Gunung Malabar – Keindahan yang Tersembunyi di Bandung Selatan



Tempat wisata di Bandung tak lengkap rasanya jika tak membahas tentang wisata alamnya. Selain dikenal sebagai surga belanja yang memiliki ratusan outlet baju yang tersebar di kotanya, Bandung juga masih menawan untuk urusan wisata alamnya. Terkenal dengan kontur pegunungan yang khas, menjadikan wisata alam Bandung ini tempat pelarian yang tepat dari penatnya aktivitas di kota besar. 

Salah satu tempat wisata terbaik di Bandung sendiri adalah Gunung Malabar yang terletak di kabupaten Bandung Selatan. Bandung Selatan merupakan kawasan Bandung yang paling tinggi dibandingkan dengan kawasan Bandung lainnya yang menawarkan sejuta keindahan alam dan daya tarik dari alam lainnya bagi siapa saja yang berkunjung di dalamnya. Gunung Malabar sendiri dikenal dengan empat puncak tertingginya, yakni Gunung Wayang, Haruman, Gunung Batu dan juga Gunung Puntang. Untuk mencapai tempat ini cukup mudah, karena tempat ini sangat dekat dengan tempat wisata Pangalengan yang sudah cukup dikenal di Bandung sebagai sentra penghasil susu murni yang mana Gunung Malabar ini memiliki puncak tertinggi hingga 2.343 mdpl sehingga disebut sebagai gunung besar yang mudah untuk diakses dari kawasan Pangalengan. 

Pada zaman kolonial, di daerah pegunungan ini dibangun sebuah stasiun radio yang cukup dikenal dan dibangun oleh pemerintahan Belanda untuk kepentingan penyiaran berita penjajahan ke negeri Belanda. Namun sayang, bangunan radio yang megah pada zamannya ini sudah tak bisa dinikmati lagi karena hancur lebur pada masa perang kemerdekaan dan hanya tersisa dindingnya saja. Namun tempat rekreasi di Bandung yang mulai dikenal oleh banyak orang ini masih bisa Anda nikmati untuk wisata alamnya. Untuk mengunjungi Gunung Malabar sendiri, Anda akan melewati jalur yang berupa perkebunan teh yang menghampar luas dan menghijau juga lahan pertanian yang subur. Butuh waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak gunung ini yang saat ini masih sangat jarang dikunjungi oleh banyak orang, sehingga Anda masih bisa merasakan keasrian alam  Bandung Selatan. 

Pemandangan indah akan Anda temukan di puncak gunung Puntang yang berada di ketinggian 2.223 mdpl dan juga Haruman di ketinggian 2.140 mdpl. Kawasan ini juga cocok untuk Anda mendirikan tenda dan bermalam dengan disuguhi pemandangan cantik ala pegunungan. Di gunung Puntang, Anda akan disuguhi dengan keindahan pegunungan dan juga rindangnya pepohonan yang masih asri. Bahkan jika cuaca cerah, Anda bisa melihat hamparan kota Bandung, Gunung Burangrang, Tangkuban Perahu, juga Bukit Tunggul dari sini. Bahkan Gunung Pangrango yang jaraknya sangat jauh pun bisa Anda nikmati dari sini. Tempat wisata terbaik di Bandung Selatan ini bisa Anda jadikan referensi untuk mengisi liburan Anda berikutnya untuk bertualang di tempat wisata di Bandung.

Doyan Jalan Tour
DOYAN JALAN TOUR
Jalan Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang Banten
HP. 082114547135, 087883836175
Email : info.doyanjalan@gmail.com
Website : www.doyanjalan.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan