Menikmati Jantung Kota Bandung di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani


Indahnya Bandung bisa Anda nikmati di Taman lalu Lintas Ade Irma Suryani. Siapa sangka di tengah pusat kota yang padat merayap ada taman kota yang begitu cantik. Keberadaan taman ini sekaligus merupakan perwujudan konsep Bandung sebagai kota dengan tata letak yang bagus. Meski wisata ke taman ini tak terlihat begitu spesial, namun justru disinilah Anda bisa mengenal Bandung lebih dekat. Jangan salah, banyak hal bisa Anda dapatkan disini selain sekedar bersenang-senang. Interaksi warga hingga keseharian kehidupan kota di Bandung bisa Anda alami langsung. Konon, liburan sejati adalah ketika Anda mau benar-benar mengenal daerah yang Anda kunjungi. Dan taman Lalin Ade Irma Suryani jelas memberikan itu.

Menjadi taman yang begitu menarik, tak mengindikasikan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani tak memiliki liku-liku kisah menarik. Dulunya, tama ini hanya berupa tanah kosong saja. Lahan tak terpakai itu kemudian dijadikan sebagai Insulidenpark pada 1925. Mundur ke belakang, pada 1915-1919, taman Lalin Ade Irma Suryani bahkan pernah dijadikan lokasi kegiatan militer. Lahan yang awalnya berupa rawa dikeringkan dan mulai ditumbuhi banyak pepohonan. Seiring berjalannya waktu, tempat itu pun dijadikan taman tropis. Diperkirakan ada 90 jenis tanaman keras dan berbagai bunga yang dimiliki taman ini pada 1925. Pergantian nama kembali terjadi hingga taman ini disebut taman Nusantara, yang kemudian berganti lagi menjadi Taman Lalu Lintas. 

Penamaan tersebut masih bertahan hingga saat ini dengan tambahan “Ade Irma Suryani”. Ade Irma sendiri adalah korban Gerakan 30 September. Untuk mengengangnya, namanya diabadikan sebagai nama sebuah taman. Selain banyak mendapatkan pergantian nama, Taman Lalu Lintas Ade Irma juga mengalami banyak pergantian pengelolaan. Salah satu titik menarik majunya taman ini ketika dibawahi Badan Keamanan Lalu Lintas (BKLL). Kala itu, taman ini dijadikan area untuk menanggulangi kenalakan remaja Bandung. Tempat ini pun dikhususkan sebagai tempat rehabilitas para berandal. Tak heran ada banyak sarana menarik disini yang bisa dinikmati pengunjung. Apalagi ketika taman ini dikembalikan fungsinya untuk mendukung Bandung sebagai Garden City.

Di taman ini sendiri, Anda bisa menikmati bervariasi kegiatan mengasyikkan. Anda bisa memanfaatkan indahnya taman bunga, gedung serbaguna, panggung terbuka, hingga fasilitas pendidikan dan rambu lalu lintas. Bagi para muslim yang ingin beribadah, taman ini juga telah menyediakan mushola tersendiri. Akses menuju taman ini juga sangat mudah karena terletak di jantung Bandung. Lokasi tepat taman ini berada di Jl. Belitung No. 1, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Di sela-sela waktu Anda ke Bandung, taman ini dengan mudah bisa menghibur Anda. Wisata yang juga banyak dihadiri warga lokal ini justru akan memberikan gambaran sendiri mengenai masyarakat Sunda Bandung. Jadi jangan lupa mengunjungi Taman Lalu Lintas Ade Irma Surya ketika Anda di kota kembang.

Artikel Terkait

Menikmati Jantung Kota Bandung di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan