Bergabunglah dengan RIBUAN orang yang sudah melakukan perjalanan bersama DOYAN JALAN INDONESIA
Bergabunglah dengan RIBUAN orang yang sudah melakukan perjalanan bersama DOYAN JALAN INDONESIA
Ide games untuk acara gathering outdoor
30 Jan 2024 destinasi

7 Ide Games Anti Mainstream untuk Acara Gathering Outdoor

Momen kumpul bersama keluarga dan teman tentu menjadi kesempatan emas untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Salah satu solusinya adalah mengadakan gathering di luar kota untuk menjalin kekompakan kembali. Agar momen gathering tidak membosankan, melakukan permainan atau games seru dapat menjadi agenda di sela-sela acara.

Jika kamu sedang merancang acara gathering dan sedang mencari ide permainan, yuk simak 7 ide games anti mainstream untuk acara gathering di outdoor!

1. The Minefield atau Ladang Ranjau

Ide games The Minefield
credit: https://kamelasblog.blogspot.com/

Permainan The Minefield atau dengan nama lain Ladang Ranjau adalah permainan berkelompok dengan anggota dua orang atau lebih. Permainan ini membutuhkan beberapa alat seperti balok atau cone yang akan jadi ranjau.

Pada proses permainannya, satu orang dari anggota kelompok akan menyeberangi ladang ranjau dengan kondisi mata tertutup. Sementara itu, anggota kelompok yang lain memberi arahan kepada anggota yang matanya tertutup.

Permainan ini tentu dapat menumbuhkan kepercayaan satu sama lain. Pasalnya, setiap anggota harus memberi instruksi tepat kepada anggota yang matanya tertutup agar menghindari ranjau.

2. Ular Naga

Ular Naga
credit: 1001indonesia.net

Sama dengan The Minefield, permainan Ular Naga juga cocok untuk acara gathering di outdoor yang luas. Permainan ini mengharuskan seluruh peserta gathering untuk membentuk kelompok dengan jumlah yang rata. Nantinya, setiap kelompok akan membentuk ular dengan cara memegang bahu temannya yang di depan. Orang paling depan akan menjadi kepala naga, sementara yang paling belakang adalah ekor.

Setiap ular naga akan mengambil posisi setidaknya 3 meter dari kelompok lain. Ketika permainan mulai, masing-masing kelompok akan memangsa ekor ular kelompok lain. Orang yang termangsa akan keluar dari permainan. Hingga waktu habis, kelompok dengan jumlah anggota yang paling banyak bertahan adalah pemenangnya.

Permainan ini dapat membentuk kekompakan dan kerja sama setiap anggota dalam kelompok, terutama saat menemui keadaan darurat.

3. Human Knot atau Ikatan Manusia

Human Knot
credit: icebreakerideas.com

Seperti Ular Naga, permainan Human Knot membutuhkan tempat yang luas untuk acara gathering. Permainan ini dapat beranggotakan 8-20 orang, tergantung dari jumlah peserta gathering.

Saat games berlangsung, setiap kelompok dapat membentuk lingkaran dan menghadap satu sama lain. Antar bahu anggota harus saling menempel. Selanjutnya, instruksikan setiap orang untuk mengeluarkan tangan kanan dan mengambil tangan anggota lain di depannya secara acak.

Berikutnya, lakukan hal yang sama pada tangan kiri. Minta setiap anggota untuk mengeluarkan tangan kiri dan ambil tangan orang lain secara acak. Apabila semua kelompok sudah membentuk ikatan, setiap grup harus melepaskan ikatan tanpa melepas tangan mereka dengan waktu yang terbatas. Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama tim dan komunikasi yang baik antar anggota.

4. Telur Jatuh

Ide games Telur Jatuh
credit: Freepik.com

Ide games untuk acara gathering outdoor berikutnya adalah Telur Jatuh. Peserta gathering harus membentuk kelompok dengan jumlah anggota yang sama. Sebelum permainan mulai, peserta akan mendapatkan bahan-bahan seperti sedotan, koran bekas, selotip, dan sebagainya untuk merancang struktur bangunan sederhana.

Berikutnya, setiap kelompok harus membuat struktur bangunan dengan rancangan yang kuat. Apabila sudah selesai, setiap bangunan akan mendapatkan uji kekuatan struktur. Sebuah telur mentah akan meluncur dari ketinggian menuju bangunan yang telah terbentuk. Apabila struktur berhasil mempertahankan telur tanpa pecah, maka dialah pemenangnya.

Baca Juga :

5. Estafet Makan Kerupuk

Estafet makan kerupuk
credit: disdikpora.bulelengkab.go.id

Ide games seru berikutnya adalah estafet makan kerupuk. Mungkin games ini sudah kerap kamu ikuti saat lomba 17 Agustusan. Namun, kali ini estafet makan kerupuk akan menguji kekompakan tim, bukan kerja individu. Cara bermainnya cukup mudah. Kamu dapat membagi peserta gathering menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 4-5 orang.

Setiap tim akan mendapatkan sebatang kerupuk. Setiap anggota akan menyantap kerupuk hingga habis tanpa bantuan tangan. Tim yang berhasil menghabiskan kerupuk paling cepat adalah pemenangnya.

6. Sack Race atau Balap Karung

Ide games Sack Race
credit: Freepik.com

Sama seperti estafet makan kerupuk, games balap karung tentu sudah sering kamu dengar saat lomba 17 Agustusan. Permainan ini akan melibatkan koordinasi, keseimbangan, dan kecepatan tubuh.

Cara bermainnya sangat mudah. Peserta gathering harus berdiri di dalam karung goni. Saat games mulai, peserta harus melompat dengan satu kaki dari garis start hingga garis finish. Peserta yang pertama mencapai garis finish adalah pemenangnya.

7. Water Balloon Toss

Ide games seru
credit: childrensministryideasunlimited.blogspot.com

Rekomendasi games untuk gathering outdoor yang terakhir adalah Water Balloon Toss. Dalam permainan ini, peserta gathering harus berpasangan dengan peserta yang lain. Nantinya, masing-masing pasangan akan melempar balon yang berisi air ke pasangan mereka. Pada setiap putaran permainan, jarak masing-masing pasangan harus semakin jauh. Pasangan yang berhasil menangkap dan mempertahankan balon air paling terakhir tanpa pecah adalah pemenangnya.

Lokasi Gathering Rekomendasi Doyan Jalan

****

Itulah rekomendasi 7 games seru untuk gathering di outdoor bersama keluarga atau teman. Agar tak sekadar senang-senang, kamu juga dapat melempar pertanyaan kepada peserta gathering terkait tujuan dari setiap permainan. Dengan begitu, peserta gathering dapat mengetahui maksud dan pesan penting dari permainan.

Agar acara gathering kamu semakin seru dan terstruktur, yuk konsultasikan bersama Doyan Jalan ! Doyan Jalan siap memberi pengalaman yang menyenangkan untuk acara kumpulmu bersama keluarga maupun teman. Jangan lupa kunjungi doyanjalan.com ya untuk tahu informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Open chat
1
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?