Bermain Air Terjun hingga Menelusuri Gua di Maribaya Bandung

Bermain Air Terjun hingga Menelusuri Gua di Maribaya Bandung

Maribaya Bandung, wisata air terjun di Bandung yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin melepas penat dengan berwisata ke tempat yang sejuk dengan lokasi yang mudah dijangkau. Air terjun ini merupakan bagian dari Tahura Ir. H. Juanda atau tepat di Jalan Maribaya-Lembang. Dari wilayah Bandung kota hanya sekitar 15 km saja atau 5 km untuk arah dari timur kota Lembang. Banyak kendaraan umum yang bisa Anda gunakan jika datang ke Bandung tanpa kendaraan pribadi. Anda bisa naik angkot yang langsung berhenti di kawasan wisata ini. Untuk tiket masuknya, juga di bawah sepuluh ribu untuk setiap pengunjungnya. Jika ingin menikmati pemandian air panas, Anda pun harus membeli tiket lagi dengan biaya yang juga tidak besar. Pastikan Anda datang ke tempat ini pagi sekitar jam 8, karena tempat ini hanya buka sampai jam 4 sore saja.

Objek wisata alam biasanya lekat sekali dengan mitos, begitu juga Maribaya Bandung. Maribaya konon diambil dari nama seorang wanita yang sangat cantik dengan nama Maribaya yang hidup di perkampungan di kaki gunung Masigit yang dialiri dua sungai. Namun, kecantikan puteri di sebuah keluarga tersebut selain heboh di kalangan kaum pria ternyata membuat keluarganya takut akan malapetaka yang bisa menimpa keluarganya. Untuk menghindari malapetaka, mereka pun mencari wangsit dengan bertapa di Gunung Tangkuban Perahu. Ternyata, wangsit yang didapatkan ayah Maribaya, Eyang Raksa Dinata adalah menumpahkan bokor. Setelah dijalankan wangsit tersebut, kemudia muncul sebuah sumber air panas dengan kandungan belerangnya. Sumber air panas ini kemudian dikembangkan sejak tahun 1853 hingga menjadi tempat rekreasi dan tempat berobat yang banyak didatangi pengunjung.

Datang ke Maribaya Bandung, selain menikmati air terjun dan pemandangan alamnya yang menenangkan, bagi Anda yang tidak mau basah-basahan bisa menikmatinya di dua jembatan yang dibangun di area air terjun yang disebut Curug Ciomas tersebut. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun serta batu-batu raksasa yang ada di bawah air terjun tersebut. Sebaiknya, Anda mempersiapkan baju ganti saat berkunjung ke sini. Walaupun tidak mandi, tapi air terjun ini memiliki cipratan yang begitu keras sehingga bisa membuat baju Anda basah.

Setelah puas bermain air, Anda bisa langsung menggelar tikar dan berpiknik sambil menyantap makanan. Tanpa perlu membawa bekal, di sini banyak warung makanan yang bisa Anda pesan langsung. Lebih praktis untuk wisata Anda bersama keluarga. Setelah puas makan, Anda bisa langsung ke pemandian air panasnya. Di sini, berendam air panas pun bisa Anda lakukan sambil menikmati ketan dan jagung bakar. Jika ingin berpetualang, maka Anda bisa memilih wisata gua dengan trekking di taman hutan rayanya. Namun, pastikan persiapannya sudah lengkap, khususnya senter sebagai penerangan yang bisa Anda sewa. Sebelum pulang, pastikan Anda menikmati dulu sajian hangat bandrek dan bala-bala khas di Maribaya Bandung.
one day tour pulau seribu

Artikel Terkait

Bermain Air Terjun hingga Menelusuri Gua di Maribaya Bandung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

2 Juni 2016 15.57 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
2 Juni 2016 15.59 delete

Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "Bermain Air Terjun hingga Menelusuri Gua di Maribaya Bandung".
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

Reply
avatar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan