Mengunjungi Situ Patenggang di Bandung


Mengunjungi Situ Patenggang di Bandung
Situ Patenggang
Bila menyukai tantangan luar ruang dengan alam dan keindahannya, maka ada sebuah tempat wisata di Bandung bernama Situ Patenggang. Terletak di Bandung Selatan, Situ Patenggang berada tepat di kawasan Ciwidey dan ada di ketinggian 1600 m dpl. Tempat ini sangat disukai banyak orang oleh karena eksotismenya. Di sekitar Situ terdapat sebuah kebun teh yang sangat luas. Luas keseluruhan Situ sekitar 45,000 hektar, dan ini merupakan jumlah yang sangat masif. Selain kebun teh, para pengunjung Situ juga akan dimanjakan dengan cagar alam yang luasnya mencapai 123.077,15 hektar. Ini merupakan sebuah alternatif untuk tempat wisata Kawah Putih, di mana Situ tersebut bisa dicapai hanya dalam waktu 10 menit. Ya, dari Kawah Putih ke Situ Patenggang hanya berjarak 7 KM.

Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung, Situ Patenggang terkadang juga disebut Situ Patengan - dan memang warga sekitar selalu menyebutnya dengan nama Patengan. Nama tersebut berasal dari bahasa Sunda, yakni pateangan-teangan (saling mencari). Nama tersebut merefleksikan narasi cinta antara Dewi Rengganis dan ki Santang, dua insan terpisah yang disatukan oleh cinta. Alkisah keduanya terpisah, namun karena cinta yang begitu mendalam, kedua insane tersebut saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sekarang dinamakan “Batu Cinta”. Sang Dewi yang jatuh cinta minta dibuatkan sebuah danau dan perahu bagi keduanya, supaya mereka bisa berlayar bersama. Perahu tersebut konon sekarang menjadi sebuah pulau bernama Pulau Asmara/Pulau Sasaka. Pulau inilah yang sekarang diyakini sebagai pulau yang bakal mengikat cinta abadi, siapapun yang mengunjunginya.

Di luar mitos yang beredar dengan kencang, orang harus mengakui bahwa Situ Patenggang merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang menyuguhkan panorama menarik. Horizon cakrawala menawarkan hamparan kebun teh terlihat seperti karpet hijau yang terbentang sangat indah. Situ tersebut pada mulanya merupakan kawasan khusus cagar alam, namun sejak 1981 kemudian dibuka untuk umum dan menjadi sebuah tempat di mana wisata alam bisa dinikmati oleh siapa saja yang menginginkannya. Jadi bila Anda ingin melepas rasa penat, Situ Patenggang merupakan sebuah tempat yang mengasyikkan. Dan yang lebih penting, Anda bisa jauh dari kehidupan kota yang ramai, menghirup udara bebas yang segar. 

Dengan demikian, terjawablah sudah tempat wisata di Bandung yang jauh dari kebisingan kota. Hanya alam dan sekitarnya yang bakal menjadi teman bagi banyak orang yang mendambakan hijaunya daratan serta segarnya udara pegunungan. Situ Patenggang merupakan sebuah lokasi wisata yang pada dasarnya bisa menjadi sebuah pilihan utama bagi mereka, orang-orang kota, yang ingin merdeka dari bisingnya lalu lintas dan polusi udara yang mencekik leher dan tenggorokan.


Doyan Jalan Tour
DOYAN JALAN TOUR
Jalan Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang Banten
HP. 082114547135, 087883836175
Email : info.doyanjalan@gmail.com
Website : www.doyanjalan.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan