Melihat Penyu Laut Ridley Raksasa Bertelur

penyu
Penyu (Gambar : hotelcapital.org)
Jika Sahabat berkunjung ke Phuket antara bulan November dan Februari, jangan lewatkan hal ini, mungkin ini satu-satunya kesempatan dalam hidup Sahabat untuk menyaksikan penyu air raksasa bertelur.

Pantai Nai Yang dan Mai Khao disebelahnya, dengan panjang sekitar 10 km, merupakan tempat bertelurnya penyu laut Ridley. Pada bulan-bulan tersebut penyu yang memiliki berat hingga 850 kg ini naik ke permukaan pantai pada malam hari untuk bertelur.

Mereka menggali lubang dengan siripnya dan mengeluarkan telur, dengan jumlah hingga 200 butir. Sayangnya jumlah penyu laut yang bertelur makin berkurang setiap tahunnya. Sahabat diperbolehkan untuk menonton kejadian istimewa ini, tetapi tidak boleh mengganggu. Pihak yang berwenang berupaya keras menjaga kelestarian spesies ini dan memindahkan banyak telur untuk ditetaskan di peternakan khusus.

Berkurangnya spesies langka ini juga membuat pemerintah melakukan berbagai upaya pelestarian. Salah satunya adalah menjalankan program edukasi bagi para nelayan, selain juga melepaskan bayi penyu ke alam bebas.

Bila tidak sempat menyaksikan proses fantastis ini, Sahabat bisa mengunjungi Visitor's Cente Nai Yang untuk melihat cangkang penyu, kerang, dan beberapa hewan dari Phuket yang dipamerkan.

About the Author

Arman Mulyadin

Customer Service & Reservasi

Jl. Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang
Phone : 082114547135, 087883836175
eMail : info.doyanjalan@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan



 

Copyright © Doyan Jalan Tour 2017. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com