Berlibur Di Labuan Bajo? Jangan Lupa Mengeksplor Keindahan 5 Pulau Cantik Ini

Dapat dikatakan jika kini wisata Labuan Bajo memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai diperbincangkan saat ini. banyak orang yang menjadikannya salah satu destinasi impian karena memang keindahan alamnya yang begitu mempesona. Wisata di Nusa Tenggara Timur ini bisa anda jadikan pilihan sebagai tempat menghabiskan waktu berlibur dan sejenak menghindari hiruk pikuk ramainya perkotaan. Namun yang perlu anda ketahui adalah wisata Labuan Bajo tak hanya sekedar Pulau Komodo saja. Ada banyak pulau-pulau cantik lainnya yang bisa anda eksplor saat berkunjung ke Labuan Bajo. Nah jika anda tertarik memilih paket wisata Labuan Bajo, berikut ini beberapa pulau-pulau dengan pesona alam yang begitu cantik yang dapat anda kunjungi.

1. Pulau Komodo

Jika berbicara tentang wisata di Labuan Bajo, tentunya anda tidak boleh melewatkan Pulau Komodo. Pulau ini menjadi habitat asli dari hewan komodo yang juga masuk ke dalam kawasan taman Nasional Komodo. Lokasi pulau Komodo ini tepat di sebelah barat dari Pulau Sumbawa dan dipisahkan Selat Sape. Tak hanya komodo, ada banyak daya tarik menarik yang tersimpan di dalam pulau yang satu ini. mulai dari flora nya yang begitu eksotisme yang mungkin tidak bisa anda temui di tempat lainnya. Seperti Pohon kayu sepang yang dijadikan sebagai bahan pewarna pakaian dan obat. Ataupun pohon nitak yang diyakini sebagai obat serta memiliki biji yang gurih seperti kacang polong. Dan tak hanya itu saja, wisata baharinya juga menjadi daya tarik yang begitu potensial. Mulai dari memancing, kano, diving, hingga snorkeling bisa anda nikmati di Pulau Komodo.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara
Gambar : Tribunjatim

2. Pulau Kanawa

Surga kecil ini berada 10 km dari Labuan Bajo serta menjadi pintu gerbang masuk menuju Pulau Komodo. Jika anda ingin mengunjungi Pulau Komodo, pastinya anda akan melewati Pulau Kanawa ini. Pulau Kanawa sangat cocok bagi anda yang mencari spot untuk berjemur, bersantia, hingga bersnorkeling menikmati keindahan bawah lautnya yang mempesona. Bahkan untuk melihat keindahan bawah laut di Pulau Kanawa tak perlu membuat anda hingga menyelam. Hanya berjarak 10 meter saja dari bibir pantai, anda bisa melihat semua keindahan tersebut. Di bagian kanan pulau, anda akan menemukan sisa-sisa ganggang merah yang mana membuat pantainya terlihat berwarna pink.


3. Pulau Padar

Pulau padar adalah pulau terbesar ke-3 yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini terkenal dengan nama lain Gili Padar yang mana memiliki latar belakang pemandangan alam yang begitu indah yang membuat siapapun yang melihat akan berdecak kagum. Bagaimana tidak? Pemandangan alam yang ada di Pulau Padar ini memang sangat indah dan mempesona. Di sekitaran Pulau padar,anda juga dapat menemukan 3 atau 4 pulau kecil lainnya yang tidak kalah indah yang dapat anda eksplor lebih dalam. Untuk menikmati keindahannya, anda bisa mencoba menaiki bukit dan menyaksikan langsung keindahan panorama alam dari atas. Jajaran pulau serta birunya air laut akan membuat anda betah berlama-lama di tempat ini. Meskipun anda harus melalui jalur trekking yang melelahkan, namun semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang tidak membosankan.
Pulau Padar, Taman Nasional Komodo
https://unsplash.com/@badashphotos

4. Pulau kelor

Akses menuju Pulau kelor ini tidak terlalu sulit, hanya sekitar 30 menit dari Labuan Bajo yang dapat anda tempuh dengan menggunakan perahur. Pulau Kelor menjadi obejk wisata yang cukup favorit untuk anda yang ingin bermain air dan snorkeling. Pasir pantainya yang sangat bersih dan air laut nya yang jernih membuat siapapun yang melihat akan langsung terjun ke dalam air. Apalagi kondisi pantai nya tidak memiliki bebatuan karang sehingga anda tak perlu khawatir untuk terluka saat bermain. Terumbu karang yang ada di Pulau kelor cukup padat dengan banyaknya ikan-ikan yang beragam dan berwarna-warni. Tak heran jika pulau kelor menjadi salah satu spot snorkeling yang cukup populer. Ditamba lagi dengan ombak di pantai yang cukup tenang membuat anda bebas melakukan free dive.

Pulau Kelor, Labuan Bajo
Pulau Kelor dari Ketinggian, Foto (Phinemo)

5. Pulau Bidadari

Jarak pulau ini dengan Labuan Bajo hanya sekitar 30 menit saja yang bisa anda tempuh dengan kapal kayu atau speed boat. Awalnya pulau ini bernama Pulau Bidara, hal ini dikarenakan adanya pohon Bidara atau widara yang merupakan pohon kecil yang menghasilkan buah yang tumbuh subur di daerah kering. Sesampainya anda di Pulau Bidadari, anda bisa langsung disambut dengan hamparan pasir pantaunya yang putih bersih tanpa adanya karang-karang yang menonjol. Selain itu, air pantainya juga sangat biru dan jernih dengan ombak yang kecil sehingga membuat siapapun yang berkunjung terasa nyaman dan tenang berlama-lama di tempat ini.
Nah itu tadi beberapa pulau-pulau cantik yang bisa anda kunjungi saat berada di Labuan Bajo. Untuk lebih mudahnya, anda bisa memilih paket wisata Labuan Bajo sehingga mempermudah anda mengeksplor keindahan dari Pulau-Pulau cantik ini. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Labels: labuan bajo
2 Komentar untuk "Berlibur Di Labuan Bajo? Jangan Lupa Mengeksplor Keindahan 5 Pulau Cantik Ini"

setelah raja ampat januari, entar agendakan kesini. btw, yg kemarin kebakaran udah pulih bang pulaunya?

Yang kebakaran masih belum pulih kak, saat ini masih tampak hitam.

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Back To Top