Curug Citambur, Tujuan Wisata Menarik Di Cianjur Selatan



Kamu pernah mendengar nama Curug Citambur ? ya, salah satu air terjun yang berada di Kabupaten Cianjur ini menyajikan panorama yang mengasyikan. Selain kawasannya dekat dengan rumah saya, maka di saat saya pulang kampung saya suka menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Jika kamu dari Jakarta, kamu akan menempuh perjalanan yang cukup panjang, saya sarankan kamu untuk mengambil perjalanan siang hari, kenapa, karena sepanjang perjalanan menuju Curug Citambur dari Cianjur Kota kamu bakal disuguhi pemandangan yang super hijau di setiap kedipan matamu.

Air Terjun ini, memiliki ketinggian sekitar 20 meteran dengan komposisi berundak, air yang mengalir sangat deras sekali meski di saat kemarau sekalipun. Kamu akan lebih menikmati dan menyatu dengan alam jika kamu mencoba sensasi camping di sini. Suasana gelap, hempasan angin dan hijaunya sawah menjadi khas yang menarik di tempat ini.

Curug Citambur Kabupaten Cianjur


Namun, berenang di mulut air terjunnya bukan ide bagus, akses menuju bibir nya masih agak sulit. Dan airnya deras, juga posisinya yang berundak, sekali kamu kebawa arus itu akan sangat berbahaya. Tapi bagi kamu yang suka menguji adrenalin kamu boleh mencobanya, dan ingat, hati-hati ya !

Oia, suasana disini sepi jika bukan di musim liburan, bisa dihitung jumlah pengunjung yang mengunjungi tempat ini. Cocok bagi kamu yang memang tidak suka dengan keramaian, suasana terasa damai dan lebih menyatu dengan alam. Paling di musim lebaran seperti kemarin, pendatang lumayan banyak karena biasanya orang Jakarta yang tidak pulang kampung memilih untuk berlibur ke tempat ini atau penduduk sekitar yang mengisi liburan.

Akses menuju tempat ini juga bisa dibilang sangat mudah, jika kamu kebetulan rombongan dan bawa kendaraan sendiri itu gak masalah, kamu tinggal ambil arah menuju Sindang Barang / Cidaun, jarak tempuh dari Cianjur kota bisa memakan waktu 3-4 jam perjalanan tergantung kecepatan perjalananmu. Jangan lupa sesekali kamu bisa berhenti di jalan untuk mengambil photo dengan background pemandangan yang hijau.

Namun keseringan kontur jalan yang berlubang seringkali menjadi kendala di perjalanan, jalannya juga berkelok, jangan harap kamu bisa menemukan jalan yang lurus setelah kamu melewati Kecamatan Cibeber. Biasanya jalan utama Cianjur kota ke Cianjur selatan diperbaiki hanya di saat musim kampanye pemilihan Bupati baru, namun beberapa tahun belakangan alhamdulillah jalan utama lumayan bagus tidak berlubang seperti dahulu.

Oia, biar kamu tidak penasaran, saya mau tunjukan view pemandangan Curug Citambur ke kamu, ini foto saya ambil di saat musim kemarau.



Sebagai rekomendasi, alangkah baiknya juga jika kamu kunjungi wisata lain yang berada di Cianjur selatan, ada beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi sekalian jalan ke Citambur ini. Simak wisata tersebut di postingan berikut ini :

- Pantai Apra Cianjur, Ombaknya Kayak Mau Nerkam
- Wisata Pantai Cianjur Selatan, Apra, Sereg, Jayanti
- Eloknya Kampung Gelar Kubang di Selatan Kota Cianjur

one day tour pulau seribu

Artikel Terkait

Curug Citambur, Tujuan Wisata Menarik Di Cianjur Selatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

21 November 2014 06.44 delete

Baru pernah dengar nih ttg curuh ini..tinggi banget ya...

Reply
avatar
21 November 2014 10.15 delete

Lumayan tinggi Om, bagus buat ngadem :D

Reply
avatar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan