-->

Wisata-Wisata Terbaik Untuk Menikmati Pesona Pulau Waigeo Raja Ampat

sumber: PedomanWisata
Di antara pulau-pulau yang ada di Kawasan Raja Ampat, pulau Waigeo merupakan pulau terbesar dari 4 pulau utama yang ada di kawasan ini. Pulau Wiageo atau yang dikenal juga sebagai Waigiu atau Amberi berada di provinsi Papua Barat, dekat dengan Kota Sorong. LOkasi Pulau Waigeo berada di Kota Wasai yang mana menjadi ibu kota dari Kabupaten Raja Ampat. Dapat dikatakan jika Pulau Waigeo merupakan rumah dari berbagai destinasi wisata. Pulau Waigeo juga sangat mudah diakses menggunakan transportasi umum. Namun meskipun begitu, menjelajah Pulau Waiseo juga menjadi tantangan tersendiri karena spotnya yang masih sangat alami. Ada banyak hal yang bisa ditawarkan dari Pulau Waigeo, mulai dari teluknya yang indah dengan dinding tebing menjulang, pulau-pulau bebatuan karang, kawasan hutan yang masih dipenuhi dengan satwa-satwa khas Indonesia, hingga spot diving terbaik yang dapat dijelajahi. Akomodasi yang ada di Pulau Waigeo juga termurah dibandingkan dengan yang ada di gugusan pulau-pulau lainnya yang ada di Raja Ampat. Tak heran jika Pulau Waigeo kini banyak dikunjungi wisatawan, tak hanya wisatawan Indonesia namun juga hingga wisatawan luar negeri. 

Apa yang menarik di Pulau Waigeo?

Pulau Waigeo memiliki hamparan hutan rimba yang hijau dan lebat, bahkan sebagian besar wilayahnya belum bisa diakses sehingga bisa dibayangkan pemandangan di Pulau ini uang masih sangat alami. Hutan-hutan yang ada di Pulau Waigeo menjadi tempat tinggal bagi satwa-satwa khas seperti ular, kura,-kura, bangau berbulu, bangau penghisap madu, bawak raksasa, possum, serta burung-burung berwarna merah. Anda bisa menyaksikan hal-hal menarik ini saat menyelurusi hutan-hutan di Pulau Waigeo. Salah satu spot yang paling populer adalah spot untuk snorkeling dan diving yang bisa membawa anda melihat keindahan dari suga bawah laut dari Kepulauan Raja Ampat. Anda dapat menyelam bersama dengan ikan-ikan yang berwarna warni serta terumbu karang yang cantik. Di kedalaman 30m, di sepanjang pantai Waiwo, anda bisa mendapatkan kesempatan menyaksikan ikan hiu sirip hitam dan sirip putih yang biasanya terlihat sedang tidur ataupun berlalu lalang di kedalaman perairan.

Spot-Spot Wisata Di Waigeo

1. Waigeo Utara

Raja Ampat
sumber: tribratanewspapuabarat

Di Waigeo bagian utara, anda dapat melihat kebudayaan-kebudayaan lokal yang masih sangat terjaga. Salah satunya yaitu kesenian Suling tambur yang sering ditampilkan saat hari-hari besar agam, perayaan 17 Agustus hingga menyambut orang-orang penting yang datang ke tempat ini. Anda bisa menikmati permainan suling tambur yang dimainkan oleh penduduk dan menyatu bersama penduduk-penduduk lokal lainnya. Di Waigeo utara juga terdapat goa-goa yang menjadi peninggalan perang dunia II, atraksi budaya seperti tarian tradisional serta keindahan bawah lautnya yang mempesona. 

2. Waigeo Selatan

Raja Ampat
sumber: travel.tribunnews

Aktivitas wisata yang ada di Waigeo Selatan memang sudah berkembang cukup baik karena adanya pihak-pihak dan perusahaan yang mebantu untuk mempromosikannya. Salah satu wisata yang cukup populer di Waigeo Selatan adalah wisata diving nya. Selain itu, anda juga dapat mengunjungi beberapa spot-spot terbaiknya seperti Teluk Kabui beserta dengan pulau-pulau karst nya, situs-situs sejarahdi Kali Raja, goa tengkorak dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari bird watching di Sawinggrai dan Yenwaupnor, kerajinan-kerajinan anyaman di Desa Arborek, dan Tari Salay di Saonek. Anda juga dapat melihat secara langsung bahkan menyelam bersama gerombolan ikan pari manta, menikmati pantai pasir putih,  bersnorkeling, dan berjalan-jalan di perkampungan tradisional yang ada di Sawandarek

3. Waigeo Timur

Atraksi-atraksi menarik seperti suling tambur dan tari-tarian lainnya bisa anda nikmati di tempat ini. Khususnya, di Kampung Urbinasopen dan Yesner, anda bisa melihat atraksi fenomena alam yang cukup langka, unik dan menarik yang dikenal sebagai "Hantu Laut". Fenomena alam ini hanya terjadi 1 tahun sekali dan biasanya terjadi saat menjelang akhir tahun, dimana terdapat cahaya yang keluar dari laut dan kemudian berputar-putar pada permukaan laut sekitar 10-18 menit. Setelah itu fenomena tersebut hilang dan hanya bisa disaksikan kembali di pergantian tahun berikutnya.

4. Waigeo Barat

Raja Ampat
sumber: west papua tabloid

Ada aktivitas menarik yang bisa anda lihat saat berada di Waige Timur, seperti menyelam di Sepele dan Wayag. Lokasi ini memang menjadi spot yang cukup menarik dan berpotensi yang dapat dikunjungi oleh liveaboard. Pulau-pulau karst yang ada di Wayag juga menjadi daya tarik tersendiri yang dapat anda nikmati. 

Jika anda ingin menginap berhari-hari di Pulau Waigeo, sudah banyak penginapan-penginapan yang ditawarkan. Salah satunya yaitu Pandawa resort yang memang cukup populer dan menawarkan berbagai macam peralatan dan perlengkapan menyelam. Selain resort, ada pula beberapa homestay seperti penginapan Najwa Indah, Kamar Raja Homestay, dan masih banyak lainnya. Cara termudah untuk bisa sampai di Raja Ampat ini adalah dengan penerbangan menuju Kota Sorong. Sesampaing di Bandara Sorong anda dapat menuju Pelabuhan Sorong dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu untuk bisa ke Waisai yang ada di Pulai Waigeo. Ada beberapa pilihan perahu yang dapat anda gunakan, untuk waktu nya sendiri dibutuhkan sekitar 2-3 jam perjalanan. Nah bagi anda yang tertarik mengeksplor keindahan dan pesona yang ada di Pulau Waigeo ini, anda bisa mengikuti paket wisata Raja Ampat. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. 

0 Response to "Wisata-Wisata Terbaik Untuk Menikmati Pesona Pulau Waigeo Raja Ampat"

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel