Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Pendakian Gunung Gede Lewat Jalur Selabintana


Ya, memang saya belum banyak pengalaman dalam mendaki, tetapi menggebu rasanya ingin menginjakan kaki di puncak gunung dan melihat kembali edelweis yang lama muram dalam bayangan saya.

gede lewat selabintana
Start

Konyol Tapi Seru Juga

Jalur pendakian Gunung Gede ada 3 jalur pendakian ; Cibodas, Putri dan Selabintana. Dan rata-rata orang mengambil jalur pendakian lewat Cibodas dan Putri, namun saat saya melakukan pendaftaran ternyata quota dari kedua jalur tersebut penuh, maka terpaksa saya daftar melalui jalur Selabintana yang konon jalur yang berat, dan bahkan orang yang sering mendaki pun enggan lewat sana, sementara saya dan teman-teman yang sebagian besar pertama kali mendaki mengambil jalur yang "katanya" berat tersebut. Dan belum pernah diantara kami yang pernah lewat sana, jadi nggak ada bayangan keadaan jalurnya seperti apa. Dan referensi di internet pun nampaknya masih sangat minim.

Kobaran semangat dari teman-teman, membuat pendakian ini alhamdulillah berjalan lancar meski di awal ada yang sempat ragu karena dari kami belum pernah ada yang lewat sana, tetapi akhirnya kami semua tetap berangkat.

Jalur Berat Itu Relatif

Karena saya sebelumnya pernah lewat Cibodas dan Putri, maka perjalanan lewat Selabintana menjadi pengalaman yang unik. Kalo perlu saya review, jalurnya biasa nggak ada jalan yang terjal atau apa, mungkin tingkat kemiringan di beberapa titik mencapai sekitar 45 derajat tetapi sebenarnya hampir sama kayak jalur Cibodas, yang membedakan tidak ada pijakan anak tangga layaknya di Cibodas.

gunung gede selabintana
IStirahat

Sebagai catatan saya, mungkin yang dikatakan berat oleh kebanyakan orang adalah.
  1. Susahnya menemukan mata air dan tempat untuk ngecamp, ada mata air di jarak 4 km sebelum surya kencana, mungkin bisa dijadikan alternatif untuk ngecamp jika darurat. Namun saran saya alangkah baiknya anda mendirikan tenda di Suryakencana saja karena perjalanan 4 km bukan perjalanan yang sebentar dan memakan waktu.
  2. Tidak ada pos pos pendakian, jadi sepanjang perjalanan, jangan harap anda menemukan pos untuk istirahat. 
  3. Banyak lintah yang bisa tiba-tiba menempel di tubuh, sekali duduk dan beristirahat. Lintah menyedot darah saya.
  4. Di beberapa bagian jalurnya tertutup rimbunan pohon, jadi kami sempat menganggap bahwa kami tersesat namun ternyata alhamdulillah tidak.
alun-alun Suryakencana
Alun2 Suryakencana

Tips Mendaki Lewat Selabintana

  1. Siapkan peralatan dengan lengkap, jika tidak ingin dihinggapi lintah.
  2. Siapkan minyak sereh atau garam, jika dihinggapi lintah siramkan saja minyak sereh atau garam pada lintahnya, perlahan akan lepas sendiri, karena kalau dipaksa lepas darah anda akan mengalir.
  3. Packinglah dengan rapi dan bungkus plastik, pengalaman kami kehujanan dan bawaan kami basah semua. Sayang kan akhirnya apa yang kami bawa tidak bisa dipakai karena basah (sebenernya ini standar lewat manapun)
  4. Untuk makan siang, alangkah baiknya bawa/beli dari bawah agar anda tidak repot mengeluarkan peralatan masak.
  5. Hati-hati saat beristirahat, lihat kondisi tempat yang anda duduki, karena lintah beredar dimana saja.
  6. Untuk yang pertamakali, selalu berada di rombongan, jangan sampai memisahkan diri. Pengalaman, kami papasan sama pendaki lain, dan mereka menunggu 2 orang yang terpisah dan kondisinya sudah malam dan gelap.
  7. Bawa penerangan yang memadai, karena jalurnya tidak bisa ditebak saat gelap.
  8. SIAPKAN MENTAL DAN FISIK
Puncak Gunung Gede
Photo Di Puncak

Informasi-informasi Pendakian Lewat Selabintana

1. Rute pendakian mulai dari Pondok Halimun, tidak ada transportasi umum kesana melainkan harus carter dari Sukabumi Kota.
2. Jangan meninggalkan sampah sembarangan di kawasan pendakian, miris kami mendapati sampah plastik tergeletak di kawasan pendakian.
3. Tetap jaga kelestarian Edelweis ya !!

*) Foto-foto diambil dari akun Facebook Henna Herlina


Jika Kamu menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Kamu akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Doyan Jalan
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pendakian Gunung Gede Lewat Jalur Selabintana di blog Doyan Jalan jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

5 komentar

gunung gede via selabintana ...... ajiiibbbb heheheheheee

Balas

Ratna : Super wuaow... musti dicoba nih yang lain :)

Balas

Kalo lewat salabintana tanpa boking bisa gg si??
Kalo bokingnya langsung dsna dihari mau ngedakinya
bisa gg si??

Balas

emm ga da transportasi umumnya ya,, ..

Balas

booking pendakian semuanya di pusatkan di kantor TNGGP jalur Cibodas. booking dilakukan 3 sampai 1 bulan sebelum pendakian.

jalur Salabintana memang menantang, dan lebih asri dibanding jalur lainnya. :) #top

untuk keperluan booking reservasi dan lainnya, silahkan berkunjung ke blog saya ya, http://info-gedepangrango.blogspot.com/

Balas

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan