Cara Menuju Pulau Karang Congkak Kepulauan Seribu Jakarta


Pulau Karang Congkak

Cuy, liburan gak perlu melulu jalan jauh. Lu bisa jalan di sekitaran yang deket-deket aja dulu. Contohnya Pulau Seribu, masih banyak pulau yang bisa lu eksplore. Tapiiiiiiiii... bantu gue jagain tu pulo dari kerusakan ye..

Sekilas Karang Congkak

Karang Congkak berada di gugusan pulau seribu, lu bisa transit di Pramuka lalu lanjut pake kapal nelayan buat meluncur ke Karang Congkak yang sebelumnya lu bisa eksplore pulau lain dulu. Misal bisa mampir ke Semak Daun, Gusung Pandan dahulu sambil snorkeling, ahhh perjalanan lu bakal romentik menn..

okeh okeh.. bagi gue Karang Congkak dari pemandangan si biasa aja, masih bagusan Semak Daun, Gusung Pandan, Pulau Perak atau Pulau Payung. Tapi pulau ini menangnya adalah belom banyak orang yang pergi kesana alias masih sepi, waktu gue kesanapun cuma gue dan temen-temen doang yang ngecamp disana. Endes gurindes..

Akses ke pulau ini juga nggak ada dermaga, jadi lu musti nyebur sambil ngangkutin barang bawaan kayak ngungsi kalo lagi banjir tapi seruuuu... :D, haha kejadian yang sama gue alamin juga di Pulau Camyang, sama gak ada dermaganya.. tapi serem.. ombaknya guede.


Info Pulau Camyang, lu bisa baca dimari --> Pulau Camyang / Pulau Merak Besar

Ngoyor

Oia, inih yang paling urgent, disana belum ada rumah penduduk, pun juga toilet atau kamar mandi. Jadi semua kegiatan yang berhubungan dengan toilet lu bisa langsung interaksi dengan alam. Alias nyemplung ke laut :D Hal yang menarik juga hunting lokasi buat ber*k hihi... atut kalo pas lagi ngeden ada kapal liwat. Dan siap-siap ye buat gamandi selama disana, jadi bisa siapin tisu basah buat ngelap-ngelap biar gak lengket.

Pemandangannya Gimana ?

Seperti kata gue di atas, biasa aja serius.. mungkin karena masih alami kali ya, rerumputannya masih tinggi. Tapi lumayan sih buat sekedar liburan sama teman dan kolega. Cukup buat ngilangin penat setelah jenuh ama aktivitas kerjaan sehari-hari.

Underwater juga kalo kebetulan bisa dapet yang keceh kok, cuma kalo lagi apes ya nikmatin aja karang-karang mati yang udah sering diinjek wisatawan yang gak tanggungjawab.

Kalo gue biasanya, kalo kelihatan terumbukarangnya jelek, gue alihkan kegiatan ama mancing. Jadi yang lain snorkeling, gue mancing. Mancingin yang lagi snorkeling.. hahaha

Pulau Karang Congkak


Orkes, bradah.. Selamat menikmati perjalanannya yaks..

Cara Kesana Gimana Om ?

Eh manggil gue Om, panggil gue mister ye..
Jadi mister kasi tau rutenya yaks.. Lu jalan pagi buta ke Muara Angke, darisana lu bisa naik kapal ke Pulau Pramuka, kapal ke Pramuka biasanya ada yang transit dulu di Pulau Pari, hari-hati jangan sampai salah turun :D. Perjalanan dari Angke ke Pulau Pramuka sekitar 3 jam lah kurang lebih. Tiba disitu lu bisa sewa kapal buat eksplore pulau dan menuju Karang Congkaknya langsung..

Okeh sederhana kan ?

Biaya Ke Karang Congkak Abis Berapa Om ?

Orkes, ini tak lekang dari salah satu pertimbangan setiap kali seseorang ngetrip. Biaya dan budget.. berikut gue share perincian perjalanan gue kemarin untuk 11 orang ya.

  1. Transport Rumah - Muara Angke - GRATIS (Nebeng motor temen)
  2. Kapal dari Angke - Pulau Pramuka -> Rp. 80.000 PP
  3. Beli Logistik untuk dimasak di pulau -> Rp. 20.000 / orang
  4. Sewa kapal + Guide Rp. 850.000 / 11 Orang = Rp. 77.500 (dibulatkan)
  5. Beli Galon 4 Galon (bisa buat mandi, masak dll) = Rp. 40.000 / 11 orang = Rp. 3.700
  6. Beli Kayu Bakar Rp. 30.000 / 11 orang = Rp. 2.800
  7. Sewa alat masak (Wajan, mangkok, penggorengan, cobek, sendok, dll) Rp. 50.000 / 11 Orang = Rp. 4.500
  8. Makan di Pulau Pramuka pas sampe dan sepulangan dari Karang Congkak Rp. 40.000 (2 kali makan)
  9. Toilet mandi di Pramuka Rp. 2.000
  10. Pelengkap terakhir Ngemall jajan di Pluit Village -> Rp. 30.000
  11. Ongkos Angkot + Tranjakarta Pulang = Rp. 8.500

Total habis budget =>  Rp. 229.000

Itinerary Perjalanan Ke Karang Congkak

Hari 1
06.00 WIB ---- Kumpul di Muara Angke
07.30 - 10.30  : Tiba di Pulau Pramuka
10.30 - 12.30 - Makan, Istirahat, Solat
12.30 - 15.00 - Beach Eksploring, Hopping Island
15.00 - 15.30 - Tiba di Karang Congkak
15.30 - 18.00 - Solat Ashar, Maen Uno, Maen Aer, Masak-masak
18.00 besok pagi - Maen uno, makan malam, ngobrol santai, bobok cantik

Hari 2
05.00 - Bagun pagi, solat subuh
05.30 - 09.00 - Maen aer, foto-foto, maen games, dll
09.00 - 10.00 - Balik, cuss ke Pramuka
10.00 - 12.00 - Mandi bersih2 di Pramuka, Solat Dzuhur
12.00 - 15.00 - Cuss dari Pramuka - Kali Adem (Sebelahnya Angke)
15.00 - 18.00 - Makan di Mega Mall sambil Ashar dan Magrib
18.00 -> Sayonara pulang ke rumah

Apalagi ya yang biasanya dibutuhin kalo mau jalan, eh silahkan komentar deh kalo ada yang kurang jelas, nanti gue bantu sebisa gw.. :D

Oke Broow, Eh iya.. gue punya banyak referensi tentang pulau seribu;

Baca : WISATA DI PULAU SERIBU

Untuk Contact Person, lu bisa baca di postingan Daftar Kontak Person Pulau Seribu 

Sebagai hiburan, silahkan diicip video di bawah ini !



Doyan Jalan Tour
DOYAN JALAN TOUR
Jalan Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang Banten
HP. 082114547135, 087883836175
Email : info.doyanjalan@gmail.com
Website : www.doyanjalan.com
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Waaw informasinya lengkap bgt gan, kep seribu aku baru pulau tidung aja sama pulau harapan. Thanks infonya, someday pingin kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mbak. Karang Congkak menantimu :D

      Hapus
  2. Pasti di sini karangnya pada congkak..gak mau noleh kalau di panggil :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha.. jangan dipanggil om, ditepuk aja pundaknya :D

      Hapus

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan