Melongok Bandung yang Asri di Taman Hutan Dago


Asrinya taman hutan Dago sangat sayang bila Anda lewatkan. Di taman hutan ini, Anda akan dibawa ke suasana Bandung yang masih asri seperti bertahun-tahun yang lalu. Citra Bandung sebagai kota pegunungan hijau yang sejuk bisa Anda dapatkan disini. Tak salah bila Anda mengunjunginya untuk melarikan diri dari suasana Bandung yang makin panas dan padat. Benar, bila dulunya Bandung begitu asri, kini kota tersebut telah banyak berubah. Alih-alih menemukan bunga dan hijaunya dedaunan, Anda akan memperoleh kesan padat di kota kembang ini. Makin banyak perumahan dan gedung perkantoran yang dibangun akibat dampak urbanisasi. Meski demikian, masih ada banyak spot hijau menyegarkan bagi Anda. Taman hutan ini adalah contohnya.

Di Taman Hutan Dago, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Cukup duduk santai menikmati panorama hutan di kawasan utara Bandung ini pun sudah bisa jadi alternative liburan menarik. Selain itu, Anda juga bisa melihat aneka rupa flora dan fauna yang sangat beragam. Koleksi tanaman di hutan ini sendiri cukup lengkap. Sebab, dulunya area ini merupakan bagian dari Kelompok Hutan Lindung Pulosari. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini kemudian diubah menjadi kawasan wisata yang dibuka untuk umum. Taman Wisata Curug Dago ini pun lahir dengan tanda peresmian Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 575/Kpts/Um/8/1980. Namun meski sudah beralih, kawasan ini masihlah penting dalam pelestarian banyak flora maupun fauna.

Selain bisa menikmati ragam flora dan fauna, di tempat ini Anda juga bisa menikmati beragam kekayaan alam yang seolah tiada habis. Di Taman Hutan Dago, Anda bisa berkunjung ke beberapa gua bersejarah, antara lain Goa Belanda dan Goa Jepang. Sebagaimana namanya, kedua gua tersebut adalah peninggalan di masa penjajahan. Keduanya sering digunakan sebagai tempat cadangan makanan dan senjata. Menyibak gelapnya gua, jelas bisa membuka mata Anda tentang masa penjajahan yang kelam. Nah, setelah lelah menjelajah gua, Anda bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang dibangun pengelola. Menikmati bekal ditemani pemandangan indah dan udara sejuk khas Bandung jelas akan jadi liburan yang menenangkan. Apalagi bila dilakukan bersama orang-orang tersayang.

Fasilitas dasar yang tersedia di taman ini juga sudah cukup baik. Terdapat mushola bagi traveller muslim yang ingin beribadah. Selain itu juga terdapat toilet dan tempat bermain anak. Untuk mengunjungi tempat wisata ini sendiri caranya sangat mudah. Sebab, lokasinya tak begitu terpencil. Dari pusat kota, hutan Dago terletak sekitar 7 kilometer saja.Taman hutan yang terletak di Jalan Ir. H Djuanda ini bisa Anda nikmati hanya dengan 50 menit perjalanan dari pusat kota. Di perjalanan menuju Taman Hutan Dago pun, Anda akan ditemani indahnya panorama Bandung yang berbukit-bukit dan berudara sejuk.

one day tour pulau seribu

Artikel Terkait

Melongok Bandung yang Asri di Taman Hutan Dago
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan