Lezatnya 5 Kuliner Khas Tegal

Siapa sangka daerah yang terkenal dengan Bahasa ngapaknya ini memiliki kuliner yang mampu menggoyang lidah. Tegal selama ini terkenal dengan Bahasa ngapaknya dan obyek wisata Pemandian Air Panas Guci, tidak hanya obyek wisatanya saja, tempat bermalam di Tegal pun sudah banyak dibangun, sehingga akan mendukung fasilitas Tegal apalagi bagi para wisatawan yang berkunjung kesini.

Jika ada hal lain yang sering dikaitkan dengan Tegal pastilah wartegnya. Dibalik ketiga hal tersebut, ternyata kuliner khas Tegal mampu memikat dengan cita rasanya yang khas.

Berikut ini adalah beberap kuliner khas yang tegal yang jarang kamu temui di daerah lain, apalagi di Warteg !.

1. Soto Senggol

Soto Senggol adalah Soto khas Tegal Jawa Tengah. Soto ini sekilas sama seperti soto lainnya, yang membedakan soto ini adalah kuahnya yang dicampuri dengan tauco sehingga memiliki cita rasa pedas yang menyegarkan. Soto ini cocok dipadukan dengan nasi putih hangat. Makan Soto Senggol di siang hari tentu akan menciptakan sensasi sendiri perpaduan cuaca panas dengan segarnya Soto Senggol.

Soto ini dinamakan Soto Senggol karena letaknya berada di warung yang ada di dalam gang sehingga pengunjung dapat bersenggolan satu sama lain. Soto ini mudah dijumpai di sekitar alun-alun kota Tegal dekat dengan Masjid Agung Kota Tegal. Bukan hanya pengunjung yang saling bersenggolan, lidah pun dapat tersenggol dengan kelezatan dan kesegarannya.

Kuliner Khas Tegal
Sumber Foto: tahuaci2014.blogspot.com

2. Sate Kambing Muda

Sate yang satu ini juga khas Tegal. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Tegal tak mencicipi Sate Kambing Muda. Yang membedakan Sate ini dengan sate kambing pada umumnya adalah pemilihan dagingnya. Sate Tegal atau Sate Kambing Muda menggunakan daging kambing muda yang berusia antara 3-5 bulan. Kambing yang di potong untuk kuliner ini juga kambing yang diberi pakan khusus.
Sate Kambing Muda diolah dengan cara dibakar tanpa diolesi bumbu. Hal ini akan menghasilkan warna daging yang menggoda dengan aroma yang khas. Setelah dibakar Sate Kambing Muda disantap dengan sambal kecap pedas dengan irisan cabe rawit
.
Menyantap Sate Kambing Muda akan terasa lengkap dengan ditemani lontong dan semangkuk Sop Kambing. Didaerah lain mungkin dapat ditemui Sate Kambing Muda, akan tetapi cita rasa khas tegal tentu tak akan sama dengan dari negeri asalnya.

3. Tahu Aci

Jajanan yang satu ini patut dicoba saat berkunjung ke Tegal. Tahu Aci adalah Tahu yang digoreng dengan bentuk segitiga ditambah dengan aci atau tepung kanji dibagian dalam tahu. Kuliner ini cocok dijadikan cemilan yang menimani perjalanan menyusuri setiap sudut Kota Tegal.

Kuliner ini juga cukup mudah didapati di Kota Tegal, banyak pedagang yang menjajakan kuliner ini. Harganya juga cukup murah antara Rp1.000 atau Rp1.500 perbuah. Menyantap Tahu Aci tentu akan lebih dinikmat dikala hangat dicocol dengan sambal atau ditemani cabe rawit.

4. Rujak Teplak

Jika Surabaya memiliki Rujak Cingur, Tegal memiliki Rujak Teplak. Rujak Ini terbuat dari beberapa sayuran yang direbus seperti kangkung, daun ubi jalar, daung singkong, timun, dan tauge. Yang membedakan Rujak Teplak dengan rujak pada umumnya adalah sambalnya. Sambal Gaul adalah sambal yang biasa digunakan di Rujak Teplak.

Sambal ini merupakan sambal yang terbuat dari singkong yang direbus atau dikukus dan diuleni hingga halus. Setelah diuleni, singkong dicampuri dengan cabe merah dan diaduk merata. Berbagai macam sayuran rebus tadi disiram dengan Sambal Gaul akan menciptakan rasa khas Tegal. Rujak Teplak Biasanya disajikan diatas daun pisang dan ditambahkan kerupuk.

Lezatnya 5 Kuliner Khas Tegal
Sumber Foto : budaya-indonesia.org
5. Olos

Kuliner yang satu ini juga cocok dijadikan cemilan. Olos adalah makanan yang pada awalnya merupakan revolusi dari risoles. Semakin lama, olos semakin berkembang dan variatif. Bahan baku kuliner ini adalah adonan tepung kanji dan terigu yang diaduk menjadi sehingga bisa dibentuk. Adonan ini menjadi kulit olos, selanjutnya isi olos berbagai macam seperti irisan kubis, daun bawang dan cabe rawit.

Setelah isi dimasukan kedalam kulit Olos, maka siap digoreng. Menyajikan Olos dikala hangat akan lebuh gurih, ditambah dengan sensasi pedas cabe rawit yang ada didalam isi Olos. Kini isi Olos bukan hanya sayuran, juga terdapat Olos dengan isi daging ayam, bakso, sosis, dan lain-lain.
Itulah kelima kuliner khas Tegal yang lezatnya gak ketulungan ! Saat berkunjung ke Tegal, cobalah kuliner-kuliner tersebut, dijamin nagih !.

Lezatnya 5 Kuliner Khas Tegal
Sumber Foto : harianresep.blogspot.com

About the Author

Arman Mulyadin

Customer Service & Reservasi

Jl. Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang
Phone : 082114547135, 087883836175
eMail : info.doyanjalan@gmail.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan



 

Copyright © Doyan Jalan Tour 2017. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com