Menelesuri Keindahan Pulau Misool Raja Ampat, Surga Dunia Yang Di Papua Barat

Keindahan alam yang ada di Papua memang sudah cukup terkenal, bahkan hingga mendunia. Yaitu Kepulauan Raja Ampat yang menjadi destinasi wisata impian bagi banyak orang yang ada di dunia. Ada banyak pulau-pulau cantik yang ada di kawasan Raja Ampat yang memiliki pesona alam yang luar biasa yang bisa anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan anda. Salah satunya yaitu Pulau Misool, yang mana memang memiliki daya tarik tersendiri. Di Pulau Misool, anda bisa menikmati keindahan alam yang sangat indah sera pemandangan bawah laut yang masih sangat alami dan terjaga. Rasanya, anda tak akan pernah puas tinggal berhari-hari dan mengeksplor keindahan alamnya yang sangat mempesona. Tak heran jika banyak orang yang menyebutnya sebagai salah satu surga dunia yang wajib dikunjungi sekali seumur hidup.

Tampakan Alam Di Pulau Misool

Hasil gambar untuk pulau misool raja ampat
sumber:pegi-pegi
Jika dilihat dari letak geografis, Kepulauan Misool ini seperti Pari Manta yang sedang membentangkan sayapnya. Ada banyak pulau-pulau kecil yag berjejeran dari arah barat ke timur seolah membentuk seperti untaian ekor. Terdapat lusinan pulau kecil yang berterbaran di utaram selatan, dan Barat dari Pulau Misool. Dimana setiap pulau menyuguhkan tampakan hijau yang berada di lapisan karang. Misool berbatasan dengan Laut Seram serta perairan laut lepas, yang mana menjadi lalu lintas dari hewan-hewan besar termasuk paus. Anda bisa menikmati keindahan alam yang ada di Kepulauan Misool tanpa harus berbagi dengan orang lainnya. Hal ini karena sebagian besar pulau-pulau yang tersebar kebanyakan tidak berpenghuni. Air lautnya yang berwarna turqoise jernih yang menyejukkan mata, akan membuat siapapun terpana. Panorama yang menawan dari pulau-pulau terpencil yang belum terjamah meliputi hutan mangrove dan tropis yang masih alami mengelilingi hamparan laut lepas yang ditemani pasir putih yang cantik. Belum lagi dengan keindahan bawah lautnya yang sudah mendunia, tentu saja menjadi daya tarik tersendiri di Pulau Misool.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Pulau Misool 

Perlu anda ketahui, Jika Kepualauan Raja Ampat merupakan daerah segita karang dunia yang mana di dalam taman bawah lautnya menyimpan hingga 75% segitiga kaarang dan ikan-ikan hias yang ada di berbagai belahan dunia. Ada beberapa titik penyelaman yang dapat menyuguhkan pengalaman yang begitu menakjubkan. Surga bawah lautnya begitu kaya menyimpan berbagai macam biota-biota laut seperti berbagai jenis ikan, hiu, penyu, ikan pari, terumbu karang, dan lainnya. Karena itu lah, snorkeling dan diving menjadi aktivitas yang wajib anda lakukan saat berada di Pulau Misool. Air lautnya yang jernih membuat anda bisa leluasa untuk memandang keindahan bawah laut di Pulau Misool. 

Gambar terkait
sumber:travel.detik

Ada berbagai titik-titik penyelaman yang dapat anda kunjungi selama berada di Pulau Misool. Namun untuk bisa mendapatkan pemandangan yang terbaik, tentunya akan lebih disarankan untuk datang saat musim menyelam. Di Pulau Misool sendiri, hampir sepanjang tahun merupakan musim menyelam yang baik. Akan tetapi saat musim hujan tiba, aktivitas snorkeling dan diving tentu akan sedikit terganggu. Berkunjung di waktu yang berbeda juga memungkinkan untuk anda mendapatkan pengalaman yang lebih ketika menyelami laut Pulau Misool. Scuba Diving dan kayaking menjadi olahraga air yang cukup digemari saat berada di Pulau Misool. Selain itu anda juga bisa mencoba bermain air, berenang, berjemur, maupun duduk santai di tepian pantai dan menghabiskan waktu. Jangan lupa pula untuk mengunjungi spot danau ubur-ubur yang ada di Pulau Misool. Danau ini dipenuhi dengan ubur-ubur yang sama sekali tidak beracun. Tentu saja anda bisa mendapatkan pengalaman yang langka dengan berenang bersama ubur-ubur. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen menarik ini. 
Hasil gambar untuk danau ubur-ubur di raja ampat
sumber:pegipegi

Tak hanya keindahan alamnya yang mempesona, Pulau Misool juga memiliki keragam budaya serta adat istiadat yang masih terjaga dengan baik oleh masyarakat lokalnya. Peninggalan sejarah seperti lukisan-lukisan yang berada di dinding gua juga menjadi pengalaman yang menarik selama berada di Pulau Misool. Di kawasan Pulau Misool juga terdapat hutan mangrove yang masih sangat asri yang dapat anda jelajahi. Ada banyak satwa-satwa menarik yang dapat anda lihat sepanjang menelusuri Pulau Misool.  Spot  favorit lainnya yang ada di Pulau Misool adalah lukisan yang berbentuk tangan manusia, ikan serta lainnya yang dikenal sebagai petroglyph. Lukisan cantik yang dominan dihias dengan warna merah ini sudah berusia kurang lebih 5.000 tahun. Lokasinya memang agak tersembunyi karena berada di dalam sebuah labirin yang terbentuk dari bebatuan karst serta lagunan. Tempat ini memang cukup indah dan eksotis dengan adanya keberadaan petroglyph tersebut. Dan yang selanjutnya, anda juga dapat mengunjugi Puncak Harafat yang berada dekat dengan Misool. Wisata ini wajib anda kunjungi karena akan menyuguhkan pemandangan Pulau Misool dan berbagai jejeran pulau-pulau lainnya yang masih hijau dari atas ketinggian. Spot foto terbaik ini akan memperlihatkan pemandangan yang mungkin tak bisa anda temukan di tempat lainnya 

Akses Menuju Pulau Misool

Untuk akses menuju Pulau Misool yang termudah bisa anda lalui dengan menggunakan pesawat menuju Sorong. Dari Sorong, anda hanya perlu menyebrang dengan menggunakan kapal yang selalu tersedia setiap hari. Jika anda ingin lebih cepat untuk sampai ke Pulau Misool, anda bisa menggunakan Kapal Cantika Lestari yang memiliki tarif Rp 200.000/orang dengan waaktu perjalanan 4-5 jam. Namun jika anda ingin merasakan sensasi menjadi warga lokal, anda bisa memilih Kapal KM. Fajar Indah, KM. Kurisi, atau Fajar Mulia yang tarifnya lebih murah yaitu Rp 70.000/orang. Namun kapal-kapal ini membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama sekitar 10 jam perjalanan. 

Akomodasi

Bagi anda yang ingin menginap beberapa malam di Pulau Misool, disini sudah tersedia penginapan seperti homestay yang dikelola oleh penduduk sekitar. Salah satunya, anda bisa menemukannya di Desa Harapan Jaya yang hanya bertarif ratusan ribu rupiah per malamnya. Namun jika anda memiliki budget berlebih dan ingin menginap di penginapan yang berfasilitas lengkap, anda dapat mencoba menginap di Misool Eco Resort yang mana termasuk ke dalam kategori resort terbaik di dunia versi CNN. Namun untuk menginap di resort ini, anda perlu merogoh kcek hingga 2000 USD selama 7 hari. 
Hasil gambar untuk misool eco resort
sumber: Dive WorldWide

Tertarik untuk mengunjungi Pulau Misool? Anda bisa mengunjungi Pulau Misool kapanpun anda ingin. Namun pilihan terbaik adalah dengan mengunjunginya saat bulan Mei-September, hal ini dikarenakan pada waktu-waktu tersebut tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Sehingga anda bisa lebih menikmati keindahan dan pesona alam yang ada di Pulau Misool. Jika anda tertarik, anda juga dapat mencoba paket wisata Raja Ampat untuk membantu anda menikmati dan mengeksplor lebih dalam wisata-wisata di Pulau Misool. 








Labels: misool, Raja Ampat
0 Komentar untuk "Menelesuri Keindahan Pulau Misool Raja Ampat, Surga Dunia Yang Di Papua Barat"

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Back To Top