Menyusun Itinerary Sebelum Travelling

Sahabat sebelum bepergian alangkah baiknya kalo menyusun Itinerary atau rencana perjalanan supaya perjalanan Sahabat menjadi terarah. Meskipun memang terkadang tidak seperti yang direncanakan, tapi seenggaknya perjalanan Sahabat memiliki persiapan untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang akan terjadi di lapangan. Dengan menyusun itinerary, Sahabat akan merasa tenang bepergian karena semua informasi dan akomodasi sudah diperkirakan dari awal, waktu juga semakin efektif.

Berikut beberapa masukan yang bisa menjadi referensi buat menyusun itinerary sebelum travelling :
* Menentukan tujuan yang akan dikunjungi
* Menentukan anggaran biaya, mulai dari hari pertama hingga hari terakhir.
* Menentukan hari keberangkatan dan kepulangan jauh hari sebelumnya untuk menentukan akomodasi, apalagi memakai pesawat yang harga tiketnya tidak tentu.
* Mencari hotel atau penginapan yang akan ditempati
* Browsing google maps untuk menentukan direction dari satu tempat ke tempat yang lain.
* Mencetak semua informasi yang didapat dari internet, berupa info wisata dan peta lokasi.
* Menyiapkan emergency money dan additional time untuk perjalanannya sahabat.
Sebagian orang ada yang berpendapat, cukup hanya membeli travel book tentang tempat wisata yang akan dituju, semuanya selesai. Tidak bersusah payah browsing di internet dan mengumpulkan semua infomasi tersebut dalam notes. Atau dengan membeli gadget yang sudah menyediakan peta dengan informasi lengkapnya, bisa berselancar di dunia maya dimanapun dan kapan pun dengan gadget itu.

Tapi buat Dolan, itinerary itu sangat penting karena lebih efektif dan efisien. Dolan bisa ngumpulin informasi yang diperlukan saja sehingga tidak perlu bingung membolak-balik halaman buku yang dibeli dan berulang-ulang browsing. Nah, semuanya tergantung Sahabat mau pake itinerary atau tidak.
one day tour pulau seribu

Artikel Terkait

Menyusun Itinerary Sebelum Travelling
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan