Kebun Binatang Ragunan

ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah tempat rekreasi keluarga sangat populer di Jakarta yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun Binatang seluas 140 hektar yang didirikan tahun 1864 ini memiliki koleksi satwa yang terdiri dari 295 spesies dan 4.040 spesimen.


Kebun binatang pertama di Indonesia ini selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, juga merupakan tempat rekreasi yang berwawasan pendidikan. Disamping dapat menyaksikan aneka satwa yang ada, wisatawan juga disuguhkan kesejukan alam disini.

90 persen koleksi hewan yang dimiliki Kebun Binatang Ragunan adalah satwa asli Indonesia. Di setiap kandang, terdapat informasi tentang satwa penghuninya yang sangat membantu untuk menambah wawasan pengunjung tentang jenis dan asal hewan yang dilihatnya.

Salah satu wahana dan atraksi yang sangat menarik perhatian para pengunjung adalah orang utan yang mengelilingi kebun binatang dengan menggunakan delman.

Pusat Primata terbesar di dunia ini berdiri di kawasan Kebun Binatang Ragunan. Schmutzer merupakan sebuah area penangkaran bagi berbagai jenis primata yang diresmikan 10 Agustus 2002 dan memiliki luas yang mencapai 13 hektar. Kehidupan primata di Schmutzer dibuat dengan suasana alami seperti sesungguhnya bagi kehidupan primata di alam bebas. Para primata dibiarkan hidup bebas tanpa kandang atau disebut dengan enklosur.

Beberapa primata asli Indonesia yang ada disini diantaranya adalah Orang Utan, Owa Kalimantan, Owa Jawa Abu-abu yang merupakan spesies yang sangat langka, Siamang, serta beberapa jenis lainnya. Selain koleksi primata asli Indonesia di pusat primata ini juga memiliki koleksi primata dari negara-negara lain seperti Gorila dan Simpanse. Empat ekor gorilla yang menghuni Pusat Primata Schmutzer, didatangkan dari Howlettes dan Port Lympne Inggris.

Jika Sahabat ingin melihat aksi lucu pada penghuni kandang di Pusat Primata ini, salah satu pertunjukan yang tak boleh dilewatkan adalah menyaksikan secara langsung bagaimana tingkah laku para primata tersebut ketika berburu makanan.

Schmutzer sengaja dirancang sebagai tempat pendidikan, penelitian dan rekreasi untuk keluarga. Untuk melengkapi tujuan itu, Pusat Primata ini juga menyediakan fasilitas penunjang edukasi, seperti bioskop dengan kapasitas 83 kursi, dengan lebih dari 50 judul film tentang primata, juga perpustakaan yang menyediakan sedikitnya 500 judul buku tentang primata.

Alamat :
Jl. RM. Harsono No. 1 Jakarta Selatan.
Telp. +6221-7820015, 789015
Waktu Buka : 08.30 - 16.30, setiap hari.
Tiket masuk : Rp. 3.000-5.000

Artikel Terkait

Kebun Binatang Ragunan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan