Berinteraksi Dengan Alam di Bumi Perkemahan Kampung Cai Ranca Upas



Salah satu alternatif Tempat Wisata di Bandung yang sangat untuk Anda kunjungi bersama keluarga adalah Bumi Perkemahan Ranca Upas yang ada di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Selama ini, Bandung memang dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang cukup banyak memiliki objek wisata alam. Bumi perkemahan Ranca Upas sendiri berada di tengah hutan serta menawarkan keindahan yang dapat memberikan kesejukan. Bumi perkemahan ini beralamat di Desan Alam Endah, Kecamatan Ranca Upas yang berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Bandung.

Objek wisata yang juga dikenal dengan sebutan Kampung Cai Ranca Upas ini, memiliki luas sekitar 215 hektar dan berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl. Kampung Cai sendiri dalam bahasa Sunda diartikan sebagai “desa air”. Di sekitar lokasi perkemahan, wisatawan akan dapat menemukan hutan lindung yang di dalamnya ditumbuhi berbagai jenis pepohonan yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan, seperti pohon Huru, Puspa, Hamirung, Jamuju, Kurai, Kihujan, Kitambang dan sebagainya. Selain flora, kehidupan fauna di dalam hutan lindung juga masih sangat kaya.

Pada awal berdirinya, Bumi Perkemahan Ranca Upas merupakan bumi perkemahan yang sekaligus juga dijadikan pusat kegiatan outdoor oleh berbagai komunitas yang ada di Bandung dan sekitarnya. Karena memiliki karakteristik yang unik, maka dalam perkembangannya, berbagai fasilitas pendukung kemudian dibangun. Oleh sebab itu, saat ini wisatawan yang mengunjungi bumi perkemahan tersebut bukan hanya dapat mendirikan tenda, namun juga akan dapat melakukan kegiatan – kegiatan outdoor, seperti mengendarai ATV, bermain permainan War Games dan bahkan berenang di Kolam Renang Air Panas.

Selain itu, wisatawan yang berkemah atau mengunjungi Kampung Cai Ranca Upas, juga dapat mengunjungi fasilitas konservasi penangkaran Rusa Jawa. Tempat penangkaran rusa Jawa ini adalah satu dari sedikit tempat yang hingga saat ini aktif beroperasi. Rusa Jawa atau Cervus Timorensis yang ditangkarkan di sana memiliki karakteristik yang khas, yang berbeda dari rusa dari daerah lain. Rusa – rusa tersebut memiliki bulu berwarna coklat kemerahan dengan bulu leher dan kaki berwarna coklat terang. Pada mulanya, jumlah rusa yang ada di penangkaran Ranca Upas hanya 11 ekor, namun seiring dengan berjalannya waktu, jumlahnya terus bertambah. Untuk dapat berinteraksi langsung dengan rusa Jawa, wisatawan harus memancing rusa mendekat mengggunakan wortel.

Meski berada di tengah hutan, namun barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan saat berkemah di Ranca Upas bisa dengan mudah dibeli di warung – warung milik warga yang berada di sekitar lokasi. Warung – warung tersebut biasanya menyediakan makanan, cemilan hingga kayu bakar yang bisa digunakan untuk membuat api unggun. Tersedia pula tempat persewaan peralatan berkemah seperti sleeping bag, tenda dan lain sebagainya. Harga sewa untuk peralatan camping tersebut tidaklah mahal. Jadi, jika Anda memang ingin berinteraksi dengan alam, tidak ada salahnya mengunjungi Ranca Upas yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Bandung favorit keluarga.


Doyan Jalan Tour
DOYAN JALAN TOUR
Jalan Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang Banten
HP. 082114547135, 087883836175
Email : info.doyanjalan@gmail.com
Website : www.doyanjalan.com
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Yuk cek www.tompstourtravel.com, ada promo tiket pesawat & hotel dijamin termurah

    BalasHapus
  2. Wah ... boleh juga nih. *Catet ...*

    BalasHapus

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan