Benua Asia

asia
Peta Asia (Gambar : kentantri-roaming.blogspot.com)
Sahabat, Sebelum berwisata keliling Benua Asia, ada baiknya Sahabat mengetahui reviewnya. Asia merupakan benua terbesar dan dihuni oleh 60% dari seluruh penduduk dunia. Hampir seluruh wilayahnya terletak di belahan bumi utara, terdiri atas beberapa semenanjung (Arabia, India, Thailand dan Malaysia) dan kepulauan (Jepang, Filipina, Indonesia). Benua ini dibatasi oleh Samudra Arktik di utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan dan Pegunungan Ural serta Laut Kaspia di barat.

Panjang benua ini mengakibatkan iklim yang kontras. Jika di Siberia, Mongolia dan Tibet mengalami iklim kontinental denan musim dingin yang beku maka pada umumnya wilayah lain mengalami iklim panas. Iklim panas, kering dan cenderung gersang, terjadi di barat. Sedangkan di sisi timur, iklim menjadi lebih lembab karena adanya angin muson.

Relief tanahnya menampilkan sebuah poros bergunung-gunung yang mengarah dari barat ke timur, memanjang dari pegunungan Kaukasia dan ranti Pontic (Turki) hingga Himalaya. Dataran tinggi menghiasi poros tersebut dari ujung ke ujung, di utara dan selatan, di India (Dekkan), di Semenanjung Arab, Tibet, Mongolia dan Siberia.

Di Asia terdapat beberapa sungai besar, seperti Sungai Kuning, Sungai Mekong, dan Sungai Gangga yang selalu menyuburkan pertanian padi karena curah hujan yang melimpah berkat angin muson.

About the Author

Arman Mulyadin

Customer Service & Reservasi

Jl. Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang
Phone : 082114547135, 087883836175
eMail : info.doyanjalan@gmail.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan



 

Copyright © Doyan Jalan Tour 2017. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com