Pulau Semak Daun, Destinasi Wisata Camping Populer Bagi Backpacker

Pulau Semak Daun, merupaakn salah satu pulau yang berada di kawasan  kepulauan Seribu. Pulau kecil ini mungkin kurang begitu populer di kalangan wisatawan, namun pulau ini memiliki lingkungan yang cukup bersih. Tak heran jika pulau semak daun menjadi salah satu rekomendasi wisata baru yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta. tak hanya pantainya saja, air laut di pulau ini juga sangat jernih. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini terutama saat musim libur tiba. Bahkan tak sedikit diantaranya yang menginap dengan cara membangun tenda di kawasan pulau semak daun.
Hasil gambar untuk pulau semak daun
sumber: Wiyata-Island

Ya, bermalam dengan tenda di pulau tak berpenghuni ini kini menjadi saah satu kegiatan wisata yang sangat digandrungi saat ini. Tak hanya seru, tentunya kegiatan ini menjadi pengalaman tersendiri. Terlebih jika anda sedang suntuk dengan aktivitas dan hiruk pikuk keramaian di perkotaan. Camping di  Pulau Semak Daun memang menyenangkan, apalagi dengan fasilitasnya yang amat terbatas. Jika anda tertarik mengunjungi pulau ini, anda bisa mengetahui penjelasan di bawah ini.

Kegiatan Camping Yang Menyenangkan

Pulau ini memang sering dijadikan salah satu bumi perkemahan yang ada di Kepulauan Seribu. Luasnya memang tidak begitu besar, namun menyuguhkan suasana tersendiri yang cocok untuk camping dan berpetualang. Pesona pantainya yang sangat indah dan ditemani dengan pasir pantai yang berwarna putih menjadi favorit bagi pengunjung yang datang. Ombaknya juga begitu tenang, sehingga memungkinkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan di pantai dan sekitarnya.
Hasil gambar untuk pulau semak daun
sumber: TripAdvisor
 
 Di pulau ini, anda tidak akan menemukan villa, hotel, maupun homestay. Sehingga mendirikan dan bermalam di tenda menjadi kegiatan yang menyenangkan di Pulau Semak Daun. Uniknya, fasilitas di pulau ini memang cukup terbatas. Bahkan untuk air tawar saja, pengunjung harus membelinya disini. Namun fasilitas-fasilitas lainnya  seperti pasokan listrik, air bersih, toilet umum, hingga penjaga untuk keamanan dan kebersihan di pulau semak daun. Untuk warung makan, hanya ada satu warung yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan seperti mie cup, gorengan, kopi, dan lainnya. 

Anda pun juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar pulau semak daun selama camping, misalnya saja jika anda ingin menghangatkan badan, anda bisa mengumpulkan ranting-ranting pohon dari pepohonan yang sudah kering untuk digunakan sebagai api unggun. 

Aktivitas Lainnya Di Pulau Semak Daun

Selain camping, aktivitas lainnya yang menarik di Pulau Semak Daun ini adalah snorkeling. Karena airnya yang cukup jernih, anda bisa menikmati keindahan yang tersimpan di bawah laut Pulau Semak Daun. Jika anda tidak membawa peralatan snorkeling, anda bisa menyewa alat-alat snorkeling yang ada di pulau ini dengan tarif 75 ribu rupiah. Jika anda tidak begitu bisa berenang, anda bisa meminta didampingi petugas agar bisa menikmati snorkeling dengan aman. Salah satu spot snokeling yang paling direkomendasikan di tempat ini adalah di Pulau Karang Beras, letak dari pulau ini tak begitu jauh dari Pulau Semak Daun. Pemandangan underwater yang disajikan di pulau ini begitu cantik dan tidak akan membuat anda menyesal. Terumbu karang serta biota-biota laut yang cantik menghiasi bawah laut. Setelah lelah bermain air, anda bisa bilas di toilet-toilet yang sudah disediakan pihak pengelola puau semak daun. Hanya saja, disini cuma terdapat 3 toilet sehingga mau tidak mau anda harus antri. 

Gambar terkait
sumber: Gogonesi Travel Blog

Waktu sore hari menjadi momen yang paling banyak ditunggu-tunggu karena keindahan pemandangan sunset nya yang sangat mempesona. Anda bisa duduk-duduk di sekitaran pantai sambil menikmati pesona matahari yang sedang terbenam dengan dihiasi langit yang berwarna kemerahan.  Untuk melengkapi momen liburan semakin menyenangkan di pulau semak daun, bagi anda yang hobi memancing bisa mencoba memancing di sekitaran kawasan dermaga di pulau semak daun. Saat malam menjadi saat waktu yang tepat untuk memancing. Sambil menunggu ikan, anda dapat melihat lampu yang kerlap-kerip indahnya dari pulau di sekitarnya. Dan menjelang pagi, jangan sampai melewatkan pemandangan matahari terbit yang begitu indah. Spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunrise ini adalah di tepian dermaga. Namun jika anda kurang beruntung, pemandangan matahari terbit ini bisa saja tertutup oleh awan sehingga tak dapat dinikmati. 

Akses Menuju Pulau Semak Daun

Untuk akses menuju pulau Semak Daun, anda bisa berangkat dari pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Dari sini anda bisa menggunakan kapal untuk menuju Pulau Pramuka yang dapat ditempuh selama 2,5 jam perjalanan. Sebelum melanjutkan perjalanan, anda bisa beristirahat terlebih dahulu sembari mengecek perlengakapan yang dibawa. Jika ingin menginap di pulau semak daun, anda dapat menyewa tenda yang ada di Puau Pramuka. Dari pulau pramuka, hanya dibutuhkan sekitar 30 menit perjalanan untuk bisa sampai di pulau semak daun. Tidak terlalu lama bukan?

Bagaimana? menarik bukan? bermalam di Pulau Semak Daun bisa menjadi pilihan liburan yang tak biasa yang bisa anda coba. Jika ingin mendapatkan liburan yang semakin seru lainnya, anda bisa mencoba mengikuti paket wisata ke kepulauan Seribu. Sehingga anda bisa lebih luas lagi mengeksplor keindahan yang ada di Kepualauan Seribu. 
0 Komentar untuk "Pulau Semak Daun, Destinasi Wisata Camping Populer Bagi Backpacker"

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Back To Top