Cerita Singkat Objek Wisata Kawah Putih


Cerita Singkat Objek Wisata Kawah Putih

Mengunjungi Bandung di akhir minggu untuk menghabiskan liburan sekaligus membuat rileks pikiran berarti tidak boleh lupa untuk mengunjungi kawah putih di kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Berada di sebelah selatan kota Bandung, Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk karena letusan gunung berapi Patuha. Unsur belerang yang bercampur dengan air membuat danau di kawasan tersebut berwarna putih kehijauan. Belerang juga mengubah tanah di sekitarnya menjadi putih. Air danaunya tidak hanya berwarna putih kehijauan melainkan bisa berubah warna sesuai dengan kondisi cuaca dan suhu, serta kandungan belerang yang tercampur di dalamnya. Tempat wisata di Bandung tersebut menjadi menarik oleh karena Anda bisa menikmati warna air danau yang terus berubah, sembari merasakan atmosfer dingin di sekitar kawasan tersebut. 

Lokasi kawah putih Ciwidey berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, yang berarti siap-siap untuk merasakan dinginnya cuaca. Suhu di kawasan tersebut berubah-ubah. Yang paling kecil 8 derajat, sementara yang paling besar adalah 22 derajat celcius. Para pengunjung disarankan untuk memakai jaket tebal sebelum mengunjungi kawasan tersebut. Karena keindahannya yang tergolong luar biasa, tidak heran bila lokasi kawah menjadi tempat yang sempurna bagi segala jenis kegiatan pribadi maupun komersial. Banyak orang yang mengambil foto pre-wedding di lokasi tersebut. Keindahan lah yang memancing banyak orang untuk berkerumun di sana, menikmati pemandangan maupun menghabiskan waktu bersama kekasih tercinta. Beberapa rumah produksi juga pernah melakukan pengambilan gambar film di lokasi tersebut; sementara itu ada juga yang menghabiskan waktu dengan berkuda di sekitar kawah. 

Kawasan kawah tersebut mulai terkenal sejak tahun 1987. Ketika itu pemerintah daerah setempat membuka akses ke lokasi tersebut untuk keperluan wisata. Pengalaman unik yang ditawarkan tidak lain berkaitan dengan air danaunya yang bisa berubah warna. Sebelum tahun 1987 praktis tidak ada kegiatan wisata di tempat ini. Dulu setelah abad ke-10, atau setelah Gunung Patuha meledak, kawasan tersebut penuh dengan mitos dan terbengkalai. Dengan kata lain, dulu kawasan kawah dikenal sebagai kawasan angker. Tiada orang yang berani mendekatinya. Namun lain dulu, lain sekarang. 

Sebagai kawasan wisata utama di Bandung, kawah tersebut melengkapi dirinya dengan berbagai fasilitas, termasuk toilet, deretan warung makan dan restoran, pusat informasi, transportasi rumah ibadah, serta area parkir yang sangat luas. Jika Anda menuju kawah tersebut dari Jakarta, ambil lah rute melewati jalan tol Cipularang lalu keluar tol kopo. Kemudian Anda bisa ambil jalan menuju Soreang dan menuju ke arah selatan, ke kota Ciwidey. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi menuju ke sana, sebab jarak dari pintu masuk sampai ke kawah cukup jauh. Perjalanan dari Ciwidey menuju objek wisata Kawah Putih membutuhkan waktu selama 20-30 menit. 


Doyan Jalan Tour
DOYAN JALAN TOUR
Jalan Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang Banten
HP. 082114547135, 087883836175
Email : info.doyanjalan@gmail.com
Website : www.doyanjalan.com
Previous
Next Post »

5 komentar

  1. Balasan
    1. Iya Bang, bandung gak ada matinyaa

      Hapus
  2. main kesini sih seneng banget, cuma kadang nggak betah sama bau belerangnya yang menusuk hidung itu :D

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul " ".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan