Bergabunglah dengan RIBUAN orang yang sudah melakukan perjalanan bersama DOYAN JALAN INDONESIA
Bergabunglah dengan RIBUAN orang yang sudah melakukan perjalanan bersama DOYAN JALAN INDONESIA
Ide games untuk gathering keluarga indoor
3 Feb 2024 destinasi

7 Ide Games Seru untuk Gathering Keluarga Indoor, Anak-anak Bisa Ikut

Mengadakan gathering atau kumpul bersama keluarga dapat meningkatkan kekompakan antar saudara. Terlebih jika ada keluarga yang tinggal di kota berbeda, tentu satu-satunya cara adalah membuat acara gathering tahunan. Biasanya pada gathering keluarga, terdapat beragam kelompok usia, mulai dewasa hingga anak-anak.

Kalau kamu sedang menggelar acara gathering untuk keluarga dan sedang mencari ide games seru agar tidak bosan, yuk simak 7 ide games seru berikut ini. Eits, anak-anak juga boleh ikut lho!

1. Ide Games Tebak Gambar

credit: Pinterest.com

Ide games yang pertama untuk gathering bersama keluarga adalah Tebak Gambar. Permainan ini mungkin sering kamu dengar, terutama di acara-acara televisi. Agar persiapannya tidak terlalu rumit, kamu cukup mengunduh gambar dari internet dan tampilkan di layar handphone atau laptop selama permainan.

Dalam permainannya, sepasang pemain duduk saling berhadapan. Pemain pertama akan memperlihatkan gambar yang telah panitia persiapkan tanpa mengetahui seperti apa gambarnya. Sementara itu, pemain kedua harus memberi clue atau gerakan tentang gambar tersebut.

Apabila pemain pertama berhasil menebak clue yang pemain kedua berikan, maka sepasang pemain ini akan memperoleh poin. Waktu untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya pada games ini adalah selama 30 detik.

2. Tebak Judul Lagu

credit: Pinterest.com

Permainan yang satu ini akan menguji wawasan peserta gathering terkait musik. Peserta gathering harus membentuk beberapa kelompok untuk beradu kemampuan. Nantinya, pembawa acara akan menyanyikan sebuah lagu namun berupa iramanya saja, tanpa lirik. Kelompok yang berhasil menebak lagu dengan benar akan memperoleh poin. Sementara untuk pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang berhasil mengumpulkan poin paling tinggi.

Apabila kamu mengadakan acara gathering keluarga dengan jumlah anak-anak yang cukup banyak, kamu dapat memberi tebakan lagu kepada mereka berupa lagu anak-anak. Sepertinya seru ya?

3. Ide Games Berebut Kursi

Ide games berebut kursi
credit: https://sdmm.sch.id/

Berbeda dari permainan sebelumnya, peserta dari games ini sebaiknya menyesuaikan kategori umurnya. Jangan mencampur kelompok usia karena permainannya membutuhkan ketangkasan fisik.

Cara memainkannya adalah siapkan beberapa kursi dengan bentuk melingkar. Peserta harus menari sambil mengitari kursi tersebut mengikuti alunan musik yang ada. Ketika musik berhenti, pemain harus berebut kursi lalu duduk di atasnya. Apabila ada peserta yang tidak kebagian kursi, dia harus keluar dari permainan.

4. Fear Box

Ide games fear box
credit: Pinterest.com

Ide games yang berikutnya adalah Fear Box. Selama permainan berlangsung, peserta harus menebak objek di dalam kotak misterius tanpa melihatnya. Cara bermainnya cukup mudah. Panitia acara harus menyiapkan kotak yang tertutup rapat atau tidak tembus pandang. Selain itu, beri lubang seukuran tangan pada sisi kanan dan sisi kiri.

Berikutnya, masukkan objek rahasia di dalam kotak. Sebaiknya pilih objek yang menimbulkan sensasi berbeda, seperti tekstur aneh, lengket, basah, atau bahkan bergerak. Setiap pemain bergantian untuk menyentuh dan meraba objek tersebut dengan memasukkan tangan ke dalam kotak, lalu menebak objek tanpa melihat isi aslinya.

Permainan ini tentu akan menjadi permainan yang mendebarkan karena peserta tidak tahu apa isi dari kotak misterius tersebut. Yang penting, jangan pakai benda berbahaya, ya!

5. Ide Games Jenga

Ide games jenga
credit: Pinterest.com

Ide games seru selanjutnya untuk gathering berrsama keluarga adalah Jenga. Permainan ini sangat simpel, yakni dengan menyiapkan balok-balok kayu. Untuk proses permainannya, peserta gathering harus membentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok akan beradu kecepatan untuk menyusun balok-balok kayu hingga membentuk menara.

Trik menuntaskan games ini adalah menyusun balok kayu dari bagian bawah dengan menata secara horizontal atau miring. Lalu pada tingkatan berikutnya, susun balok kayu dengan arah yang berbeda, yakni vertikal atau tegak. Kelompok yang lebih dulu berhasil membentuk menara hingga balok kayu habis adalah pemenangnya.

6. Ide Games Balap Balon

credit: www.slbfisabilillah.sch.id

Selanjutnya, ada games Balap Balon yang dapat memberi keseruan untuk acara gathering bersama keluarga. Dalam permainan ini, anak-anak atau peserta yang masih muda boleh mengikutinya. Sebab, permainan ini membutuhkan kelincahan untuk menggiring balon.

Cara bermainnya adalah setiap peserta akan mendapatkan sebuah balon. Balon tersebut harus terapit di antara kaki. Peserta dapat berjalan sekaligus mempertahankan balon agar tidak jatuh hingga garis finish. Peserta yang sampai titik akhir tanpa menjatuhkan balon adalah pemenangnya.

7. Tebak Silsilah Keluarga

credit: Pinterest.com

Ide games seru yang terakhir adalah Tebak Silsilah Keluarga. Permainan ini membutuhkan kertas dan bolpoin saja. Panitia cukup menuliskan pertanyaan silsilah keluarga, seperti ‘Siapa anak pertama dari Bapak Widiarto?’ dan lain sebagainya.

Tanpa membentuk kelompok, pembawa acara dapat melempar pertanyaan ini kepada seluruh peserta gathering. Peserta yang paling cepat mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat poin.

Permainan ini tentu menguji kekompakan agar saling mengetahui nama kerabat dalam satu keluarga, terutama keluarga besar yang jumlahnya cukup banyak.

****

Itu tadi 7 ide games seru untuk acara gathering indoor bersama keluarga. Tujuan penting dari mengadakan permainan adalah untuk menghidupkan acara agar tidak membosankan.

Agar acara gathering keluarga kamu semakin menyenangkan, yuk konsultasikan bersama Doyan Jalan! Kamu dapat menyusun acara dan kegiatan yang menarik bersama Doyan Jalan. Segera klik doyanjalan.com untuk informasi lebih lanjut ya!

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?