-->

Keindahan Air Terjun Batanta Yang Tersembunyi Dan Menawan Di Raja Ampat

Hasil gambar untuk air terjun batanta
sumber: vidio
Raja Ampat selama ini dikenal karena keindahan laut nya yang biru jernih dengan surga bawah lautnya yang mempesona. Bahkan keindahan dari Raja Ampat ini sudah populer hingga ke kancah internasional. Namun keindahan di Raja Ampat tak hanya sebatas dengan pantai dan bawah lautnya saja, ada spot-spot menarik lainnya yang juga memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Air Terjun Batanta yang berada di Pulau Batanta. Pulau Batanta, merupakan salah satu dari pulau terbesar yang berada di Kepulauan Raja Ampat. 

Objek wisata yang satu ini memang sudah cukup terkenal di kawasan Raja Ampat. Banya wisatawan yang datang dan rela untuk berpetualang agar bisa mencapai lokasi air terjun ini karena memang lokasinya cukup tersembunyi di dalam hutan. Sehingga butuh tenaga ekstra agar bisa mencapai lokasi wisata. Meskipun terasa melelahkan, namun udara yang ada di sekitarnya masih sangat sejuk yang akan membuat anda merasakan kesegarannya dan rasa lelah menjadi berkurang. 


Daya Tarik Air Terjun Batanta

Hasil gambar untuk air terjun batanta
sumber: Nyero ID
Air terjun batanta menjadi salah satu wisata yang paling banyak dikunjungi di kawasan Raja Ampat, tak heran jika anda akan melihat banyak pengunjung yang memenuhi kawasan air terjun ini. Ketinggian air terjun Batanta mencapai sekitar 10 meter yang membuatnya terlihat megah dan menawan. Tampakan alam di sekitarnya semakin indah karena bebatuan-bebatuan yang ada di sekitarnya. Uniknya lagi, di baik air terjun terdapat gua berukuran kecil. Ukuran gua ini memang tidak terlalu besar dan hanya dapat menampung 5-6 orang saja. Di dalam gua ini lah yang menjadi spot favorit bagi pengunjung yang datang karena anda bisa duduk dan melihat pemandangan di baik air terjun. Bahkan jika anda beruntung, anda bisa melihat pelangi yang indah saat berkunjung ke tempat ini. Hal ini karena sinar matahari di kawasan ini yang selalu terik dan mencerahkan kawasan air terjun batanta. Selain menikmati pemandangan Air Terjun Batanta, pengunjung yang datang juga bisa berenang karena debit air yang tidak terlalu besar. 

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Batanta

Untuk bisa menuju lokasi Air Terjun Batanta ini tentunya anda harus mengunjungi Pulau Batanta. Sebelumnya, anda harus terlebih dahulu sampai di Kota Sorong dan kemudian melanjutkan perjalanan dari pelabuhan menggunakan Kapal. Dari dermaga kota Sorong, anda bisa menggunakan kapal rakyat milik pemerintah, kapal wisata, maupun menyewa speed boat untuk dapat sampai ke Pulau Batanta. Untuk tarif speed boat biasanya berkisar mulai dari Rp 5 juta per harinya, meskipun mahal namun dapat langsung mengantarkan anda menuju Pulau Batanta tanpa harus terlebih dahulu ke Waisai. Untuk tarif kapal rakyat, mulai dari Rp 120.000/orang dengan rute Sorong-Waisai. Kapal ini memiliki jadwal hanya 1 kali sehari yaitu pada pukul 14.00 WIT. Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan kapal rakyat ini sekitar 2-3 jam. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Batanta menggunakan speed boat maupun perahu nelayan lokal dengan harga Rp 100.000. Dari sini perjalanan menuju Pulau Batanta tidak begitu jauh, hanya sekitar 30 menit saja. 

Selanjutnya dari dermaga Pulau Batanta, anda bisa menggunakan speed boat untuk menuju Desa Arefi yang lokasinya berada di sisi lain dari Pulau Batanta. Sesampainya di desa Arefi, anda hanya perlu mengikuti alur aliran sungai dari hutan bakau yang berada di pedalaman pulau Batanta. Kedalaman air sungai ini tidak begitu dalam, sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Hanya saja medan nya cukup licin saat memasuki hutam bakau yang dipenuhi dengan lumpur. Sehingga berhati hati lah saat berada di kawasan ini. Setelah menyusuri sungai selama 30 menit, maka anda akan sampai di lokasi Air Terjun Batanta. Meskipun lelah karena menempuh perjalanan jauh, namun harga ini bisa terbayarkan dengan keindahan alamnya yang masih sangat alami di Air Terjun Batanta. Sekedar saran, bagi anda yang berencana untuk pergi ke Air Terjun Batanta, sebaiknya membawa perbekalan seperti makan dan minuman karena di sekitar lokasi wisata belum ada penduduk yang menjajakan makanan maupun minuman. 

Hasil gambar untuk air terjun batanta
sumber: Sumurdiladang

Selain mengunjungi Air Terjun Batanta, ada banyak hal lainnya yang bisa anda lakukan di Pulau Batanta ini. Anda bisa menikmati surga bawah lautnya yang mempesona. Wisata bahari yang ada di Pulau Batanta ini memiliki daya tarik tersendiri dengan dipenuhi beraneka ragam ikan-ikan cantik serta terumbu karang. Selain itu, di bawah laut Pulau Batanta menyimpan beberapa bangkai pesawat maupun kapal. Hal ini dikarenakan Pulau Batanta sendiri menjadi saksi bisu dari perang dunia II yang mana Indonesia terlibat di dalamnya. Tak heran jika Pulau Batanta menjadi pulau  primadona di kalangan wisatawan. 

Untuk bisa menikmati liburan di Raja Ampat dengan maksimal, anda bisa mencoba paket wisata raja ampat yang bakal membuat momen liburan anda semakin menyenangkan selama di Raja Ampat. 

0 Response to "Keindahan Air Terjun Batanta Yang Tersembunyi Dan Menawan Di Raja Ampat"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

ARTIKEL LAINNYA