Pulau Pianemo, IkonKeindahan Surga Wisata Raja Ampat

Raja Ampat tak hanya menawarkan pemandangan yang indah dari bawah lautnya yang mempesona dan beragam flora serta faunanya yang khas. Salah satu kawasan yang berada di Raja Ampat ini memiliki pemandangan lautnya yang begitu menakjubkan dengan berpadu gugusan bukit karang atau karst yang sangat elok dan memanjakan mata yaitu Pianemo. 
islets surrounded by body of water during daytime
sumber: Unsplash

Gugusan karst yang ada di Pianemo memang menghadirkan pemandangan yang begitu mempesona. Gundukan kecil dari pulau-pulau karst dan dihiasi dengan warna luatnya yang biru bisa dilihat langsung dari atas bukit Pianemo. Pianemo sendiri sering disebut sebagai mini dari Pulau Wayag, yang menjadi salah satu daerah yang berada di dalam Kab. Raja Ampat, Papua Barat. Hanya saja bedanya, bentuk dari guusan pulau karang yang ada di Pianemo lebih kecil, sehingga banyak yang menyebutkan sebagai Pulau Wayag mini. Meskipun begitu, jika anda sedang berada di Kepulauan Raja Ampat, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Pianemo yang mana menjadi ikon wisata Raja Ampat yang mempesona. 


Akses Menuju Lokasi 

Pianemo atau Piaynemo berada di Desa Pam, Kec. Waigeo Barat Kepulauan, Kab. Raja Ampat, papua Barat. Anda bisa menggunakan penerbangan menuju Raja Ampat, dari Kota Jakarta biasanya banyak ditawarkan tiket pesawat menuju Papua mulai dari Rp 1,7 juta hingga Rp 3 juta. Sesampainya di Bnadar Kota Sorong, Papua Barat, perjalanan dilanjutkan menuju Bandar Udara Marinda yang berada di Waisai kurang lebih sekitar 30 menit. Dari waisai menuju Painemo sebenarnya cukup mudah karena sudah masuk ke dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat. 

Hasil gambar untuk pulau pianemo
sumber: Okezone Lifestyle
Namun jika anda berangkat dari Kota Sorong, anda bisa menempuh perjalanan menggunakan speed boat kurang lebih selama 2 jam. Sedangkan jika anda dari Waisai, maka hanya dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan menggunakan speed boat. Untuk sewa speed boat ini memang cukup mahal, namun biasanya speed boat tersebut dapat menampung hingga 30 penumpang. Sehingga berlibur beramai-ramai bersama keluarga atau teman akan jauh lebih hemat.Begitu kapal anda memasuki perairan Pianemo, anda akan langsung disambut dengan gugusan -gugusan pulau karang yang begitu indah dengan pemandangan air lautnya yang berwarna hijau kebiruan.

Daya Tarik Painemo

Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan yang ada di Pianemo, maka sebaiknya anda naik ke puncak bukit Pianemo. Untuk menaiki puncak bukit ini, anda harus melalui jalur yang terjal ke atas bukit. Namun jangan khawatir, disini sudah tersedia tangga kayu yang berjumlah 336 anak tangga yang dapat membawa anda menuju puncak bukit. Meskipun melelahkan, namun semua itu akan terbayarkan sempurna ketika anda sampai di atas bukit. Mungkin bagi anda yang menyukai aktivitas yang memicu adrenalin, kegiatan ini akan sangat anda sukai. 

Sesampainya di atas bukit, anda akan disambut dengan pemandangan yang begitu indah yang terhampar luas di depan mata anda. Ada banya gugusan-gugusan pulau karang yang melingkar seakan akan membentuk sebuah laguna hijau di tengah lautan biru yang membentang luas. Dari kejauhan, pemandangan ini begitu menakjubkan seakan surga dunia yang bakal membuat anda betah berlama-lama di tempat ini. Selama berada di atas bukit, jangan lupa untuk berfoto dan mengabadikan momen terbaik ini. Sekedar saran, wktu terbaik untuk mengunjungi Painemo ini adalah saat pagi hari. Di saat kondisi cuaca sedang cerah-cerahnya, anda bisa melihat dengan jelas pemandangan indah yang berlatar belakang hamparan pulau-pulau karang yang cantik. 
Hasil gambar untuk pulau pianemo
sumber: Journey Era
Tak hanya menikmati keindahan dari atas bukit, namun anda bisa mencoba berlayar mengelilingi gugusan pulau karang yang cantik. Layanan speedboat seperti ini sudah banyak di kawasan Painemo yang akan membantu anda melihat bagaimana keindahan Painemo dari sisi yang berbeda. 

Setelah puas menikmati keindahan alam yang ada di puncak bukit Painemo, anda bisa bebrelanja suvenir-suvenir menarik yang ada di dermaga. Suvenir-suvenir cantik ini merupakan buatan warga yang berasal dari 3 kampung yang ada di sekitaran pulau. Suvenir khas Raja Ampat ini bisa menjadi cindera mata yang tak terlupakan dari Raja Ampat. Atau selain itu anda bisa mencoba menikmati kuliner yang ada di tempat ini seperti es kelapa muda, sate kerang, hingga kepiting kenari. 

Sedikit saran bagi anda yang ingin hiking ketika berada di Painemo, usahakan untuk menyiapkan fisik dan perbekalan yang cukup. Mengingat medan untuk menuju atas bukit memang sedikit menegangkan. Apalagi banyak batu-batu tajam berterbaran yang akan berbahaya jika anda tidak hati-hati. 

Pianemo dianggap sebagai sebuah nusantara kecil, yang mana darisini anda bisa mengunjungi pulau-pulau lainnya yang ada di sekitarnya seperti Pulau Jar, Pulau Mansura, Pulau Fam, dan masih banyak lainnya.  Anda bisa mencoba menggunakan speedboat untuk bepergian menuju pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Jangan khawatir, layanan speedboat yang ada di tempat ini cukup terjangkau, apalagi saat hari kerja. Jika anda berencana untuk mengunjungi Pulau Painemo ini, anda bisa mencoba paket wisata ke Raja Ampat yang akan membantu anda mengeksplor lebih dalam lagi keindahan yang ada di tempat ini. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. 
0 Komentar untuk "Pulau Pianemo, IkonKeindahan Surga Wisata Raja Ampat"

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Back To Top