Jembatan Kota Intan, Kota Tua Jakarta

Jalan-jalan sendirian tidak masalah, ini adalah yang kedua kalinya Dolan mengunjungi Kota Tua Jakarta, karena di trip sebelumnya masih banyak tempat menarik yang belum sempat Dolan singgahi. Tujuan awal Dolan langsung menuju Jembatan Kota Intan yang memang belum tersinggahi dan bermain-main dengan anak jalanan disana, asyik juga ternyata.

jembatan_kota_intan
Jembatan Kota Intan
Sebelum cerita tentang trip Dolan, Dolan mau jelasin sedikit review mengenai jembatan ini. Memiliki artefak yang unik dan menggambarkan zamannya menjadi salah satu ornament kota yang sangat menarik di kawasan kota tua. Jembatan Kota Intan adalah jembatan tua yang sampai saat ini masih tersisa dan mempunyai peranan dalam perkembangan Sejarah Jakarta. Jembatan dengan model gantung atau jungkit ini dimaksudkan agar dapat diangkat/dibuka-tutup untuk lalu lintas perahu yang mengangkut barang-barang/rempah-rempah dari pelabuhan Sunda Kelapa dan sebaliknya. Sebelum bernama Kota Intan, jembatan ini telah berganti beberapa nama menurut awal jamannya. Pada awal pembuatannya yakni tahun 1828 Jembatan ini bernama ENGELSE BRUG (Jembatan Inggris), karena dipergunakan Belanda dan Inggris yang berseberangan dengan kali besar. Selain itu juga dikenal jembatan Pasar Ayam (Hoender Pasar Brug), karena disebelahnya terdapat pasar. Setelah kemerdekaan RI namanya diganti menjadi Jembatan Kota Intan yang sesuai dengan lokasi setempat. Nah, begitu sekiranya review yang dolan dapet dari brosur. hehe

Kota_intan
Anak Jalanan Yang Dolan Ajak Main, Dari kanan : Febi, Udin, Iis.
Mengenai pengalaman Dolan waktu masuk bayar Rp. 2.000,- ditagih sama yang jualan di depan pagar pintu masuk, tapi nggak tau resmi atau nggak karena nggak ada karcis retribusinya. Katanya untuk uang kebersihan. Tp nggak apa-apa lah, dolan langsung kasih aja Rp. 2.000,- Ada beberapa orang yang sedang foto-foto disana, Dolan juga kepengen difoto tapi nggak ada yang motoin, maklumlah ngetrip sendiri.

Nggak pusing, biar ada objek buat difoto, Dolan ngajak maen anak jalanan yang sedang bermain disana, dan sedikit berkenalan dan ngobrol-ngobrol. Ya sudah Dolan fotoin aja mereka.. Abis itu langsung deh nongkrong di Fatahillah buat makan bakso, lalu pulang.. hehe..

About the Author

Arman Mulyadin

Customer Service & Reservasi

Jl. Mushola Annur No. 23 Kel. Kunciran Jaya Kec. Pinang Kota Tangerang
Phone : 082114547135, 087883836175
eMail : info.doyanjalan@gmail.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan



 

Copyright © Doyan Jalan Tour 2017. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com