Pulau Salawati, Keindahan Sempurna Dari Raja Ampat Papua

Raja Ampat menjadi salah satu wisata yang cukup terkenal di Indonesia, pemandangan alamnya yang indah serta pantai-pantainya yang masih sangat alami menjadi daya tarik yang membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin berkunjung ke tempat ini. Kepulauan Raja Ampat sendiri terdiri dari berbagai pulau-puau dengan potensi wisatanya masing-masing, salah satunya yaitu Pulau Salawati yang menjadi bagian dari 4 pulau utama yang ada di Kepulauan Raja Ampat. 
Hasil gambar untuk pulau salawati
sumber: KSMTour


Pulau Salawati ini memiliki luas mencapai 1,623 km2, dan hampir 3/4 wilayahnya dipenuhi dengan pohon-pohon sagu liar. Kondisi pulau Salaswati ini begitu tenang dan sunyi, bahkan dihiasi dengan pantai perawan nya yang membuat pesonanya semakin menakjubkan. Pasir pantainya yang berwatna putih bersih dan pepohonan hijau di sekitarnya membuat Pulau Salawati semakin layak untuk dikunjungi. Hanya saja, karena pulau ini tidak begitu luas, sehingga hanya dapat dimasuk 2 kapal motor saja. Selain itu akses nya yang  agak sulit dan dibutuhkan  biaya yang cukup besar untuk bisa sampai kesini. Namun meskipun begitu, anda tidak akan sama sekali kecewa saat berlibur di Pulau Salaswati ini. 


Hal Menarik Di Pulau Salawati

Jika anda ingin beristirahat dari hiruk pikuk perkotaan, maka pulau salawati bisa menjadi pilihan yang cocok untuk berlibur. Meskipun terbilang sepi, pulau salawati menjadi favorit banyak wisatawan untuk berlibur sembari mengeksplor keindahan alam yang ada di Raja Ampat. Tak hanya menjadi tempat wisata, namun puau salawati ini juga menjadi tempat yang sering dikunjungi para peneliti dunia untuk mengeksplor lebih dalam apa saja kekayaan alam yang tersimpan di pulau ini. 
Hasil gambar untuk pulau salawati
sumber: Medan Advisor

Dihiasi dengan pepohonan hijau dan rimbun, membuat pulau salawati semakin cantik dan menawan. Di pulau ini, anda bisa menemukan air terjun yang masih alami danterjaga dengan baik. Air yang mengalir dari air terjun juga begitu jernih dan dihiasi dengan pepohonan rindang di sekitarnya. 

Saah satu hal menarik dan cukup langka anda temukan di kawasan ini adalah ditemukannya spesies baru yaitu ikan pelangi di pulau salawati. Spesies ikan ini ditemukan tim riset Indonesia-Perancis, tepatnya ditemukan di area sungai Doktor, sekitar 64 km dari kota Sorong, papua Barat. Ikan pelangi atau yang memiliki namalatin Melanotaenia Salawi ini adalah spesies ke-19 yang ditemukan melalui eksplorasi biodiversitas di kawasan ekoregion Kepala Burung Papua.

Dinamakan ikan pelangi karena memang memiliki kulit yang berwarna-warni dan sangat cantik. Dibalut dengan barisan ungu di bagian dorsal sampai lembayung ungu muda di bagian dasar ekornya. Tutup insang bertaburan dengan percikan warna emas serta noktah hijau dan jarak. Di bagian sirip abdomen hingga di bagian pangkal sirip ekor memancarkan warna violet yang terang dan dikombinasikan dengan warna biru yang berjejeran. Selain itu, terdapat percak biru tua yang melebar di bagian belakang tubuhnya;. Penemuan ikan pelangi ini secara tidak langsung menunjukkan betapa beragamnya kekayaan flora dan fauna yang ada di tanah Papua, khususnya di Raja Ampat.

Gambar terkait
sumber: Zona Anak Muda

Selain melihat kekayaan flora dan faunanya, ada spot menarik di pulau Salawati ini yaitu anda bisa menyaksikan bunker-bunker bekas peninggalan perang dunia II yang dibuat oleh negara Belanda dan Jepang. Selain itu, budaya masyarakat yang ada di sekitar kawasan pulau salawati ini juga sangat kental dan masih terjaga baik, misalnya saja anda bisa melihat pertujukan tarian wor yang menjaid ciri khas dari daerah tersebut. Selain alamnya yang indah, kearifan lokal dari tempat ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan, termasuk wisatawan dari berbagai negara sekalipun mengunjungi dan menghabiskan waktu berlibur di Pulau Salawati ini. 

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk mencapai Pulau Salawati, terlebih dahulu anda harus menggunakan pesawat dan turun di Bandara Kota Sorong. Sesampainya di kota Sorong, anda harus melakukan penyebrangan menuju Salawati selama 2 jam. Karena dibutuhkan waktu yang lama ini, terkadang membuat pengunjung menyerah untuk bepergian ke pulau cantik ini. Padahal selama perjalanan, anda akan disajikan dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan dan masih sangat asri. Dan tentu saja melihat pemandangan ini akan membuat anda tidak akan bosan karena harus melalui jalan yang panjang. Ada banyak pulau-pulau keci yang tak berpenghuni dan indah yang akan kalian lewati. 

Karena jauh dari jangkaun warga, tak hanya terihat perahu-perahu miliki penduudk setempat yang melintas di perairan ini. Apalagi pelabuhan Salawati memang tidak terlalu besar. Sehingga bisa dibayangkan sendiri betapa masih alaminya suasana yang ada di Pulau Salawati. Bagi anda yang mencoba mencari tempat "pelarian" dari aktivitas harian yang padat di perkotaan, maka pulau Salawati ini bisa menjadi pilihan. 

Bagi anda yang ingin mengeksplor lebih dalam tentang Pulau Salawati dan wisata lainnya yang ada di Raja Ampat. Anda bisa mencoba mengikuti paket wisata raja ampat yang akan membantu anda mengeksplor lebih dalam lagi keindahan yang ada di tempat ini.  
0 Komentar untuk "Pulau Salawati, Keindahan Sempurna Dari Raja Ampat Papua"

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Back To Top