Paket Tour Labuan Bajo 2024 Harga Mulai Rp. 1.4 Juta

Labuan Bajo sebagai ibu kota Manggarai Barat – NTT, saat ini semakin dilirik sebagai salah satu tujuan pariwisata, baik bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Perekonomian Labuan Bajo yang sejak dahulu memang banyak berputar di area pantai, sekarang digarap secara khusus dengan mengandalkan aset-aset yang telah ada sejak dahulu : pelabuhan yang indah, pondok-pondok yang membaur dengan alam, kondisi alam yang belum banyak tersentuh modernisasi, bahkan kano, perlengkapan berlayar, serta kapal-kapal bermotor yang sudah ada sebelumnya.

Labuan Bajo juga merupakan salah satu titik pemberangkatan menuju Pulau Komodo yang sangat terkenal. Selain itu, beberapa pulau yang ada di sekitarnya juga menjanjikan surga bagi para pecinta diving dan snorkeling. Sebut saja beberapa di antaranya : Pulau Bidadari, Pulau Selaya, dan Pulau Sabolo.

Tapi sebelumnya siapkan waktu untuk membaca artikel ini, karena lumayan cukup panjang. Namun kami buatkan navigasi di bawah ini untuk kamu. Jadi kamu bisa loncat ke bagian yang mau kamu ketahui.

Berikut bahasan yang akan dibahas di postingan ini.

Paket Tour Labuan Bajo Tahun 2024

Diantara sekian tour dan jadwal terbaik, kami memiliki paket unggulan untuk melayani kamu liburan ke Labuan Bajo. Paket tersebut adalah

Untuk rombongan dalam jumlah banyak. sebaiknya kamu pilih paket private trip dengan sewa kapal labuan bajo sendiri khusus rombonganmu. Lebih fleksibel dan tidak digabung dengan peserta lain.

Daftar Harga Trip Labuan Bajo

One Day Trip Labuan Bajo Rp. 1.450.000 
Superior Boat 3D2N Rp. 2.500.000
Deluxe Boat 3D2N Rp. 3.500.000
Luxury Boat 3D2N Rp. 4.500.000

Tour Gallery

Testimonial Customer

Sailing Komodo Labuan Bajo

Sailing Komodo Labuan Bajo adalah suatu perjalanan yang dimulai dari Labuan Bajo, berlanjut mengelilingi pulau-pulau terdekat dengan pesonanya masing-masing, dan diakhiri dengan kembali ke Labuan Bajo sebagai titik akhir.

Pulau-pulau yang akan disinggahi antara lain Pulau Padar, Gili Lawa, Pulau Rinca, Pulau Kelor, Pulau Kalong yang terkenal dengan koloni kelelawar besarnya, dan tentu saja Pulau Komodo yang sangat terkenal dengan hewan khasnya, komodo.

Obyek Tempat Wisata di Pulau Komodo Labuan Bajo

Labuan Bajo tidak hanya populer dengan Taman Nasionalnya saja. Banyak obyek wisata menarik yang bisa disebut sebagai paket komplit liburan, mulai dari wisata bahari dengan berbagai kegiatan air yang menyenangkan hingga pemandangan menakjubkan dari atas bukit dengan berbagai kegiatan yang memicu adrenalin.

Di bawah ini Destinasi yang akan dikunjungi dalam paket tour Labuan Bajo

1. Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu desa di Kecamatan Komodo. Disini pengunjung dapat berlibur dengan lengkap, menikmati pemandangan dari atas bukit ataupun wisata bahari. Nama Labuan Bajo sendiri berasal dari kata Labuan dan Bajo. Labuan adalah tempat berlabuh sementara Bajo merupakan suku Bajo salah satu suku di Sulawesi.

Labuan Bajo Tour

2. Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan salah satu pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Di sini hidup berbagai jenis binatang diantaranya adalah komodo, babi liar, kerbau dan burung. Jarak Pulau Rinca lebih dekat ke Labuan Bajo di banding ke Pulau Komodo. Kita dapat menemukan komodo yang sedang berjemur di siang hari.

Pada periode bulan Mei-September merupakan masa kawin komodo. Sehingga kita akan sulit untuk menemukan komodo yang berjemur di Pulau ini. Saat periode ini kita tidak disarankan untuk berkunjung ke sarang komodo. Tingkat agresifitas yang tinggi akan membahayakan pengunjung yang mendekat.

Untuk sampai ke Pulau Rinca memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan dari Labuan Bajo. Pulau Rinca sudah memiliki beberapa penunjang bagi wisatawan. Sudah terdapat homestay di sekitar lokasi pos penjagaan. Namun ada baiknya Anda mempersiapkan makanan dan minuman untuk menghindari dehidrasi.

Paket Trip Labuan Bajo

3. Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang berada di wilayah administratif Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Penamaan pulau ini diambil dari nama hewan yang tinggal hidup di sini yakni Komodo. Sejak tahun 1980 pemerintah Indonesia sudah menetapkan Pulau Komodo sebagai Taman Nasional. Selain itu Pulau Komodo juga mendapatkan predikat sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO.

Pulau Komodo juga memiliki sebuah desa dengan panorama yang indah yakni Labuan Bajo. Kawasan ini memberikan sebuah sensasi keindahan laut dan bukit yang mengagumkan. Kita akan diajak menikmati wisata yang dapat memacu adrenalin. Berikut ini kami sajikan destinasi wisata yang menarik di Pulau Komodo.

Komodo Island

4. Taka Makasar (Pantai Pink)

Sebuah destinasi wisata favorit baru di sekitar Taman Nasional Komodo bernama Taka Makasar. Lokasi ini menjadi istimewa karena merupakan pulau yang terbentuk dari gugusan pasir. Pasir yang ada di pulau ini terbilang unik. Terdapat pasir yang berwarna pink dan berwarna putih.

Keindahan lautnya juga sangat luar biasa. Jernihnya air laut memudahkan kita melihat ke dasar laut dari permukaan. Berada disini seperti dalam sebuah surge karena keindahannya. Aktivitas yang dapat dilakukan di Taka Makasar adalah snorkeling dan diving.

Untuk sampai ke Taka Makasar dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Labuan Bajo. Kapal tidak dapat bersandar dekat Taka Makasar. Sehingga wisatawan biasa di antar menggunakan perahu kecil untuk sampai ke lokasi.

Paket kapal phinisi Labuan Bajo

5. Pulau Kalong

Sesuai dengan namanya pasti Anda sudah mengetahui hewan apa yang berada di Pulau ini. Ya Pulau Kalong merupakan Pulau yang banyak di huni kelelawar atau kalong. Saat siang hari Anda akan melihat mereka bergelantungan di atas pohon. Sebenarnya saat yang paling pas berkunjung ke pulau ini adalah saat matahari akan terbenam.

Anda akan menyaksikan kalong-kalong terbang meninggalkan pulau ini untuk menuju Labuan Bajo. Pulau Kalong tidak dapat disinggahi karena hanya terdiri dari gugusan pohon-pohon bakau. Ketika berkunjung kita hanya bisa mengamati pulau ini dari atas kapal yang bersandar.

Namun kadang kala Pulau Kalong menjadi tempat bersandar kapal untuk istirahat. Gususan pohon bakau dianggap aman melindungi kapal dari arus laut pasang. Kapal-kapal ini akan melanjutkan perjalanan di pagi hari.

wisata labuan bajo

5. Pulau Padar

Diantara gugusan pulau-pulau yang berada di Taman Nasional Komodo, ada satu pulau yang paling istimewa. Pulau Padar namanya, saat ini merupakan primadona bagi wisatawan local maupun asing. Keistimewaan pulau ini adalah pemandangan perbukitan yang dikelilingi oleh laut biru yang cantik.

Pulau Padar merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Selain itu tidak banyak hewan yang berada disini. Hal ini terjadi karena daratan Pulau Padar terdiri dari perbukitan batuan. Saat sampai di Pulau Padar usahakan untuk menaiki hingga puncak. Maka Anda akan menemukan sebuah pemandangan yang sangat luar biasa.

Perjalanan menuju Pulau ini dapat ditempuh sekitar 3 jam dari Labuan Bajo. Pulau Padar tidak menyediakan fasilitas menginap. Biasanya wisatawan hanya visit tanpa menginap. Anda bisa menggunakan Speedboat, kapal nelayan maupun yacht atau pinisi untuk berkunjung kesana.

paket liburan ke labuan bajo

6. Manta Point

Manta Point merupakan salah satu destinasi wisata dalam trip Komodo. Di lokasi ini wisatawan dapat snorkeling atau menyelam bersama Manta yang ramah terhadap pengunjung. Ekosistem bawah laut yang masih terjaga menjadikan pemandangan bawah laut disini sangatlah menakjubkan.

Selain dapat bertemu Manta di laut. Kita juga dapat menemukan hewan khas Nusa Tenggara Timur yakni Komodo. Terdapat beberapa ekor komodo yang tinggal di Manta Point. Untuk sampai ke lokasi membutuhkan waktu 4-6 Jam dari Pulau Bali. Atau dapat ditempuh sekitar 25 menit dari Pink Beach.

Manta Point

7. Pulau Kanawa

Salah satu destinasi tujuan wisata aktris mancanegara adalah Pulau Kanawa. Salah satu pulau yang terdapat dalam wilayah Nusa Tenggara Timur. Keindahan laut yang ada di pulau ini sama seperti yang lain. Pembedanya adalah pada saat air laut surut, maka kamu bisa menangkap hewan-hewan laut tanpa repot.

Hal yang jarang terjadi di Pantai lainnya, selain itu gugusan karang yang indah mengundang banyak ikan-ikan berwarna-warni yang hadir disana. Jadi aktivitas wajib yang dilakukan di Pulau ini adalah menyelam dan snorkeling.  Pulau Kanawa dapat diakses melalui Labuan Bajo. Tentu kamu akan merasa segan untuk pulang jika sampai di Pulau ini.

Paket wisata labuan bajo

8. Pulau Kelor

Ketika berkunjung ke Pulau Komodo maka agendakan untuk mengunjungi Pulau Kelor. Tempat ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Tidak banyak pengunjung yang datang sehingga Anda dapat menikmati dengan tenang.

Ada banyak tempat yang pemandangannya sangat indah di Pulau ini. Anda bisa melakukan kegiatan snorkelling untuk menikmati keindahan bawah laut. Selain itu Anda pun dapat pergi menaiki bukit yang ada di Pulau ini. Pemandangan yang ada sangatlah menawan bisa membuat Anda lebih fresh setelah berlibur.

Untuk sampai ke Pulau Kelor memerlukan waktu sekitar 1 jam dari Labuan Bajo dengan menggunakan kapal. Di Pulau ini tidak ada fasilitas apapun, jadi Anda harus mempersiapkan semua perlengkapan selama menikmati Pulau Kelor.

Trip Labuan Bajo

9. Pulau Siaba / Sebayur

Sebayur Island merupakan salah satu pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur. Tempat ini merupakan lokasi yang sangat pas untuk snorkeling dan diving. Ada banyak spot yang keren untuk dilakukan penyelaman.

Spot terdekat yang sering digunakan untuk diving adalah Crystal Rocks, Castle Rocks dan Batu Bolong. Anda tidak perlu membawa peralatan menyelam, disini terdapat persewaan peralatan menyelam. Pemandangan bawah laut Sebayur Island sangatlah indah. Masih sangat jernih perairannya sehingga sangat pas untuk digunakan sebagai spot menyelam.

Untuk sampai di Sebayur Island diperlukan waktu perjalanan sekitar 2 jam dari Labuan Bajo. Alat transportasi yang umum digunakan adalah speedboat. Di pulau ini juga sudah terdapat penginapan, anda dapat menggunakannya jika ingin menginap dipulau ini.

Paket tour labuan bajo

Waktu Terbaik Wisata Ke Labuan bajo

Kalau kamu mulai tertarik, atau bahkan menjadi sangat tertarik untuk berwisata ke Labuan Bajo, berikut rekomendasi bulan dan waktu terbaik yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu:

Januari – Februari

Pada bulan-bulan ini biasanya diselenggarakan Festival Reba, sebuah pesta adat masyarakat Langa yang digelar di Kabupaten Ngada. Festival ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada Sang Pencipta, sekaligus untuk memohon restu para leluhur agar panen dapat berjalan dengan baik.

Dimulai dengan mengumpulkan segala hasil panen — tanaman pangan maupun ternak — , acara ini dilanjutkan dengan penyambutan tamu, tarian, pembacaan mitos dan cerita rakyat yang ada, serta pemujaan sesuai dengan adat masyarakat daerah tersebut

Namun di bulan ini puncaknya musim angin jadi kami close untuk sailing di bulan ini.

Maret – Juni

Bulan April merupakan bulan terbaik untuk menikmati keindahan Labuan Bajo. Langit terlihat sangat cerah, bukit-bukit meghijau, dan pemandangan lautnya tampak sempurna. Kondisi alam di bulan ini juga sangat bersahabat sehingga banyak wisatawan yang memilih untuk datang di bulan ini agar bisa menjelajahi keindahan laut dengan melakukan diving, snorkeling, maupun sekedar menjelajah dengan perahu.

Di bulan Mei, vegetasi yang mulai menguning serta cuaca yang semakin cerah juga tak kalah menarik. kamu bahkan bisa melihat hamparan pasir di bawah laut dari atas permukaannya saja.

Kalau kamu tertarik dengan adat khas suatu daerah, kamu wajib berkunjung di bulan Juni. Pada bulan ini, sebuah pertunjukan tinju tradisional yang disebut sebagai Tinju Sagi atau Etu diadakan. Memang tidak ada hadiah yang diperebutkan, namun kegiatan ini secara konsisten diadakan sebagai bentuk ungkapan syukur atas berkat yang telah diberikan oleh para leluhur sepanjang tahun.

Juli – September

Nah kalau kamu tertarik berkunjung ke Labuan Bajo terutama karena Pulau Komodo, maka kamu wajib berkunjung di bulan Juli – September. Bulan-bulan ini merupakan musim kawin bagi komodo, sehingga hewan langka ini akan sangat mudah ditemukan di Taman Nasional Loh Liang.

Oktober – Desember

Cuaca cerah di bulan Oktober – November didukung dengan udaranya yang sudah semakin sejuk serta gelombang lautnya yang tenang juga merupakan waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan bawah laut. Kalau kamu pecinta diving, pilihlah waktu ini agar bisa bebas mengamati ikan-ikan dan terumbu karang yang luar biasa menakjubkan.

Perubahan cuaca di bulan Desember tidak mengurangi jumlah wisatawan yang datang di bulan tersebut. Memang hujan mulai sering turun di malam hari. Namun kamu bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan waktu siang harinya. Lalu bagaimana dengan malam hari? Banyak wisatawan yang justru berpendapat bahwa di bulan ini, kombinasi lingkungan dan cuaca justru menjadikan Labuan Bajo sebagai salah satu tempat liburan paling romantis.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum ke Pulau Komodo

Mengunjungi Pulau Komodo berarti akan membawa kita bertemu dengan hewan langka yang disebut-sebut sebagai salah satu hewan purba yang masih bertahan sampai saat ini. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat kamu mengunjungi tempat tersebut:

Menstruasi atau mengalami luka luar

Komodo adalah binatang dengan penciuman yang sangat tajam. Mereka bisa mencium bau darah dari jarak yang cukup jauh. Kalau kamu sedang menstruasi atau mengalami luka luar, sebaiknya sampaikan kepada pemandu sebelum menuju kesana.

Tidak menggunakan parfum

Parfum juga merupakan salah satu bau-bauan yang bisa mengganggu penciuman komodo yang sensitif. Lupakan parfum saat kamu memutuskan untuk berkunjung kesan.

Tidak memisahkan diri dari rombongan

Percayalah bahwa tidak ada komodo yang jinak, bahkan ketika mereka sedang berdiam diri dan tampak tidak berbahaya. Pastikan kamu selalu berada dalam rombongan dan dekat dengan ranger yang ada.

Antisipasi terhadap serangan

Lalu bagaimana kalau tiba-tiba terjadi serangan? Berlarilah dengan pola zig-zag. Komodo memiliki kesulitan dalam melakukan gerakan membelok, sehingga ini akan memberikan kesempatan kamu untuk memperbesar jarak yang ada. Satu lagi, naiklah ke rumah panggung terdekat karena komodo juga memiliki kesulitan untuk menaiki tangga.

Waspada terhadap lingkungan dan pepohonan

Anak-anak komodo yang bertubuh kecil biasanya suka memanjat dan tinggal di atas pohon. Jadi hati-hati melangkah, akan selalu ada kemungkinan komodo-komodo kecil ini jatuh tiba-tiba di depan kamu.

Menjaga jarak dengan komodo yang sedang bertelur

Komodo betina yang sedang bertelur atau mengerami biasanya lebih agresif. Mereka akan menyerang siapa saja yang dianggap membahayakan.

Menjaga kebersihan area

Taman Nasional merupakan area yang dilindungi oleh negara. Semua pengunjung wajib ikut menjaga kebersihannya sehingga tidak menggangu keindahan tempat, menjaga kenyamanan, bahkan meminimalisir bahaya sampah bagi komodo yang ada. Sangat disarankan untuk membawa tempat minum yang bisa diisi ulang dan tidak meninggalkan sampah plastik dalam bentuk apapun.

Persiapan sebelum ke Labuan Bajo

Mengunjungi Labuan Bajo tanpa persiapan sama artinya dengan maju perang tanpa perlengkapan. Supaya kamu bisa semakin menikmati kunjungan dan perjalanan kamu, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Tiket Pesawat PP

Harga tiket pesawat ke area Indonesia Timur memang cukup mahal. Pastikan kamu menyiapkan tiket PP jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga terbaik. Apabila harus transit, pilih yang tidak terlalu lama.

Stamina

Kalau biasanya kamu berlibur hanya untuk melepas penat setelah sekian lama beraktivitas, lupakan Labuan Bajo. Sailing Trip ini didominasi oleh kegiatan snorkeling dan trekking dengan medan yang cukup berat. Jadi sempatkan waktu untuk berolah raga setidaknya 30 menit sehari sebelum kamu menuju kesana.

Sunscreen / Sunblock

Selain topi dan kacamata hitam, sunscreen/ sunblock menjadi barang yang wajib dibawa. Cuaca disana sangat terik, kamu akan memerlukan perlindungan khusus. Karena harga sunblock / sunscreen sendiri cukup mahal, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli secara patungan untuk digunakan bersama teman-temanmu.

Sandal / Sepatu Gunung

Meskipun bukan gunung, medan yang akan kamu lalui cukup terjal. Ada baiknya menggunakan sandal/ sepatu gunung agar lebih aman. Jangan lupa juga untuk siapkan sarung tangan, karena ada kemungkinan kamu harus merangkak akibat trek yang terjal.

Akomodasi

Kalau ada jeda waktu antara jadwal flight dengan jadwal sailing, pilihlah lokasi hostel / Hotel yang dekat dengan pelabuhan. Biasanya mereka juga menawarkan rate khusus untuk backpacker, dengan beberapa bunk bed di masing-masing kamarnya. Tentu untuk kamu memiliki budget lebih kamu bisa memilih hotel yang sesuai dengan yang kamu mau.

Gembok Kombinasi

Ada waktu-waktu tertentu dimana kamu harus meninggalkan tas di hotel ataupun kapal. Pastikan barang berhargamu tetap aman dengan gembok kombinasi yang kamu bawa.

Kamera

Kamera canggih ataupun sekedar kamera HP wajib kamu bawa karena nantinya kamu akan menemukan terlalu banyak keindahan yang harus diabadikan. Apalagi kalau jika kamu ingin membagikan keindahan ini melalui whatsapp, FB, IG, ataupun sosial media lainnya.

Perlengkapan Elektronik

Jangan lupakan charger, powerbank, serta colokan listrik sendiri. Tidak ada salahnya membawa powerbank tenaga surya, karena kamu tidak perlu repot-repot mengisi daya powerbank tersebut.

Membawa earphone juga akan berguna untuk mengisi kebosanan sepanjang perjalanan.

Peralatan Mandi

Beberapa paket tour mengharuskan kamu bermalam di atas boat atau kapal, dan tentu saja perlengkapan mandi tidak menjadi fasilitas yang wajib disediakan. Bawalah peralatan sederhana seperti sabun, shampoo, pasta dan sikat gigi, serta handuk kecil.

P3K dan perlengkapan pribadi

Sama seperti saat kamu bepergian ke tempat lain, bawalah selalu obat-obatan yang biasa kamu gunakan. Selain itu beberapa perlengkapan pribadi kecil yang kira-kira kamu butuhkan juga bisa disertakan dalam list wajib dibawa seperti tissue basah, pembalut / pantyliners, multivitamin, serta apapun yang biasanya selalu kamu gunakan sehari-hari.

Uang Cash

Bawalah uang cash secukupnya. Jangan sampai kamu kehabisan uang cash ketika ingin membeli oleh-oleh atau melakuka transaksi lainnya.

Travelmates

Jangan lupa hal terpenting untuk liburan yang lebih menyenangkan, teman perjalanan. Teman yang menyenangkan tentu membuat kamu akan jauh lebih menikmati perjalananmu. Namun kalau ternyata orang-orang di sekitar kita tidak bisa menemani karena kendala kesibukan atau yang lainnya, kamu selalu bisa mengikuti Open Trip ke Labuan Bajo.

Kondisi Alam Labuan Bajo

Keindahan Labuan Bajo sudah cukup lama dikenal, terutama justru oleh wisatawan mancanegara. Namun belakangan nama Labuan Bajo semakin meroket, apalagi sejak masuk ke dalam proyek Bali Baru yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata.

Seiring dengan hal tersebut, transportasi menuju Labuan Bajo menjadi semakin mudah didapat. Yang paling mudan dan cepat tentu saja dengan menggunakan pesawat menuju Bandara Komodo. Atau bisa juga dengan berlayar menggunakan kapal laut dari Benoa, Bali.

Berbagai pilihan hotel kelas backpacker sampai premium bisa kamu dapatkan dengan mudah. Apalagi sejak adanya pembangunan area komersil Pelabuhan Marina dan rencana pemindahan terminal peti kemas, semakin banyak pilihan sesuai kebutuhan dan kemampuanmu.

Beragam wisata yang ada bisa dikelompokkan menjadi 4 ragam wisata :

  • Wisata Pantai : Pantai Pink, Pantai Gorontalo, Pantai Pede
  • Wisata Alam : Gua Batu Cermin, Air Terjun Cunca Wulang, Bukit Cinta
  • Wisata Budaya : Liang Dara, Desa Todo, Kampung Melo
  • Wisata Pulau : Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Pinca

Semakin banyak pilihan, semakin sulit menentukan prioritas ya? Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke Labuan Bajo, kami sarankan kamu untuk menggunakan jasa Doyan Jalan agar dapat mengeksplorasi segala keindahan dan keunikan yang ada.

Namun jangan lupa untuk memastikan kembali jadwal liburan dengan budget kamu, karena berlaku sama seperti di tempat wisata lainnya, ada bulan ramai wisatawan yang tentunya berpengaruh terhadap harga yang harus kamu bayarkan.

Kapal di Labuan Bajo

Menikmati keindahan Labuan Bajo dengan berlayar merupakan pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin melihat dari dekat apa saja yang ada di pulau-pulau tersebut. Kapal yang tersediapun bervariasi, mulai dari phinisi, yacht, kapal medium, bahkan kapal open deck. Mahal atau tidaknya tentu tergantung pada kapal yang kamu pilih.


Tag : Labuan Bajo, one day trip labuan bajo, open trip 3d2n, paket tour labuan bajo, paket wisata labuan bajo, open trip labuan bajo, paket wisata labuan bajo 2024, paket labuan bajo, open trip labuan bajo 2024, paket tour labuan bajo 2024, paket wisata labuan bajo 2024, paket honeymoon labuan bajo, paket liburan labuan bajo, private tour labuan bajo, biaya liburan ke labuan bajo, paket wisata labuan bajo 3 hari 2 malam, tour labuan bajo murah, open trip labuan bajo 2024, city tour labuan bajo, paket trip labuan bajo, paket wisata ke labuan bajo, paket liburan ke labuan bajo, trip labuan bajo murah, open trip labuan bajo murah, paket tour labuan bajo murah 2024

Rujukan :

Labuan Bajo : Wikipedia

Url : https://www.doyanjalan.com/labuan-bajo/

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?