Pulau Batanta, Pulau Perawan nan Menawan Di Papua Barat

Hasil gambar untuk pulau batanta
sumber: Pedoman Wisata
Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat? Surga dunia di tanah Papua ini memiliki keindahan bak surga yang bahkan dikenal mendunia. Ada banyak pulau-pulau dengan daya tariknya masing-masing yang bisa anda kunjungi saat menghabiskan waktu di Raja Ampat. Salah satunya yaitu Pulau Batanta, salah satu pulau terbesar yang ada di Kabupaten Raja Ampat. Sudah banyak wisatawan yang mengunjungi Pulau "alami"  yang satu ini, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini karena kondisi pulaunya yang masih benar-benar asli serta pemandangan alamnya yang sangat indah. Namun hal yang menarik dari Pulau Batanta ini adalah wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Batanta dapat melakukan trekking sebelumn nantinya menjelajahi keseluruhan Pulau Batanta. Keunikan ini lah yang mungkin tidak bisa ditemukan di pulau-pulau lainnya. Sehingga bagi anda yang menyukai liburan alan petualang, mungkin Pulau Batanta menjadi tempat yang sangat cocok untuk didatangi. Apalagi dengan kondisi pantainya yang tenang dan damai, menjadi tempat "kabur" yang pas dari hiruk pikuk perkotaan. 

Tampakan Alam Pulau Batanta 

Gambar terkait
sumber: Langkahtroultravel
Salah satu daya tarik utama yang ada di Pulau Batanta adalah keindahan pantainya. Pantai yang ada di Pulau ini begitu sempurna, nyaman dan tenang. Sehingga wisatawan dapat bersantai sambil menikmati suasana yang ada di pesisir pantai. Pasir putihnya yang begitu bersih dan lembut benar-benar akan memikat siapapun saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini. Sehingga berjalan kaki tanpa menggunakan alas menjadi sebuah kegiatan seru yang tidak boleh terlupakan. Di bagian belakang, terdapat banyak pohon dan tanaman yang memenuhi kawasan Pulau Batanta. Mulai dari pinus, kelapa, hingga pohon liar lainnya. Pulau ini juga memiliki dataran-dataran tinggi yang sering dijadikan jalur trekking wisatawan yang datang. Pulau dengan seluas 453 km2 ini benar-benar maish alami dan asri. 

Ada banyak hal yang bisa anda eksplor dan tentunya waktu sehari saja tidak akan cukup. Sehingga menginap menjadi salah satu ide yang tepat. Tak perlu khawatir untuk masalah bermalam, karena di desa-desa yang ada di Pulau Batanta sudah banyak terdapat homestay yang bisa dijadikan tempat menginap. Masyarakat Waiweser dan Marandanweser sudah terbiasa menerima kedatangan para wisatawan serta slelau menyewakan rumah-rumah mereka bagi para pengunjung yang sedang datang. 


Aktivitas Menyenangkan Di Pulau Batanta

Salah satu aktivitas yang cukup populer di Pulau Batanta adalah berjalan-jalan menikmati keindahan yang ada di dalam Pulau ini. Tak hanya pantai saja, ada banyak spot-spot menarik yang bisa anda eksplor di dalam Pulau Batanta. Meskipun terlihat melelahkan, namun siapa sangka jika pemandangan yang ada di sekitarnya bisa membuat travelling anda menjadi lebih sempurna. Ditambah lagi dengan pepohonan hijau yang rimbun, yang membuat udara menjadi sangat segar. Selain itu, kegiatan snorkeling dan diving masih menjadi kegiatan seru lainnya yang direkomendasikan di pulau ini. Perlu anda ketahui, jika Pulau Batanta ini menjadi bagian dari saksi bisu Perang Dunia II silam. Sehingga di bawah laut nya, anda bisa menemukan bangkai-bangkai pesawat yang dulunya digunakan pada saat perang dunia II. Meskipun mungkin akan terlihat menyeramkan, namun hal ini yang kemudian menjadi keunikan tersendiri dari bawah laut Pulau Batanta. Bangkai kapal dan pesawat ini kini tak hanya memiliki niliai sejarah saha namun juga menjadi habitat bagi ikan-ikan cantik yang warnanya beragam. 
Gambar terkait
sumber: Tajuktimur
Selain itu, di Pulau Batatan ini anda juga bisa melihat burung cendrawasih yang memang sudah begitu populer. Seperti yang anda ketahui jika Papu menjadi rumah asli bagi burung cendrawsasih yang mana menjadi ikon dari Indonesia bagian timur. Disini anda bisa menyaksikan langsung burung cendrawasih langsung dan secara liar. Akan lebih baik jika anda menggunakan jasa tour guide, sehingga anda bisa mengetahui dimana saja burung ini berada serta bagaimana cara memanggil burung yang dikenal dengan bulu-bulu nya yang indah ini. Namun perlu diingat jika jangan sesekali merusak tanaman yang ada di pulau ini. Kerusakan yang terjadi bisa sangat mempengaruhi ekosistem dari cendrawasih. Sehingga sudah sebaiknya jika anda ikut membantu untuk melestarikan burung cendrawasih beserta alamnya di Pulau Batanta. 

Akses Menuju Lokasi Pulau Batanta

Untuk bisa menuju Pulau Batanta, ada beberapa cara yang bisa anda pilih. Namun yang paling umum yang digunakan adalah wisatawan dapat menuju Kota Waisai dengan menggunakan pesawat ataupun menggunakan kapal dari Kota Sorong. Nantinya anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal feri untuk menuju Pulau Batanta. Waktu terbaik untuk berlibur di Pulau Batanta bisa anda lakukan kapanpun selain pada saat musim hujan. Sehingga aktivitas liburan yang anda lakukan bisa lebih menyenangkan tanpa gangguan cuaca. 

Nah itu tadi penjelasan mengenai Pulau Batanta yang menjadi salah satu pulau perawan yang ada di kawasan Raja Ampat yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat berlibur. Untuk membuat liburan semakin menyenangkan, anda bisa mencoba paket wisata Raja Ampat agar liburan bisa lebih maksimal serta banyak lagi keindahan pulau Batanta yang bisa anda eksplor. 
0 Komentar untuk "Pulau Batanta, Pulau Perawan nan Menawan Di Papua Barat"

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Back To Top