Menyewa Sepeda Motor atau Mobil di Thailand

Belum puas rasanya membahas eksotismenya Phuket, Pesisir Barat Pulau Phuket yaitu kota-kota pantai yang menjadi destinasi utama wisatawan yang datang ke Pulau Phuket. Lokasi wisata pantai di Phuket membentang dari utara, yaitu pantai Nai Yang, hingga hampir ke ujung selatan pulau, yaitu Pantai Kata.

Hampir setiap pantai besar di pesisir barat ini memiliki infrastruktur wisata yang lengkap, mulai dari resor berbintang 5, hotel-hotel kelas menengah, budget hotel, hingga backpaker lodges. Restoran pun bervariasi mulai dari makanan khas Thailand, restoran bergaya Eropa, maupun rumah-rumah makan yang menyediakan makanan Arab dan India.

Transportasi antar pantai yang paling populer adalah songthaew, taksi serta tuk-tuk juga mudah didapat, walaupun sebagian besar wisatawan memilih untuk menyewa sepeda motor dengan harga yang sangat murah. Sewa sepeda motor di Phuket berkisar antara 200 baht hingga 300 baht sehari. Harga bensin eceran adalah 40 baht untuk satu liter. Kendaraan bermotor dapat disewa dimana saja. Beberapa akomodasi tempat menginap ada yang menyediakan kendaraan untuk disewa. Bila kebetulan tidak ada, Sahabat bisa mencari agen-agen perjalanan, kios-kios penyewaan, maupun penyewaan pinggir jalan. Sangat mudah untuk menemukan penyewaan kendaraan bermotor di Phuket.

Dan Berikut Tips menyewa Sepeda Motor atau Mobil di Thailand.
  • Siapkan paspor, karena mereka akan memegang paspor Sahabat selama sepeda motor disewa. Bila Sahabat menyewa lebih dari satu kendaraan, biasanya hanya satu paspor yang ditinggal.
  • Carilah tempat penyewaan yang terlihat meyakinkan-misalnya dengan melihat bahwa tempat tersebut memiliki banyak kendaraan bermotor untuk disewakan.
  • Penyewaan di Hotel/Penginapan biasanya lebih mahal.
  • Kunjungi beberapa tempat penyewaan untuk perbandingan harga yang paling murah.
  • Pada saat serah terima, cek kondisi kendaraan. Bila ada goresan atau kerusakan pastikan sipemilik mengetahuinya terlebih dahulu.
  • Cek bensin. Biasanya pemilik meminta kendaraan dikembalikan dengan bensin yang relatif sama.
  • Mintalah nomor telepon pemilik/petugas sebagai tindakan berjaga-jaga bila ada kerusakan di jalan.
  • Tanyakan sebelumnya, apa sebaiknya yang dilakukan bila kendaraan mogok di jalan.
  • Tanyakan jam berapa harus mengembalikan kendaraan, kadang mereka bahkan memperbolehkan Sahabat untuk mengembalikan pada keesokan paginya tanpa tambahan biaya.
  • Bila Sahabat menyewa sepeda motor, jangan lupa meminta helm sesuai dengan jumlah penumpang.
  • Pastikan Sahabat membawa Surat Izin Mengemudi. SIM Indonesia Sahabat tetap berlaku di Thailand dan polisi setempat sering melakukan razia di jalan-jalan yang umum dilalui turis.

About the Author

Arman Mulyadin

Customer Service & Reservasi

Jl. Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang
Phone : 082114547135, 087883836175
eMail : info.doyanjalan@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan



 

Copyright © Doyan Jalan Tour 2017. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com