Pantai Pok Tunggal, Ikon Baru Gunungkidul

Selain bangunan – bangunan tua bersejarah, Yogyakarta juga terkenal dengan objek wisata pantai yang dimilikinya. Parangtritis di Kabupaten bantul, Indrayanti di kabupaten Gunungkidul dan Pantai Glagah di kabupaten Kulon Progo hanyalah beberapa pantai yang sudah sangat terkenal. Namun, meski telah banyak pantai yang dieksplorasi oleh Dinas Pariwisata maupun masyarakat, masih ada beberapa pantai di provinsi ini yang terbilang masih belum terjamah, salah satunya adalah Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal sendiri adalah salah satu pantai di wilayah tenggara Yogyakarta, atau tepatnya di kabupaten Gunung Kidul yang hingga saat ini terbilang masih belum terjamah. Namun, suasana yang begitu berbeda, bila dibandingkan dengan pantai – pantai lain, akan langsung terasa ketika sampai ke sana. Pengunjung akan langsung disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang begitu luas dari ujung timur hingga barat. Pasir di pantai ini begitu bersih, belum banyak sampah, hal itu karena memang belum banyak wisatawan yang mengetahui dan berkunjung ke pantai ini.

Pengunjung juga akan melihat deburan ombak dengan airnya yang begitu biru. Suasananya yang masih relatif sepi, membuat setiap pengunjung merasa tenang dan nyaman serta betah berlama – lama di sana. Ikon pantai ini adalah sebatang pohon Duras yang tumbuh rindang di bibir pantai. Pohon ini sangat disakralkan oleh masyarakat setempat, hingga pengunjung dilarang untuk memanjatnya. Selain itu, pohon ini dikenal sangat sulit untuk tumbuh apalagi besar, sehingga wajar apabila keberadaanya di pinggir pantai ini menjadi sangat menarik. Keberadaan pohon Duras itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa pantai ini disebut Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal


Selain pasir, ombak dan pohon Duras, suguhan lain yang sangat istimewa adalah barisan tebing karang yang berkesan seperti benteng bagi pantai ini. Barisan karang tersebut tingginya sekitar 50 meter sehingga mungkin Anda yang memiliki hobi panjat tebing dapat mencobanya. Di tebing – tebing itu, masih terdapat beberapa hewan liar, salah satunya adalah monyet.

Pengunjung yang ingin bersantai tidak perlu khawatir karena mereka dapat menyewa payung pantai atau jika ingin lebih besar, ada persewaan tenda dome. Tentunya, akan menjadi satu pengalaman yang sangat mengasyikkan dan tak terlupakan ketika dapat menyaksikan matahari tenggelam di pantai ini.

Untuk menuju ke pantai Pok Tunggal cukup mudah. Letaknya berada di kabupaten Gunungkidul atau sebelah Tenggara pusat kota Yogyakarta. Untuk ke sana, Anda dapat menumpang kendaraan umum, tetapi apabila Anda ingin kenyamanan lebih, Anda dapat menggunakan mobil. Posisi pantai ini berada di antara Pantai Siung dan Pantai Indrayanti. Bagi pengemudi yang menuju ke sana, harus ekstra waspada karena untuk memasuki wilayah pantai ini jalannya cukup menantang, selain terjal juga sempit dan berbatu. Namun, ketika semua itu sudah terlewati, pemandangan indah pantai Pok Tunggal siap untuk Anda nikmati.
one day tour pulau seribu

Artikel Terkait

Pantai Pok Tunggal, Ikon Baru Gunungkidul
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan