Tanggeung dan Mekarwangi Cianjur Selatan

Yes, ada yang sama disini, satu curug Cisampay di Tanggeung dan satu lagi di Mekarwangi. Keduanya belum terlalu dikenal banyak orang dan memang belum terjamah, belum banyak publikasi tentang kedua curug ini. Namun jika kamu penasaran boleh untuk mencoba mengunjunginya.


10. Curug Cijampang, Pagelaran Cianjur Selatan

Berada di Kecamatan pagelaran Cianjur Selatan, tepatnya di Desa Situhiang. Akses masih sulit jika menggunakan kendaraan roda 4, hanya bisa sampai di Bale Desa Situhiang saja. Dari Cianjur kota, kamu bisa naik Elf dari terminal Pasir Hayam jurusan Cijampang dan berhenti di Desa Situhiang.

Curug Cijampang Cianjur
Foto : @roobimaulana

11. Curug Tengah, Sukanagara, Cianjur Selatan

Ini berada di kaki bukit Parang di daerah Citiis, Sukanagara. Jika kamu melewati jalan utama dari Cianjur, sudah terlihat dari jalan. Namun jika sedang kemarau, Curugnya cenderung surut. Boleh sekalian jalan mampir..

Curug citiis sukanagara
Foto : @curugmaniacianjur

12. Curug Ngebul, Pagelaran Cianjur Selatan

Air Terjun yang satu ini populer di instagram, dengan panorama dan tinggi curug yang menjulang tinggi dengan pemandangan sekitarnya yang asri, sanggat keren banget buat feed instagram kamu.

Curug Ngebul Cianjur Selatan
Foto : @wanderlustsurgeon/

13. Curug Mata Air Manangel, Mande Cianjur Kota

Curug Mananggel, berada di kaki bukit atau Gunung Mananggel, tidak jauh dari Cianjur kota kamu bisa menikmati Curug Ini sambil bermain-main. Atau bisa sekalian trekking ke Gunung Mananggel sembari menikmati panorama alam Gunung Mananggel

Curug Mata Air
Foto : @ibenk2122

Baca : Gunung Mananggel Cianjur Dengan Sanghyang Tapaknya Begitu Memukau

14. Curug Pancur Desa Kemang, Bojong Picung Cianjur Selatan

Tanpa basa basi lagi, air terjun ini juga disebut Curug Pancur di Desa Kemang Kec. Bojongpicung Cianjur. Lihat fotonya

curug pancung desa kemang
Foto : @terasmudacianjur/

15. Curug Batu Lempar, Betlem, Gedeh Cianjur Kota

Curug Batu Lempar atau biasa juga disebut Betlem ini sangat tersembunyi. Berada di area perkebunan teh Gedeh Cianjur. Curug ini layak dikunjungi, namun siap-siap ya, kamu harus trekking untuk mengaksesnya.

curug batu lempar
Foto : @kiki_albantani/

16. Curug Ciastana, Kadupandak Cianjur Selatan

Guys, Ini juga bisa jadi pililhan untuk menghiasi feed instagram kamu. Berada di Kadupandak, Cianjur Selatan. Bisa searah dengan Curug Dadali juga.

Curug Ciastana
Foto : https://www.instagram.com/abee_aries/

17. Curug Dengdeng, Naringgul Cianjur Selatan

Nah kalo curug yang ini masih alami, Guys. Belum banyak menjamah karena akses yang masih belum resmi (update 2018) jadi jika kamu suka yang perawan dan asri boleh mengunjungi Curug Dengdeng. Ingat ya, banyak nama curug yang sama di lokasi lain.

Curug Dengdeng Cianjur Selatan
Foto : @pakrw25

18. Curug Cipendawa, Cipanas Cianjur

Setelah listlist di Cianjur Selatan, cianjur kota juga punya Curug Cipendawa, tepatnya di Desa Sukatani, Cipanas. Untuk akses kamu harus berjalan kaki melewati permukiman hingga ladang. Siap-siap bertemu dengan indahnya Curug Cipendawa.

Curug Cipendawa Cipanas Cianjur
Foto : @td.yudha85/

BONUS + 19. Green Canyon, Leles Cianjur Selatan

Tebing batu yang keren ada di Cianjur juga loh, lokasi masih asri dan bersih terlebih belum banyak terjamah akan memberikan wisata pribadi untuk kamu. Siap menjelajah ? ini kami temukan dalam postingan instagram namun tidak disebutkan lokasi detilnya, dan kami menemukan di komentar. Langsung tanya orangnya aja yuk, Guys ! atau ada yang udah pernah kesini ?

Setelah melihat semuanya, kamu pasti pengen segera packing dan menjajaki satu persatu air terjun yang kami rangkum di atas.

Selalu update informasi tempat wisata terbaru Cianjur hanya di Doyanjalan.com


Informasi & Reservasi :
Whatsapp / Phone : 081298229252
Email : turiz.id@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *