7 Objek Wisata Gratis Di Labuan Bajo Yang Tak Kalah Indahnya

Berbicara tentang wisata di Nusa Tenggara Timur, pastinya kebanyakan orang akan menyebut wisata Labuan bajo sebagai salah satu wisata terbaik. Tak heran jika wisata Labuan Bajo kini banyak diperbincangkan karena pesona alamnya yang begitu indah. Labuan Bajo sebenarnya adalah desa sekaligus wisata populer bagi para wisatawan. Bahkan tak hanya wisatawan lokal saja, namun hingga wisatawan mancanegara juga ramai mengunjungi tempat ini. Meskipun begitu, tampaknya berwisata di Labuan Bajo membutuhkan biaya yang cukup mahal bagi sebagian besar orang. Hal ini karean harga tiket pesawat yang cukup tinggi, ditambah lagi biaya akomodasi untuk menyusuri wisata-wisata yang ada di sekitarnya. Apalagi jika wisatawan diharuskan untuk membayar tiket retribusi untuk bisa masuk ke lokasi wisata, tentunya akan menambah deretan biaya yang harus diperhitungkans saat berlibur ke Labuan Bajo. Namun anda tak perlu khawatir jika harus merogoh kocek yang cukup besar. Jika memang anda memiliki budget yang terbatas, sebenarnya ada wisata-wisata di Labuan Bajo yang gratis yang bisa anda kunjungi yang memiliki pemandangan yang tak kalah indahnya.

1. Bukit Sylvia

Bukit ini tak jauh lokasinya dari Sylvia Resort yang dapat anda tempuh dengan mobil atau motor selama 20 menit. Dari Bandara Internasional Komodo, anda hanya perlu mengarahkan kendaraan anda menuju Pasar Wae Kesambi atau Pantau Waecicu. Dari atas puncak bukit Sylvia, anda dapat menikmati pemandangan bukit-bukit yang berbentuk setengah lingkaran berbaris layaknya bukit Telettubies. Salah satu momen terbaik yang dapat anda nikmati di Bukit ini adalah pemandangan sunrise dan sunset nya yang begitu mempesona. Indahnya pulau-pulau yang ada di sekitaran Labuan Bajo makin membuat pemandangan yang begitu eksotis. Sama sekali tidak ada uang retribusi maupun pungutan saat anda berkunjung ke Bukit Sylvia. Anda hanya perlu memarkirkan kendaraan di tepian bukit dan kemudian trekking selama 10 menit untuk bisa mencapai puncak bukit Sylvia.
Bukit Sylvia Flores
Sunrise Bukit sylvia Flores (foto : @pemudafajar)

2. Bukit Cinta

Sama halnya dengan Bukit Sylvia, Bukit Cinta juga menyajikan pemandangan dari gugusan bukit setengah lingkaran yang langsung berbatasan dengan laut biru. Biasanya tempat ini akan ramai dikunjungi wisatawan saat menjelang sore hari untuk bisa menyaksikan indahnya matahari tenggelam. Meskipun sama seperti Bukit Sylvia, namun bukit Cinta ini memiliki keunikan tersendiri. Ada 1 pohon yang terletak di bagian puncak yang memang cukup ikonik. Pohon ini dijuluki masyarakat sekitar sebagai pohon Jomblo karena memang letaknya yang sendiri tidak ada pohon lain yang ada di sekitarnya. Jika anda ingin menuju Bukit Cinta, anda bisa menempuh perjalanan selama 15 menit, lokasinya memang tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Komodo.

Bukit Cinta Labuan Bajo
Foto : https://www.indonesiakaya.com

3. Pantai Pede

Wisata pantai cantik ini bisa anda nikmati dengan gratis saat berlibur di Labuan Bajo. Lokasinya dekat dengan Hotel Laprima, cukup sekitar 15 menit perjalanan saja dari Bandara Internasional Komodo. Anda bisa menggunakan jalur Trans-Flores. Disini anda dapat menyaksikan pemandangan pantai serta laut lepasnya yang membentang luas. Pantai ini memang menjadi salah satu objek wisata yang difavoritkan banyak wisatawan lokal yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan. Hanya saja sayangnya, masih belum ada pengelolaan sampah yang kurang tepat sehingga anda bisa menemukan banyaknya tumpukan sampah plastik di beberapa sisi pantai.

Pantai Pede Flores
Gambar : https://jalanblog.files.wordpress.com/

4.Tempat Pelelangan Ikan

Wisata terbaik lainnya yang bisa anda kunjungi dan gratis adalah Tempat pelelangan ikan. Jika anda berniat berkunjung ke tempat ini, usahakan untuk datang di pagi hari agar anda bisa melihat aktivitas dari masyarakat flores ketika menurunkan ikan-ikan yang masih segar dari kapal. Ada banyak jenis ikan laut yang dapat anda jumpai, mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar yang berbobot puluhan kilogram.

5. Pulau Kelor

Untuk bisa berkunjung ke Pulau kelor, anda tak perlu menghabiskan banyak biaya. Bahkan dapat dikatakan, anda bisa gratis mengunjungi Pulau kelor ini. Bahkan anda bisa mencoba camping dan menikmati keindahan yang ada di Pulau Kelor. Untuk menuju Pulau Kelor, anda bisa menggunakan kapal sebagai transportasinya. Untuk sewanya sendiri tak terlalu mahal, anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 600.000 untuk kapasitas kapal 7 orang penumpang.

Pulau Kelor, Labuan Bajo
Pulau Kelor dari Ketinggian, Foto (Phinemo)

6. Dermaga Putih

Dermaga kekinian yang adadi Labuan Bajo ini juga menjadi salah satu wisata yang bisa anda pertimbangkan untuk dikunjungi saat berada di Labuan Bajo. Bangunan ini baru saja dibangun oleh salah satu operator hotel. Namun pengunjung yang tidak menginap memang tidak boleh masuk dan berfoto gratis. Meskipun begitu, anda tak perlu khawatir untuk diusir. Anda masih bisa berfoto dengan nyaman namun tidak sampai mengotori tempat tersebut.

7. Pelabuhan Labuan Bajo

Pelabuhan Labuan bajo ini menawarkan pemandangan yang cukup eksotis dari deretan kapal-kapal yang sedang bersandar. Pelabuhan ini dikelilingi gugusan dari dataran Flores yang kehijauan dengan perairannya yang menenangkan. Saat malam hari tiba, anda bisa melihat kerlap-kerlip lampu yang bersinar indah dan menerangi kawasan Labuan Bajo. Tak heran jika banyak orang yang sering bersantai sambil menikmati pesona keindahan Labuan Bajo.

Nah itu tadi 7 objek wisata gratis yang ada di Labuan Bajo yang dapat anda kunjungi. Anda bisa mencoba memilih Paket Wisata Labuan Bajo untuk dapat mengunjungi seluruh objek-objek wisata tersebut. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Labels: labuan bajo
0 Komentar untuk "7 Objek Wisata Gratis Di Labuan Bajo Yang Tak Kalah Indahnya"

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Back To Top