Pulau Kri, Spot Snokeling Terbaik Yang Direkomendasikan DI Raja Ampat

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat? Salah satu wisata kebanggaan Indonesia yang bahkan namanya cukup mendunia. Raja Ampat menjadi surga bagi pemandangan bawah laut nya yang sangat indah. Hampir semua pulau yang ada di Kepualauan Raja Ampat memiliki spot snorkeling yang terbaik yang dapat membuat momen menyelam anda menjadi tak terlupakan. Setidaknya terdapat 610 pulau "perawan" yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Sehingga bisa dibayangkan sendiri betapa banyaknya jumlah spot snorkeling yang bisa anda kunjungi di Raja Ampat. Salah satu spot snokeling terbaik dan direkomendasikan untuk anda kunjungi karena pemandangannya yang sangat memukau adalah Pulau Kri.  
Gambar terkait
sumber: Phinemo
Pulau Kri menjadi rekomendasi terbaik bagi anda yang mencintai aktivitas snorkeling dan diving. Lokasinya berada di distrik Meos Mansar yang memiliki berbagai macam karang serta ikan yang berwarna-warni menghiasi biru nya laut. Ukuran pulau Kri ini mungkin lebih kecil dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya, sebagian besar area Pulau Kri ditutupi dengan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Letak pulau Kri tak begitu jauh dari Waisai maupun Sorong, hanya perlu sekitar 30 menit perjalanan menggunakan speedboat dari Kota Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat. 

Hal Yang Menarik Di Pulai Kri

Gambar terkait
sumber: Phinemo
Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, Pulau Kri direkomendasikan menjadi spot snorkeling terbaik yang ada di Raja Ampat. Bagaimana tidak? disini anda bisa menemukan 374 macam spesies ikan serta karang-karang yang indah dan masih alami. Mulai dari ikan kakap, batfish, jacks, hingga barakuda hidup berdampingan bersama ikan-ikan kecil lainnya serta fauna laut yang beragam. Pulau ini masih sangat asri, dengan pemandangan air lautnya yang begitu jernih sehingga wisatawan dapat langsung melihat ikan dan air dengan jelas meskipun hanya dari atas permukaan air saja.

Spot yang paling banyak didatangi di Pulau Kri ini adalah cape Kri, disini wisatawan bisa berenang bersama dengan ikan hiu dan ikan-ikan lainnya tanpa harus menyelam hingga ke dasar laut. Tentu saja anda dapat merasakan pengalaman yang menyenangkan selama berada di Pulau ini. Daya tarik terbaik yang ada di Pulau Kri terletak pada karang-karang cantik yang terbentuk di bawah laut. Dan ini menyebar ke seluruh tempat menyelam lainnya. Tak hanya dapat anda eksplor keindahannya, namun wisatawan masih diperbolehkan untuk mengambil gambar karang-karang cantik tersebut. Hanya saja Pemerintah setempat melarang dengan adanya vandilisme yang dapat merusak kondisi karang. Sehingga keindahan bahari yang ada di Pulau Kri dapat tetap terjaga kealamiannya dengan baik. 

Kegiatan-Kegiatan Menarik Selain Snorkeling

Karena ombaknya tidak begitu kuat, pantai yang ada di sekitar Pulau Kri bisa dijadikan tempat berenang yang nyaman bagi para pemula. Jika anda ingin bersantai, terdapat beberapa resort yang menawarkan sensasi penginapan berbeda dengan fasilitas yang begitu nyaman. Kegiatan lainnya yang bisa dicoba adalah dengan mengunjungi desa terdekat yaitu Yenbuba. Beberapa masyarakat yang tinggal di desa tersebut akan mengenalkan budaya-budaya lokal yang ada di daerah tersebut kepada pengunjung yang datang. Wisatawan juga dapat melihat bagaimana aksi nelayan menangkap ikan dengan menggunakan tombak dan teknik turun temurun yang dikenal sebagai "Molo". Pemandangan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri saat anda berkunjung ke desa tersebut. 

Fasilitas Dan Penginapan

Hasil gambar untuk pulau kri raja ampat
sumber: Stayrajaampat
Tak perlu merasa khawatir dan takut merasa bosan berada di Pulau Kri, hal ini karena sudah banyak sekali homestay hingga resort-resort mewah yang bisa anda coba di Pulau Kri. Seperti Yenkoranu, Koranu Fyak Bungalows, Sordio Bay Resort, Lumba Lumba Guesthouse, Kri Eco resort, Yenbuba Homestay dan masih banyak lainnya. Anda tinggal menyesuaikan budget yang anda miliki untuk mendapatkan penginapan terbaik selama berada di Pulau Kri. Selain itu jika anda ingin snorkeling atau diving, tak perlu kesusahan untuk mencari tempat persewaan alat-alat menyelam. Disini sudah banyak tempat-tempat penyewaan alat menyelam dengan harga yang masih terjangkau. Jika anda ingin wisata kuliner, sudah banyak tempat makan maupun restoran yang menawarkan kuliner-kuliner lezat. 

Akses Menuju Pulau Kri

Untuk dapat menuju Pulau Kri, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa anda gunakan sesuai dengan budget anda. Jika anda memiliki menggunakan penerbangan dari Jakarta, maka ada 3 pilihan penerbangan yang dapat anda coba, yaitu:
  • Jakarta-Sorong
  • Jakarta-Ambon-Sorong
  • Jakarta-Makasar-Sorong
Sesampainya di Sorong, anda dapat menaiki kapal Ferry ataupun kapal cepat dengan rute Sorong-Wasai. Jika anda ingin lebih cepat lagi, anda bisa menaiki pesawat dengan rute Sorong-Waisai. Setelah itu anda bisa langsung menaiki kapal speedboat menuju Pulau Kri. Untuk tarif nya sendiri, jangan lupa membayar kontribusi untuk pin Raja Ampat sebesar 500 ribu rupiah untuk WNI dan 100 ribu rupiah untuk WNA. 

Bagi anda yang berkeinginan untuk berkunjung ke Pulau Kri, pastikan anda memilih waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat snorkeling tersebut. Waktu terbaik yang bisa anda gunakan adalah Oktober-April. Biasanya pada bulan Juni-Agustus, ombak laut sedang dalam kondisinya yang cukup tinggi. Sehingga sangat beresiko untuk melakukan snorkeling maupun diving. Untuk persiapan yang wajib anda bawa saat mengunjungi Pulau Kri adalah dry bag atau tas anti air yang dipergunakan untuk melindungi barang-barang elektronik, baju renang, kacamata hitam, lotion anti nyamuk, sunscreen, dan peralatan snorkeling jika anda memilikinya. Agar anda bisa menikmati liburan yang lebih seru selama di Pulau Kri, anda bisa mencoba paket wisata Raja Ampat. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda. 
0 Komentar untuk "Pulau Kri, Spot Snokeling Terbaik Yang Direkomendasikan DI Raja Ampat"

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Back To Top