Belajar Budaya di Saung Udjo

Belajar Budaya di Saung Udjo

Rasanya, belum sah jika Anda wisata ke Bandung tapi belum mengunjungi Saung Udjo. Wisata budaya yang satu ini begitu berbeda dari wisata di Bandung lainnya, menghibur, unik, serta mendidik. Di sini, Anda akan diajak mengenal budaya sunda dengan alat musiknya yaitu calung. Tidak heran wisatawan yang mengunjunginya pun bukan hanya dari dalam, tapi juga luar negeri. Setiap hari, saung budaya ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin belajar dan menonton pertunjukan calung. Khususnya bagi wisatawan yang berasal dari kota besar dimana anak mudanya sudah jarang menyentuh sesuatu yang berbau tradisi dan budaya, maka berwisata kesini akan menjadi pengalaman baru.

Di Saung Udjo, selain melihat-lihat atau mengenal angklung baik dari sisi sejarah maupun jenis-jenisnya, Anda pun bisa mencoba memainkannya langsung. Sangat cocok jika Anda berkunjung bersama keluarga dan mengenalkan langsung anak Anda pada alat musik tradisional ini. Kunjungan ke tempat wisata ini pun banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah, rombongan. Nama Saung Udjo yang sudah mendunia bagi para wisatawan asing dianggap sebagai tempat yang menenangkan hati. Tidak hanya tempatnya yang nyaman tapi juga suara angklungnya yang begitu indah dan selaras.

Menurut sejarahnya, Saung Udjo telah berdiri sejak 1966. Mang Udjo dan sang istri membangun saung ini dengan tujuan melestarikan budaya serta kesenian tradisional Sunda. Mang Udjo yang berasal dari keluarga seniman ini memang sangat mencintai seni sejak kecil dan sudah akrab dengan angklung tersebut. Ia pun menjadi seorang seniman angklung hingga akhirnya saung budaya ini berdiri. Kecintaannya pada budaya Sunda lainnya ia tunjukan dengan mendalami alat musik sunda lainnya seperti kecapi dan gamelan. Ia pun mempelajari lagu-lagu daerah tidak hanya yang berbahasa Indonesia tapi juga Belanja. Sebagai bagian dari tradisi, pencak silat pun tidak lupa dipelajari. Maka, di saung ini berbagai pertunjukan kesenian selain angklung tersebut juga bisa Anda saksikan.

Terdapat jadwal dengan jamnya masing-masing untuk setiap pertunjukan, mulai dari angklung, tarian tradisional, hingga wayang golek. Untuk tempatnya, selain di saungnya sendiri, penampilan juga bisa dilokasi lain karena saung budaya ini menerima undangan untuk tampil di berbagai tempat. Anda pun bisa belajar selanjutnya di rumah karena di sini juga disediakan alat musik yang dijual. Tidak hanya angklung tapi juga arumba, calung, dan berbagai alat musik Sunda lainnya.

Untuk pertunjukan wayang golek, tidak hanya sekedar pementasan tapi juga ada pesan moral yang disampaikan dalam setiap ceritanya. Untuk Anda yang ingin tahu upacara adat Sunda pada acara panen padi atau khitanan, juga bisa menyaksikan Helaran dengan iringan musik angklungnya. Penampilan angklung dengan nuansa orchestra dengan lagu yang tidak hanya lagu daerah Sunda saja tapi juga lagu-lagu lain baik Indonesia maupun barat. Untuk semua pertunjukan ini, Anda akan dikenakan biaya masuk yang terjangkau dengan berbagai fasilitasnya. Saung Udjo merupakan tempat wisata bagi Anda yang mencintai dan ingin melestarikan budaya bangsa.

About the Author

Dolanesia Id

Customer Service & Reservasi

Jl. Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang
Phone : 082114547135, 087883836175
eMail : info.doyanjalan@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan



 

Copyright © Doyan Jalan Tour 2017. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com