Wisata Asyik Penuh Edukasi di Museum Pos Indonesia


Salah satu destinasi wisata menarik di Bandung yang tak boleh Anda lewatkan adalah Museum Pos Indonesia. Museum ini sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang bukan hanya sekedar ingin bersenang-senang di Bandung. Sebab, dengan beragam koleksinya, Anda bisa mempelajari banyak hal terkait perjalanan bangsa Indonesia khususnya perusahaan pos Indonesia. Kita tentu tahu Bandung adalah salah satu kota pusat perjuangan bangsa Indonesia. Bukan hanya peristiwa Bandung lautan api yang pernah terjadi disini, beragam peristiwa di era perjuangan pun pernah berpusat di Bandung. Tak heran bila tempat ini menyimpan banyak gedung dan peninggalan bersejarah menarik. Salah satunya, tentu saja museum pos ini.

Sejarah berdirinya museum Pos Indonesia sendiri dimulai sejak masa Hindia Belanda pada 1933. Ketika itu, gedung ini dinamai Pos Telegraf dan Telepon. Awal pembangunannya terjadi pada 27 Juli 1920 dengan luas gedung 706 meter persegi. Arsitek yang membangunnya adalah Ir. J . Berger dan Leutdsgebouwdienst. Keduanya mengambil inspirasi gaya bangunan Italia pada masa renaisans atau pencerahan. Tak heran bangunan ini terlihat begitu klasik dan sangat khas Eropa. Pada perjalanan selanjutnya, gedung ini akhirnya digunakan untuk Perum Pos dan Giro. Hingga pada 1983, perusahaan yang sempat mati suri tersebut diubah sekaligus dibuka menjadi museum pos dan giro. Perubahan nama pun kembali terjadi, dan museum tersebut memiliki nama seperti sekarang ini.

Yang bisa dinikmati di Museum Pos Indonesia sendiri sangat banyak. Apalagi bila Anda adalah pencinta perangko atau bahkan menjadi filateli (orang yang mengoleksi perangko). Sebab, koleksi perangko museum ini sangat banyak. Disini, dikumpulkan dan dipajang beragam peerangko dari seluruh penjuru nusantara bahkan dunia. Benda-benda terkait pos dan perjalanan PT Pos Indonesia sendiri banyak ditampilkan. Tak heran museum ini juga sering dimanfaatkan sebagai sarana penelitian, pendidikan, hingga dokumentasi dan layangan informasi. Namun semuanya dikemas menjadi sangat menarik sehingga acara liburan Anda akan tetap menyenangkan. Apalagi, museum ini didukung dengan bangunan dan tata desain sangat menarik. Selfi sebagai kenang-kenangan pernah ke Bandung pun bisa Anda lakukan dengan background yang cantik.

Keunggulan lain yang dimiliki museum pos ini adalah kemudahannya dikunjungi. Tak seperti wisata alam yang biasanya harus ditempuh dengan susah payah dan berlokasi di wilayah terpencil, tidak demikian dengan museum ini. Anda pun bisa mengunjunginya sebagai rangkaian wisata yang Anda lakukan di banyak tempat di kota Bandung. Apalagi lokasi museum ini berdekatan dengan spot wisata lain yang terkenal. Terletak di Jl. Cilaki No 73, Bandung Jawa Barat, museum ini berdekatan dengan Gedung Sate yang menjadi ikon ibukota Jawa Barat. Dengan kata lain, melewatkan museum Pos Indonesia kala Anda berkunjung ke kota kembang jelas sangat disayangkan.

About the Author

Dolanesia Id

Customer Service & Reservasi

Jl. Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang
Phone : 082114547135, 087883836175
eMail : info.doyanjalan@gmail.com

9 komentar:

  1. Duh... kota Bandung, udah lama ingin mengunjunginya. Apalagi sekarang punya walikota yang keren dan kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, bandung mulai tertata dan enak untuk dikunjungi..

      Hapus
  2. Dulu saya senang melihat kota malang yang indah, adem dan mempesona tapi sekarang kalah jauh dari kota Bandung,,, Jadi kepingin berkunjung ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaps... bandung lagi cantik-cantiknya sekarang.. belum lagi tempat wisatanya.. keren aduhai

      Hapus
  3. museum Pos ini yang lantai bawahnya ada FO bukan, sih?

    BalasHapus
  4. Wah saya baru tahu ada tempat ini keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. kudet yah kamu kak :D #dikeplak

      Hapus
  5. seumur-umur (udah 18 taun) di bandung belum pernah kesini. sebagai warga bandung saya merasa gagal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. masih ada kesempatan kok buat explore bandung lebih jauh lagi :D

      Hapus

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan



 

Copyright © Doyan Jalan Tour 2017. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com