Lapangan Merdeka dan Monas

Lapangan Monumen Nasional (Monas) dahulu disebut juga dengan "Lapangan Ikatan Atletik Jakarta" (IKADA). Peristiwa penting yang terjadi di tempat ini adalah pernah diadakannya "Rapat Raksasa Ikada" pada tanggal 19 September 1945 guna menggalang kekuatan dalam mempertahankan kemerdekaan RI yang baru diproklamasikan.

Mundur jauh ke belakang, lapangan ini awalnya dinamakan Konigsplein (Lapangan Raja)/Buffelsveld (Lapangan Kerbau) yang dibangun awal abad ke-19 saat pengembangan wilayah Weltevreden. Tahun 1818 lokasi ini sempat digunakan sebagai penggembalaan ternak, pembuatan batu bata, taman, lapangan olah raga (ketangkasan berkuda para pegawai Hindia Belanda), kantor telepon, serta stasiun kereta api.

Pembangunan lapangan bergaya Garden City yang langsung dirancang oleh Presiden Pertama Ir. Soekarno, dan dibantu oleh Ir. Roesono ini pernah menjadi arena Pameran Produksi Indonesia (PPI) pertama di tahun 1985 serta sebagai tempat diselenggarakan "Pasar Malam Gambir" yang kemudian dikenal dengan nama Jakarta Fair (sekarang diadakan di JIExpo Kemayoran).

Di bagian bawah Monas terdapat ruang museum sejarah yang keempat sisinya masing-masing menampilkan 12 diaroma sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, mulai dari jaman kehidupan nenek moyang Bangsa Indonesia hingga masa pembangunan Orde Baru.

Lapangan Merdeka/Monas
Jl. Taman Silang Monas, Gambir Jakarta Pusat
one day tour pulau seribu

Artikel Terkait

Lapangan Merdeka dan Monas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan